Body & Skin Care

Ketahui 3 Manfaat Lebih Tidak Cuci Muka Di Pagi Hari

Kegiatan pagi yang tidak akan terlupakan bagi semua orang, cuci muka. Selain membuat segar, ini akan menghilangkan kotoran. Bangun tidur, sudah jelas wajah akan mengalami kelebihan minyak, apalagi jika tidur di suhu lebih panas dari suhu ruangan. Hal ini tentu membuat masalah kulit, bahkan bisa menyebabkan komedo membandel dan jerawat.

Namun tahukah Anda, jika tidak cuci muka di pagi hari memberikan banyak manfaat. Hal yang cukup mengejutkan bukan, padahal membersihkan wajah sangat bagus untuk kulit. Apalagi jika Anda memiliki kulit berminyak, apalagi setelah bangun tidur. Rutinitas membersihkan wajah ternyata tidak perlu mencuci muka, apalagi menggunakan facial wash.

Ternyata cuci muka dengan menggunakan facial wash perlu di hindari, apalagi di pagi hari. Anda harus tahu, jika pagi hari cukup membersihkan wajah dengan air saja, tanpa tambahan apapun. Belum yakin, coba lihat ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan, terlebih untuk kulit berminyak yang saat bangun tidur akan terasa sangat berminyak.

3 Manfaat Lebih Tidak Cuci Muka Dengan Sabun Di Pagi Hari

cuci muka pagi hari

Sumber : kumparan.com

  1. Hilangkan Minyak Alami Dari Kulit

    Ternyata tidak semua minyak itu merugikan untuk kulit, menurut Arleen Lamba, pendiri Bluch Med Skincare dari Maryland, Amerika Serikat, secara alami tubuh akan melakukan regenerasi kulit, terlebih saat tidur di malam hari. Perbaikan yang dilakukan dengan cara memproduksi minyak alami, sehingga bisa menyeimbangkan kesehatan kulit.

    Apalagi di bagian wajah, Anda tidak perlu menggunakan facial wash untuk cuci muka karena dapat menghilangkan minyak alami tersebut. Parahnya, ini minyak yang Anda temukan di pagi hari saat mendapati wajah menjadi lebih kinclong, ternyata memberikan banyak kebaikan pada kulit bukan mendatangkan masalah, padahal selalu dibersihkan setiap pagi dengan sabun.

    Ada baiknya cuci muka di pagi hari, sebaiknya hanya menggunakan air saja dan tidak menambahkan bahan kimia karena dapat menghilangkan kelembapan kulit, terutama untuk jenis kulit kering. Penggunaan facial wash dari bahan sabun atau skincare eksfoliasi akan menghilangkan minyak tersebut.

    Baca juga : 5 Makanan Penyebab Datangnya Jerawat Membandel

    Bagi pemilik wajah berminyak, jika memang mendapati minyak berlebih di pagi hari. Sebaiknya membasuh wajah dengan air saja, hindari pengguna foaming cleanser, karena biasanya mengandung Sodium Lauryl Sulfateyang, dimana bisa membuat kulit akan semakin kering. Ini tidak memberikan dampak bagus, karena bisa membuat kulit mudah iritasi dan mengalami jerawat.

    Sebum yang terdapat pada wajah memang tidak baik dalam jumlah banyak, namun jika di produksi dalam jumlah cukup maka bisa menjaga kelembapan kulit. Hal ini juga berlaku untuk kulit berminyak, mempertahankan kelembapan kulit alami tetapi tidak akan memancing kotoran masuk dalam pori-pori kulit.

  2. Bersihkan Wajah Di Malam Hari

    Untuk mengurangi produksi minyak berlebih di pagi hari, terlebih untuk kulit sensitif yang tidak tentu produksi minyak dalam kulit. Ada baiknya melakukan perawatan wajah di malam hari, gunakan tahapan skincare panjang. Mulai dari membersihkan, memberikan nutrisi hingga mencegah dan mengatasi jerawat.

    Tahapan yang harus dilakukan, bersihkan wajah terlebih dahulu, cuci muka dengan facial wash sesuai jenis kulit. Setelah itu, gunakan toner dengan kandungan AHA dan BHA, ini bisa membersihkan sekaligus penangkal jerawat. Pastikan kotoran, sisa makeup dan minyak berlebih yang menempel hilang terlebih dahulu.

    cuci muka di malam hari

    Sumber : hariangadis.com

    Setelah itu, baru tambahan essence, serum hingga krim malam dan krim untuk mengatasi jerawat. Ini bisa dibiarkan hingga pagi hari, bahkan pastikan kering terlebih dahulu sebelum tidur. Sehingga kulit dapat nutrisi penting dan bisa beregenerasi dengan baik, ini akan mengatasi masalah kusam akibat timbunan sel kulit mati.

  3. Cuci Muka Dengan Air Hangat

    Hal terbaik yang dilakukan pada pagi hari, coba cuci muka dengan air hangat. Jangan khawatir pori-pori wajah semakin membesar, ini akan mengecil saat menggunakan skincare sebelum makeup. Kenapa harus menggunakan air hangat, karena dapat menghaluskan kulit, ini cocok untuk semua jenis kulit. Cocok untuk kulit kering, segera gunakan pelembab atau thermal water di pagi hari.

    Tetapi sebelum mencuci muka, perhatikan kondisi kulit terlebih dahulu. Karena biasanya akan berubah di pagi hari, biasanya lebih berminyak dan bisa juga kering. Misalkan kulit acne prone, ini akan sangat sensitif berbeda dengan kulit berminyak. Untuk mengatasi masalah wajah yang muncul, bisa gunakan facial wash jenis gentle cleanser.

Ternyata ada banyak manfaat bukan tidak cuci muka di pagi hari dengan sabun, ini cocok untuk semua jenis kulit. Jangan sebal dengan minyak berlebih di pagi hari, ini minyak alami untuk kulit. Jika memang terlalu berlebih, basuh saja dengan air jika bisa menggunakan air hangat untuk mendapatkan kondisi kulit bersih dan lebih halus.

You Might Also Like...

2 Comments

Leave a Reply