Body & Skin Care

Kram Perut Saat Menstruasi Hari Pertama? Atasi Dengan 4 Cara Mudah Ini!

Kram perut merupakan gangguan yang biasanya terjadi pada masa menstruasi, hampir semua wanita mengalaminya, sehingga ini bukan komplikasi atau tanda-tanda mengalami penyakit tertentu. Bisa jadi, Anda mengalami sakit perut yang sangat hebat ketika menstruasi, hal tersebut disertai dengan kaki kesemutan, pegal-pegal dan tidak enak badan.

Bukan hanya membuat badan tidak enak, namun perasaan Anda juga memburuk sehingga jangan heran wanita yang sedang menstruasi cenderung bertemperamen tinggi dan mudah marah. Ada baiknya jika mengalami gangguan perut saat menstruasi, jangan panik ini akan memperburuk kondisi Anda. lebih baik usahakan untuk tenang dan tarik napas panjang, ini akan menghilang dengan sendirinya.

kram perut menstruasi

Sumber : doktersehat.com

Namun jika kram perut semakin menjadi, apa yang harus dilakukan? Mengutip dari situs health.com, dimana ada beberapa saran cara menghentikan gangguan perut hebat saat menstruasi. Ini terbukti aman untuk semua usia, bahkan banyak hal alami yang bisa dilakukan tanpa kondisi obat atau hal lainnya.

4 Cara Mudah Atasi Kram Perut Saat Menstruasi Hari Pertama

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

    Anda tidak suka minum air putih di kantor, ini akan membuat kulit terasa kering dan kusam. Apalagi saat menstruasi, rasanya ingin selalu marah karena perut terasa sangat sakit. Coba konsumsi air putih lebih sering, minimal 2 gelas setiap jam. Ini akan meredakan perut yang sedang bergejolak karena terjadi perubahan hormon.

    Kram di perut tidak perlu di tekan, karena akan memperburuk kondisi Anda. Bisa juga konsumsi minuman hangat, ini akan meredakan sakit di perut. Bukan hanya mengatasi kram, namun minum air putih lebih banyak dari saran 2 liter setiap harinya, bisa mengatasi masalah perut kembung akibat kebanyakan  kurang enak badan.

  2. Kompres Dengan Air Hangat

    Jika Anda mengalami menstruasi di hari pertama sendirian di rumah, ini hal yang paling menyedihkan. Pasalnya Anda akan terkapar tidak berdaya dan tidak tahu harus melakukan apa, jangan menyerah karena ada cara meredakan kram perut akibat menstruasi dengan cara mudah. Coba cari air hangat dan kompres di sekitar perut.

    Baca juga : 5 Rekomendasi Superfood Dapat Mencegah Penuaan Diri

    Gunakan handuk hangat dan balut ke seluruh bagian perut, jika tidak ingin basah. Tempatkan air hangat di dalam botol kaca dan tempelkan ke perut, rasa hangat akan mengurangi nyeri berlebih. Selain itu, Anda bisa merasa lebih nyaman dan bisa beraktifitas. Jika merasa aneh, konsumsi saja makanan sehat yang berkuah dan hangat, ini akan membuat perut menjadi lebih baik.

  3. Makanan Sehat Pereda Kram

    Setelah gangguan kram perut mereda, cobalah untuk makan dan pastikan perut tidak dalam kondisi kosong. Hindari makanan siap saji (junk food) atau soda, ini akan memperburuk kondisi perut, cari saja makanan sehat seperti sayuran hijau dan buah-buahan. Hal tersebut akan membuat kondisi perut semakin baik dan menstruasi bisa Anda lalui dengan mudah.

    Jika memang tidak suka sayur, coba konsumsi buah. Apa saja buahnya bisa membuat Anda lebih baik, ada juga beberapa buah dengan aroma cukup menyengat bisaa mengatasi bau badan tak sedap seperti amis, saat menstruasi. Saat datang bulan, ada baiknya untuk makan sesuatu yang sehat, sehingga tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang tepat.

  4. Hilangkan Mager (Malas Bergerak)

    Sekarang ini banyak anak muda yang hanya mengeluh sakit dan bergelung di tempat tidur, ini tidak akan menghilangkan kram perut akibat menstruasi sama sekali. Malahan akan membuat badan semakin melemah dan akhirnya terasa sakit, ini tentu membuat kondisi Anda semakin buruk, bahkan membuat nafsu makan menurun.

    Ada baiknya saat hari pertama haid memang mengurangi aktivitas yang cenderung berat, seperti bepergian jarak jauh. Tetapi tetap lakukan kegiatan seperti biasa, sehingga rasa nyeri di perut akan semakin berkurang dan akhirnya tidak terasa sama sekali. Bisa juga melakukan olahraga ringan seperti jogging atau yoga, sehingga tubuh tetap bisa bergerak dan rasa nyeri menghilang.

Jadi kram perut saat menstruasi di hari pertama bukan masalah, Anda tidak boleh menjadikan ini sebuah hambatan untuk beraktivitas seperti biasanya. Jangan sampai gangguan bulanan ini membuat Anda sakit, ada banyak cara lain yang bisa dilakukan. Seperti tetap beraktivitas, tetap bekerja dan makan teratur, rasa nyeri akan menghilang dan Anda tidak akan merasakan sakit kembali.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply