Culinary

Kurang Afdol Tanpa Mencicipi Sambal Nusantara, Bikin Nagih!

Satu menu yang hanya ditemukan di Indonesia, sambal. Ini jadi salah satu makanan yang akan menggugah selera, rasanya yang pedas, manis dan gurih bercampur menjadi satu. Maka jangan heran, jika sambal nusantara selalu menarik perhatian siapa pun, bahkan tidak lengkap rasanya makan tanpa sambal. Ini salah satu bagian yang membuat siapa pun akan menambah porsi makannya.

Tentu saja setiap daerah memiliki ciri khas sambal berbeda, rasanya juga sangat beraneka ragam sehingga mencerminkan selera Indonesia. Ada banyak sekali bahan yang digunakan, namun satu bahan yang tidak pernah terlewatkan, cabai. Sambal selalu identik dengan rasa pedas, inilah yang membuat siapa pun rasanya ingin nambah makanannya.

Mau coba sambal nusantara yang bikin nagih, rasanya kurang afdol jika wisata kuliner tanpa mencicipi sambal khas daerahnya, ini akan jadi pelengkap dalam setiap menu makanan nusantara. Bahkan ada beberapa diantaranya punya rasa cukup aneh dan sulit diterima lidah, berani coba? Ini rekomendasi sambal nusantara wajib coba.

5 Rekomendasi Sambal Nusantara Wajib Coba, Bikin Nagih!

aneka sambal nusantara

Sumber : tribunnews.com

  1. Sambal Bawang

    Sambal Bawang

    Sumber : omiyago.com

    Ini sambal yang biasanya dihidangkan, komposisinya cabai, garam, bawang putih dan tambahan minyak panas. Sambal sangat sederhana namun selalu sukses menggugah cita rasa dan menambah selera makan, ini sambal yang paling mudah ditemukan dan dihidangkan hampir di seluruh nusantara. Rasanya bisa dibuat tidak pedas, sedang hingga super pedas,

    Sambal bawang ini paling sering dihidangkan, bukan hanya masakan rumahan namun hingga restoran kelas internasional dengan menu nusantara. Jika ingin mencicipi sambal pertama kali, pasti akan direkomendasikan sambal bawang. Rasanya pedas, gurih dan sedikit menggigit lidah. Ini sangat enak disajikan dengan menu makanan kecil atau berkuah.

  2. Sambal Terasi

    Sambal Terasi

    Sumber : indoresep.web.id

    Satu tingkat diatas sambal bawang, namun pastikan suka bau menyengat. Pasalnya sambal terasi menggunakan tambahan terasi untuk menggugah selera, warnanya sedikit gelap karena tidak menambahkan bawang. Ini hanya campurna cabai merah, garam dan terasi secukupnya. Jika ingin rasa lebih pedas, bisa menambahkan cabai pedas atau galak.

    Rasa pedas jadi ciri khas sambal nusantara ini, paling cocok disajikan dengan menu kering dan goreng. Seperti ayam goreng, bebek goreng, tempe, tahu dan ikan goreng. Pelengkap yang akan menggugah selera makan, ini paling mudah ditemukan di hampir semua makanan nusantara. Namun pastikan tidak menambahkan kuah, karena akan menghilangkan rasa terasi dancabai merahnya.

  3. Sambal Matah

    Sambal Matah

    Sumber : sbs.com.au

    Suka dengan rasa pedas? Sambal matah jadi pelengkap makanan yang paling tepat, sambal nusantara yang berasal dari Bali ini memang disajikan dalam bentuk kasar. Rasanya sangat segar, pedas, gurih, asam dan segar. Bahan yang digunakan sebaiknya dalam kondisi fresh, komposisinya bawang putih, bawang merah, cabai merah, serai, daun jeruk, irisan tomat dan tambahan garam,

    Baca juga : 5 Bahan Dapur Dapat Jadi Pengganti Penyedap Rasa Instan

    Ada juga yang menyajikan sambal matah dengan tambahan minyak panas, ini akan menetralkan rasa asam yang terlalu keras. Jika makan di restoran khas Bali, sambal matah biasanya disajikan bersama ayam betutu, sate lilit hingga ikan bakar. Ini akan menggugah cita rasa, rasanya sangat segar dan cocok dinikmati pada siang hari.

  4. Sambal Bajak

    Sambal Bajak

    Sumber : spesialresepmasakan.blogspot.com

    Sambal yang sering kali disajikan restoran nusantara di Jawa Tengah ini memang jadi teman makan paling cocok untuk semua menu gorengan dan nasi tanpa kuah. Sambal yang rasanya manis, sangat cocok dinikmati anak-anak hingga orang dewasa, rasa pedas yang bisa dikontrol, cocok untuk jadi penambah nafsu makan.

    Terbuat dari cabai merah, bawang putih, bawang merah dan tomat. Ini akan membuat sambal sedikit berair, cocok untuk menu gorengan apapun. Bahkan bisa ditambahkan dengan garam agar tidak terlalu pedas, untuk anak-anak biasanya digunakan cabai merah besar yang tidak terlalu pedas, tetap enak dimasukkan gula agar ada rasa manis.

  5. Sambal Dabu-Dabu

    Sambal Dabu Dabu

    Sumber : vemale.com

    Sambal nusantara yang terasa sangat segar ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Coba rasanya bersamaan dengan sambal matah, rasanya hampir serupa karena menggunakan komposisi bahan hampir sama, namun ada sat perbedaan, sambal dabu-dabu lebih basah dan berkuah, rasanya juga lebih beraroma asam.

    Komposisinya cabai rawit, bawang putih, bawang merah dan cabai hijau. Sambal nusantara sangat cocok untuk penyuka pedas, apalagi jika ditambahkan dengan perasaan air jeruk nipis. Ada juga yang menyajikan dengan minyak panas, ini akan membuat rasa pedas semakin terasa, namun bisa dinetralkan dengan rasa asam. Ini sangat mengesankan di lidah, bahkan membuat yang mencicipinya akan makan lagi, lagi dan lagi.

Bagi masyarakat Indonesia, makan tanpa sambal bagai sayur tanpa garam, akan terasa sangat hambar. Sambal nusantara memang sangat beragam, beberapa rekomendasi di atas yang paling banyak diminati dan menarik untuk disajikan dengan menu makanan tertentu. Jika baru coba pertama kali, minta sambal disajikan tidak terlalu pedas.

Baca Juga:  Menu Makanan Sehat Harian Untuk Atasi Perut Kembung

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply