Inspiration

Langkah Mencintai Diri Sendiri bagi Wanita agar Senantiasa Bahagia

Mencintai diri sendiri menjadi hal yang sering dibahas kala isu kesehatan mental mulai merebak. Selama ini orang pun banyak yang tidak sadar kalau belum bisa sepenuhnya melakukan hal tersebut. Untuk para kaum wanita, berikut beberapa latihan sederhana yang bisa memupuk rasa mencintai diri sendiri di kehidupanmu.

Awali Mencintai Diri Sendiri dengan Berhenti Membandingkan Diri

Awali Mencintai Diri Sendiri dengan Berhenti Membandingkan Diri

sumber: Pexels

Sebagai wanita, sering sekali kita gemar membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Entah itu dalam hal pekerjaan, keuangan, hingga masalah fisik. Jika berkeras diri suka melihat kehidupan orang lain, pasti selalu saja ada alasan buat kita tidak pernah merasa cukup.

Setiap wanita dianugerahi kecantikan oleh Tuhan. Begitu pula masing-masing wanita punya kelemahan dan kelebihan tersendiri. Jadi, berhentilah untuk membandingkan diri dengan orang lain karena hal itu hanya membuat kita makin tidak bersyukur pada apa yang dimiliki sekarang.

Mencintai Diri Sendiri Berarti Menerima Kekurangan dengan Lapang Dada

Mencintai Diri Sendiri Berarti Menerima Kekurangan dengan Lapang Dada

sumber: Pexels

Tidak ada wanita terlahir serta merta sempurna, misalnya berhidung bangir, berambut lurus, berkulit putih, dan lain-lain. Terimalah diri kita apa adanya sebagai bentuk rasa syukur pada Tuhan. Jangan berusaha terus-menerus “melawan” semua kekurangan kita karena hanya dapat menyakiti diri sendiri.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Kerja Online Untuk Kaum Milenial Di Zaman Now

Ubah kekurangan sifat buruk yang sekiranya masih mampu diperbaiki. Meski tidak sempurna, rawat sebaik-baiknya anggota tubuh pemberian Tuhan. Dengan menerima semua kekurangan dengan lapang dada, kita bisa lebih kuat untuk tumbuh dan berkembang sebagai wanita dari waktu ke waktu.

Meluangkan Waktu untuk “Me Time” Tanpa Gangguan Orang Lain

Meluangkan Waktu untuk "Me Time" Tanpa Gangguan Orang Lain

sumber: Pexels

Tanpa disadari, wanita terlalu sibuk menghabiskan waktunya untuk orang lain. Entah itu dalam hal pekerjaan, pertemanan, hingga keluarga. Ingat, kita tidak harus menjadi pahlawan bagi semua orang dan kita butuh istirahat.

Luangkan waktu kita untuk menyendiri dan melakukan hal disukai. Tidak apa-apa kok sesekali menjadi egois daripada tenaga dan hati kita terus-menerus habis untuk orang lain. “Me time” sangat diperlukan untuk membantu menjaga kesehatan mental kita sekaligus mencintai diri sendiri.

Berani Berkata “Tidak” Juga Bentuk dari Mencintai Diri Sendiri

Berani Berkata "Tidak" Juga Bentuk dari Mencintai Diri Sendiri

sumber: Pexels

Banyak wanita yang sukar untuk menolak sesuatu meski tidak sesuai dengan hati nuraninya. Ada pula wanita yang sungkan menolak pekerjaan yang diberikan atasan meski badan sudah sangat lelah. Inilah saatnya kita belajar untuk berkata “tidak” pada hal yang memang seharusnya kita tolak.

Memahami kapasitas diri sendiri jauh lebih penting daripada berusaha menerima semua permintaan orang lain. Kita tidak sanggup untuk menolong banyak orang dalam satu waktu. Ada kalanya kata “tidak” perlu kita ucapkan untuk setidaknya menolong diri sendiri.

Baca Juga:  Mau Jadi Anak Muda Sukses dan Kaya Raya? Buang 3 Mental Penghambat Ini!

Tidak Berusaha Menyenangkan Hati Semua Orang

Tidak Berusaha Menyenangkan Hati Semua Orang

sumber: Pexels

Mustahil bisa membuat semua orang suka pada diri kita. Maka, berhentilah untuk selalu berusaha menyenangkan hati semua orang. Ini adalah salah satu bentuk dari mencintai diri sendiri loh.

Lakukan apa pun semampu kita tanpa susah payah berpikir bagaimana respon orang terhadap kita. Kita akan kelelahan sendiri kalau terlalu banyak mendengarkan apa yang orang inginkan atas kita. Jadi, tidak usah bersusah payah menjadi orang yang menyenangkan untuk semua orang.

Sebagai wanita, sudahkah kita mampu mencintai diri sendiri dengan tepat? Semoga kamu bisa merefleksikannya mulai sekarang ya!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply