4 Langkah Tepat Mengumpulkan Dana Darurat bagi Wanita
Lifestyle

4 Langkah Tepat Mengumpulkan Dana Darurat bagi Wanita

Tidak banyak wanita dapat cermat dan telaten mengumpulkan dana darurat. Pasalnya, godaan untuk belanja rasanya menjadi halangan paling besar buat wanita ya. Niat untuk menyisihkan sebagian gaji pun kadang terlewat, apalagi kalau sedang ada diskon besar.

Untuk kamu yang merasa sulit memiliki dana darurat, coba deh trik mudah berikut ini. Kalau terbiasa melakukannya, kamu dapat mengumpulkan dana darurat di pos tabunganmu.

Atur dan Cermati Pos Keuangan

Atur dan Cermati Pos Keuangan

sumber: Pexels

Buatlah rencana anggaran bulanan setiap bulannya setelah menerima gaji. Jadi, jangan dulu kamu pakai gajimu untuk bersenang-senang sebelum membuat anggaran ya. Buatlah beberapa pos di situ, mulai dari kebutuhan bulanan, tanggungan cicilan, tabungan, hiburan, dan lain-lain.

Cermati pos keuangan yang sudah kamu buat, apakah sudah cukup efektif atau belum. Kamu bisa mengumpulkan dana darurat dari pembagian pos-pos ini. Sisihkan dari awal berapa besar uang yang akan kamu tabung ke pos dana darurat.

Cek Kembali Pos untuk Hiburan

Cek Kembali Pos untuk Hiburan

sumber: Pexels

Ada kalanya realisasi keuangan yang diperoleh berbeda dari anggaran. Coba cek lagi, masihkah ada sisa di pos untuk hiburan? Jika masih ada, sebaiknya kamu alihkan sisa anggaran tersebut ke dana darurat.

Di masa pandemi begini, pasti anggaran untuk hiburan bisa kamu tekan. Untuk berjaga-jaga di kondisi kritis, alangkah lebih baik jika kamu menambahkan anggaran untuk mengisi dana darurat. Lebih sedikit demi sedikit mengumpulkannya daripada tidak ada sama sekali.

Baca Juga:  4 Alasan Kenapa Anak Bungsu Selalu Lebih Sukses Dari Saudara Lainnya

Pisahkan Dana Darurat di Rekening Berbeda

Pisahkan Dana Darurat di Rekening Berbeda

sumber: Pexels

Kunci sukses mengumpulkan dana darurat adalah memisahkannya di rekening yang berbeda. Menyimpan dana darurat di rekening aktif kebutuhan bulanan sangat berbahaya. Apalagi jika kamu sulit mengendalikan keinginan untuk belanja.

Ingat juga bahwa dana darurat tersebut tidak boleh kamu pakai sembarang. Gunakan saja dalam kondisi darurat, misalnya mendadak gaji dipotong atau bahkan kehilangan pekerjaan. Jangan pakai dana darurat untuk belanja saat diskon, apalagi liburan ya!

Cari Tambahan Pekerjaan jika Memungkinkan

Cari Tambahan Pekerjaan jika Memungkinkan

sumber: Pexels

Bagaimana jika ternyata gaji bulananmu ternyata sudah cukup mepet untuk memenuhi kebutuhan sebulan? Tidak ada cara lain selain berusaha mencari penghasilan tambahan. Tidak perlu malu untuk menjalani pekerjaan sampingan jika kamu memang membutuhkannya.

Pekerjaan sampingan sangat membantumu mengumpulkan dana darurat loh. Banyak pekerjaan yang bisa kamu ambil, misalnya freelancer, bisnis online, dan lain-lain. Yang penting punya kemauan untuk terus kreatif dan maju agar pundi-pundi uangmu pun bisa lebih aman.

Mengumpulkan dana darurat ternyata tidak sesusah yang dibayangkan. Kamu cukup punya komitmen tinggi untuk menyisihkan uang tiap bulannya. Kontrol diri agar tidak mudah tergiur untuk belanja hal tidak penting ya!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply