Body & Skin Care

Langkah Mudah Kenali Benjolan Payudara Sejak Dini

Kanker jadi penyebab kematian tertinggi di dunia, untuk wanita kanker payudara jadi penyebab kematian tertinggi setelah jantung. Parahnya lagi, kanker payudara baru terdeteksi setelah memasuki stadium akhir, sehingga tidak bisa mendapatkan penanganan maksimal. Ada baiknya sejak dini kenali adanya benjolan payudara, inilah tanda adanya kanker.

Kini semua wanita mulai mengetahui, jika kanker payudara bisa di deteksi secara dini, dimana ini terlihat dari munculnya benjolan di sekitar payudara yang tidak sebagaimana mestinya. Ini terjadi karena pertumbuhan sel-sel abnormal, bahkan tidak terkontol dalam jaringan hingga kelenjar di payudara. Bisa jadi sel terkenali atau tidak, tergantung dari tingkatan kanker.

Jika benjolan payudara tumbuh tidak terkendali dalam jangka singkat, maka bisa jadi kanker cukup ganas dan harus segera dijinakkan agar tidak menyebar ke organ tubuh lainnya. Namun karena kurangnya pemahaman, apalagi untuk wanita usia lanjut, maka kanker payudara baru di deteksi setelah memasuki stadium 4, dimana mulai timbul gangguan, seperti tubuh menjadi lebih lemas, mual muntah hingga tubuh merasa tidak nyaman.

Maka dari itu dokter peduli wanita membuat metode pemeriksaan sederhana untuk memprediksi adanya kanker payudara, coba gerakan SADARI, metode perikSA payuDAra SendiRI (SADARI). Ini memberikan dampak positif, dimana penderita kanker payudara dini, bisa memiliki peluang sembuh lebih besar.

Bagaimana cara melakukan SADARI yang bisa merasakan adanya benjolan payudara yang tidak sebagaimana mestinya, caranya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Ini sebaiknya dilakukan sejak dini, apalagi setelah melewati masa menstruasi, agar kanker payudara bisa diketahui sejak dini dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga:  Tahukah Kamu, Jenis Masker Wajah Harus Disesuaikan dengan Kulitmu

Metode Tepat SADARI Untuk Prediksi Benjolan Payudara

deteksi benjolan payudara

Sumber : style.tribunnews.com

  • Berdiri Tegak Menghadap Cermin

    Pastikan melakukan gerakan ini sambil berdiri saja, sehingga bisa mengusap payudara dengan lebih sempurna. Caranya, berdiri di depan cermin, usahakan tegak maksimal. Bisa melepaskan pakaian atau tidak, namun lebih baik lakukan sebelum mandi dan tidak dilihat orang lain, biasanya beberapa wanita merasa malu.

    Pastikan melihat permukaan payudara terlebih dahulu, apakah ada yang aneh, seperti pembengkakan, terjadi perubahan warna apalagi untuk bagian puting. Warna puting sehat, cokelat cenderung kehitaman, namun masih terlihat aliran darah. Pastikan payudara kanan dan kiri simetris, jika ada yang menonjol salah satunya, coba silakan periksakan ke dokter.

  • Dorongan Ringan Ke Cermin

    Bukan hanya melihat, untuk memeriksaan benjolan payudara. Coba angka kedua lengan ke atas maksimal, posisikan tangan ke belakang kepala dan tekuk siku hingga ke cermin. Ini akan memperlihatkan bagian payudara lebih detail, cermati apa yang ada di cermin, apakah ada perbedaan dari sebelumnya.

    Otot dada akan melakukan kontraksi, sehingga memperlihatkan ukuran dan bentuk payudara sebenarnya. Ini cara paling mudah untuk melihat apakah ada benjolan atau tidak, lakukan secara bergantian. Coba bertahan di posisi ini sekitar 30 detik hingga 1 menit, untuk melihat apakah ada perbedaan atau tidak.

  • Condongkan Bahu Ke Depan

    Tidak menemukan adanya benjolan payudara, jangan senang dahulu. Coba lakukan posisi kedua tangan di pinggang dan condongkan bahu ke depan, lakukan ini hingga payudara menggantung, kemudian lakukan dorongan siku ke depan. Diamkan kurang lebih 30 detik, ini akan memperlihatkan otot dada, normalnya tidak ada benjolan apapun.

    Amati juga di depan cermin, jika melihat ada perubahan warna, ukuran, bentuk bahkan aroma, maka coba periksakan diri. Ini bisa jadi tanda adanya kanker, biasanya kanker payudara di awal tidak mengeluarkan tanda-tanda apapun, bahkan tetap terasa seperti biasanya saja.

  • Tekan Payudara

    Masih aman, coba kini lakukan gerakan mengangkat lengan kiri ke atas, tekuk siku hingga tangan kiri sampai ke bagian atas punggung. Ini memang tidak nyaman, namun pastikan lebih ketat. Kemudian ujung jari kanan melakukan perabaan ke daerah payudara, raba hingga tekan jika kurang yakin, ini akan memperlihatkan adanya benjolan payudara atau tidak.

    cara deteksi benjolan payudara

    Sumber : timesofindia.indiatimes.com

    Jangan lakukan tekanan yang cukup keras dan tiba-tiba, pelan namun agak dalam. Jika terasa sakit dan ada yang menonjol, maka patut dikhawatirkan, bisa jadi ada daging yang tumbuh tidak tepat. Lakukan ini berulang hingga meraba bagian ketiak, ini akan memperlihatkan apakah payudara dalam kondisi sehat atau tidak.

  • Gerakan Membentuk Lingkaran Kecil

    Ini gerakan untuk melihat adanya benjolan payudara atau tidak yang cukup mudah, hanya perlu membuat lingkaran kecil ke atas bawah, lingkaran area payudara. Memang agak geli, namun memberikan perubahan pada payudara. Lakukan gerakan hingga adanya perubahan, jika terjadi yang aneh coba ulangi kembali.

    Baca juga : Trik Cegah Jerawat Punggung Meninggalkan Noda Hitam

    Lakukan ini juga di tepi payudara hingga ke arah puting, ini cara kecil namun lebih efektif. Kemudian ulangi di payudara bagian kanan, lakukan hal serupa dan lihat perubahannya. Jika hanya puting yang terlihat lebih besar, maka ini normal saja karena gerakan rangsang tangan membentuk lingkaran tersebut.

  • Pencet Puting

    Langkah terakhir dalam SADARI untuk melihat benjolan payudara, coba pendet puting dengan menggunakan telunjuk dan ibu jari. Tidak perlu terlalu kencang, kecil saja namun di ujung. Nantinya akan ada perubahan, jika hanya puting membesar itu normal. Namun jika ada tanda lainnya, bisa jadi pertanda kanker.

    Ada beberapa kasus puting terasa sakit yang tak tertahankan, ada juga yang mengeluarkan cairan dari puting padahal tidak sedang menyusui. Jika keluar cairan bening hingga putih, bahkan aromanya menyengat. Sebaiknya langsung lakukan pemeriksaan lanjutan, ceritakan saja apa yang terjadi dan jangan ditutupi.

Dokter akan memberikan perawatan terbaik, namun pastikan melakukan gerakan SADARI untuk melihat adanya benjolan payudara atau tidak. Ini langkah pencegahan yang sangat efektif, bahkan bisa memberikan kepastian kondisi payudara. Jangan ragu juga bertanya pada dokter, jika menemukan kondisi payudara tidak seperti biasanya.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply