Inspiration

Livienne Russelia, Kisah Wanita Sukses Pendiri Vienna

Livienne Russelia merupakan salah satu wanita sukses di tanah air, berada di balik layar kesuksesan berdirinya PT. Cakra Daya Makmur. Dirinya bahkan mengaku tidak ada bakat bisnis sama sekali karena awalnya hanya ingin membantu ekonomi keluarga yang memburuk, namun apa yang terjadi. Kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil.

Hal ini yang dirasakan benar wanita kelahiran 1976, mencapai kesuksesan bukan perkara mudah, ada banyak perjuangan air mata dan kata tidak mengenal menyerah setiap saat. Bukan semudah membalikkan telapak tangan, melainkan butuh proses panjang dan kerja keras tidak mengenal lelah untuk mencapai semua ini.

Mendirikan perusahaan yang bergerak utama di bilang kecantikan bukan perkara mudah, waktu itu wanita Indonesia belum banyak memikirkan diri sendiri apalagi melakukan perawatan. Sehingga terpikir oleh Livienne Russelia untuk membuat produk kecantikan yang tidak menggunakan bahan pengawet dan cocok untuk semua perempuan tanah air.

Memulai Bisnis Tanpa Tahu Bisnis

Awal memulai bisnis tidak pernah direncanakan Livienne Russelia, dirinya hanya tahu bagaimana cara mempertahankan ekonomi keluarga yang waktu itu tidak stabil. Dimana suaminya membutuhkan uluran tangan untuk menapaki dunia bisnis, belum ada tujuan pasti karena tidak ada perusahaan atau usaha yang bisa langsung dijalankan.

Bermodal pengetahuan dan awalnya sebagai ibu rumah tangga tentu bukan hal mudah, apalagi waktu itu baru saja melahirkan anak pertamanya. Ini bukan hal mudah yang bisa dilakukan, jika bukan wanita hebat yang tidak mengenal kata menyerah. Tidak ada bakat bisnis sama sekali, namun saat harus menjalankan bisnis, jiwanya terpanggil untuk menjadi pebisnis.

livienne russelia

Sumber : entertainment.harianterbit.com

Namun ini bukan hal yang membuat dirinya menyerah dengan keadaan, dirinya merasa bisa menjalankan bisnis dan tertarik untuk belajar, tanpa mengenyam pendidikan di jalur sekolah. Namun langsung secara otodidak dan bisa membuat cara bisnis sendiri, saat itu memulai berbisnis makanan kecil.

Sebuah usaha yang diyakini bisa dijalankan ibu rumah tangga manapun, dimana memiliki kemampuan untuk membuat bahkan mencari makanan enak. Bukan itu saja dirinya juga membuat dan menjual sendiri sarung tangan, sepatu dan pakaian. Ini semua bahkan dilakukan dengan modal sendiri dan semampunya, tanpa uluran tangan orang lain.

Tanpa Gengsi, Utamakan Kerja Keras

Livienne Russelia bukan wanita manja yang akan mengenal menyerah dengan keadaan, sudah pasti muncul kendala. Apalagi dirinya tetaplah menjadi ibu rumah tangga, sudah pasti ada rasa lelah dan ingin berhenti. Pasalnya menjadi wanita karier bukan hal mudah, harus bertanggung jawab dengan pekerjaan dan keluarga, dua hal yang dilakukan bersamaan dan terkadang membuatnya kewalahan.

Namun ini tidak membuat dirinya berkecil hati, gengsi dengan keadaan dan semakin tekun mempelajari bisnis. Hal ini membuat Livienne semakin pintar menjaring relasi dengan banyak orang, sehingga membuka wawasan untuk bisnis. Bahkan berani memulai bisnis baru di bidang kosmetik, inilah cikal bakal berdirinya perusahaan kecantikan saat ini.

livienne russelia

Sumber : arahkita.com

Dirinya mulai tertarik dengan makeup impor yang waktu itu sangat disukai wanita, berani memulai bisnis dengan modal ratusan juta dari hasil berdagang makanan sebelumnya. Dirinya mengaku ini tidak mudah, bahkan harus mengalami gulung tikar, karena waktu itu pemerintah menerapkan aturan impor yang sangat ketat.

Hal ini membuat bisnisnya harus selesai dan menderita kerugian, namun inilah bisnis sudah pasti ada untung dan rugi. Namun di sini Livienne tidak kenal menyerah dan mau mencoba peluang lainnya, bahkan ibu dua orang anak mulai melihat trend dan peluang bisnis kosmetik di tahan air, bahkan berpikir kenapa tidak membuat kosmetik sendiri.

Memulai Bisnis Susu Kambing

Memulai bisnis harus punya dasar yang kuat, Livienne Russelia harus punya dasar atau pondasi kuat untuk memulai bisnis. Sehingga terpilih susu kambing sebagai bahan utama, alasannya jumlah melimpah, alami dan belum dikomersilan dengan baik. Harganya juga relatif murah, sehingga bisa digunakan bahan baku jangka panjang.

livienne russelia

Sumber : swa.co.id

Inilah cikal bakal berdirinya Vienna, awalnya hanya industri rumahan dengan dirinya sebagai komandan utama. Mengerjakan sendiri semua produk kecantikan hanya di ruko kecil dengan lima orang karyawan saja, hal ini membuat wanita kelahiran Pontianak tersebut mulai terpikir untuk mengembangkan kembali bisnisnya di skala lebih besar.

Baca juga : 4 Cara Maksimalkan Tabungan Untuk Menghindari Masalah Keuangan

Merasa hanya mengenal bisnis dengan latar belakang gelar S1 di bidang bisnis, padahal sekarang ini menekuni bisnis kosmetik, maka Livienne Russelia bertekan untuk mengambil jenjang pendidikan S2 dalam bidang farmasi kecantikan. Inilah yang membuat dirinya mendapatkan banyak ilmu dan berhasil membuat berbagai macam produk Vienna sendiri.

Perkembangan Livienne Russelia Dengan PT.  Cakra Daya Makmur

Bisnisnya mulai berkembang pesat, bahkan di tahun 2010 berhasil membuka pabrik yang menyerap ratusan karyawan di kawasan Tangerang, inilah pabrik pertama Vienna dan membuat dirinya semakin terpacu untuk berinovasi kembali. Terbukti, kini Vienna memiliki banyak produk yang memang fokus untuk perawatan tubuh.

Produk Vienna kini mulai dari masker, sabun mandi hingga body lotion. Ini produk kecantikan yang digunakan wanita setiap harinya bukan. Hingga akhirnya XL Professionnel terlahir, ini merupakan brand yang fokus pada perawatan rambut. Tidak berhenti sampai disana, Vienne masih ingin mengembangkan bisnis dalam bidang kecantikan.

livienne russelia

Sumber : riabucheri.com

Sehingga terlahir brand ketiga yang fokus pada makeup, Martinez Professionnel. Dimana menyediakan berbagai makeup mulai dari lipstik, eyeshadow, foundasion dan bedak. Ini semua alat makeup yang digunakan wanita untuk berdandan, bahkan kini sudah ada maskara dengan berbagai shade baru yang disukai banyak wanita segala usaha.

Jika sebelumnya gagal dengan aturan pemerintah, kali ini Livienne Russelia mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk produknya bisa go internasional. Mulai dari mempermudah mendapatkan izin BPOM, karena memang produknya alami dan tidak mengandung bahan pengawet. Bahkan dipermudah untuk ekspor ke luar negeri, dimana kini sudah menyasar ke Dubai, Kamerun, Nigeria, Oman dan Korea Selatan.

Tips Sukses Vienne

Jika ditanya apakah mudah menjalankan bisnis, sudah pasti ini bukan perkara mudah atau susah namun keinginan dan rasa tidak kenal menyerah. Dirinya bahkan sebagai pebisnis pernah jatuh bangun dan tetap terus bangkit. Kunci kesuksesannya adalah percaya satu sama lain, jika Anda bisa menjaga kepercayaan orang lain maka akan sukses dan mencapai puncak tertinggi.

Selain itu, dirinya juga tidak segan memberikan kesempatan pada orang baru terutama anak mudah. Kemampuan itu bisa diajarkan, namun loyalitas dan integritas pada perusahaan itu tidak bisa diberikan pada semua orang. Tentu dirinya membuka kesempatan pada semua anak muda untuk seperti Livienne Russelia sekarang ini, karena semua bisnis itu di mulai asalkan punya kemauan bukan hanya kemampuan.

You Might Also Like...

2 Comments

Leave a Reply