Malas Investasi Sejak Dini? Bersiap Saja Merasakan Hal-Hal Ini!
Inspiration

Malas Investasi Sejak Dini? Bersiap Saja Merasakan Hal-Hal Ini!

Investasi sejak dini sebaiknya mulai dilakukan wanita, terlebih jika baru saja memulai karier. Sayangnya, tidak banyak wanita cukup sadar akan pentingnya investasi. Jangankan investasi, kebiasaan menabung pun belum tentu dimiliki loh.

Meski wanita bukanlah pencari nafkah utama dalam keluarga, bukan berarti wanita tidak merencanakan keuangannya ya. Kalau masih saja malas belajar dan melakukan investasi sejak dini, siap-siap saja merasakan hal ini ya!

Penghasilan Cepat Menguap

Penghasilan Cepat Menguap

sumber: Pexels

Pernahkah kamu merasa gaji hanya sebatas lewat tiap bulan? Akhir bulan belum datang, tahu-tahu saja simpanan uangmu habis. Parahnya, kamu sendiri tidak tahu uangmu habis untuk apa saja.

Ini akibatnya jika kamu tidak punya kebiasaaan menyisihkan uang untuk menabung atau investasi. Kamu tidak berusaha membuat pos tersendiri untuk bekal di masa depan. Padahal, kamu tidak selamanya berada di usia produktif untuk menghasilkan uang. Hayo, selama ini penghasilanmu termasuk yang mudah menguap nggak nih?

Sulit Mengatur Rencana Keuangan Keluarga

Sulit Mengatur Rencana Keuangan Keluarga

sumber: Unslpash

Tanpa punya kebiasaan investasi sejak dini, kamu juga akan kesulitan mengatur keuangan saat sudah menikah. Ingat, saat sudah berkeluarga nanti, kamu harus memikirkan dana jangka panjang seperti pendidikan anak hingga dana pensiun. Kalau tidak dibiasakan berinvestasi dari sekarang, dijamin kamu kelabakan saat berkeluarga nanti.

Baca Juga:  Mau Dapatkan Pekerjaan Impian? Mulai Terapkan 5 Hal Ini

Pelajari dan pilih instrumen investasi yang cocok untukmu. Misalnya, mulailah belajar berinvestasi dari reksadana yang punya risiko kecil. Lama-kelamaan, kamu jadi sudah punya bayangan tersendiri bagaimana cara mengatur keuangan di masa depan untuk keluarga kelak.

Tidak Punya Kebebasan Finansial

Tidak Punya Kebebasan Finansial

sumber: Pexels

Jika sudah menikah dan punya anak kelak, kamu tidak banyak punya waktu untuk diri sendiri. Jangankan waktu, dana untuk menyenangkan diri sendiri pun bisa mepet. Lain halnya kalau kamu sudah membiasakan investasi sejak dini.

Kamu akan tetap punya kebebasan finansial untuk melakukan hal yang kamu suka meski sudah berkeluarga. Misalnya, traveling, memenuhi kebutuhan skin care, atau sekadar membeli buku-buku. Siapa sih yang nggak mau menjadi perempuan yang bebas finansial selagi masih produktif?

Hari Tua Tanpa Persiapan

Hari Tua Tanpa Persiapan

sumber: Pexels

Tanpa berinvestasi, kamu jelas tidak punya persiapan hari tua yang baik. Mungkin kamu masih bisa bersantai jika sekarang berstatus sebagai pegawai negeri sipil. Namun, apa jadinya kalau kamu hanya karyawan swasta yang tidak dibekali dana untuk hari tua?

Pikirkan dari sekarang bahwa kamu harus hidup tenang di usia senja. Tenang di sini artinya kamu tidak perlu bekerja lagi untuk memenuhi kebutuhan hidupmu. Bahkan, kamu tidak perlu terjerat utang tak penting saat sudah tua bukan?

Baca Juga:  4 Cara Cerdas Dan Cepat Mencari Lowongan Kerja Secara Online

Kemungkinan Menciptakan Generasi Sandwich

Kemungkinan Menciptakan Generasi Sandwich

sumber: Unsplash

Pentingnya investasi sejak dini adalah untuk memutus rantai generasi sandwich. Andai kamu masih malas melakukannya, coba pikirkan nasib anak-anakmu kelak saat kamu menua. Maukah kamu bergantung hidup pada anak di masa pensiun?

Peganglah prinsip bahwa anak bukan aset masa depanmu. Kamu harus bisa bertanggung jawab atas keuangan di masa tuamu. Jangan buat generasi sandwich di masa depan ya!

Nah, semoga kamu mulai tergerak untuk investasi sejak dini ya! Mempersiapkan diri sejak sekarang jauh lebih baik daripada kelak kebingungan saat sudah pensiun.

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply