Body & Skin Care

Manfaat Dapatkan Tidur Berkualitas Setiap Malam, Anti Begadang!

Begadang, insomnia, susah tidur di malam hari, ini masalah yang banyak dihadapi anak muda. Apalagi jika punya gaya hidup kurang sehat dengan ritme kerja yang berantakan, inilah yang terjadi di zaman now. Sehingga sangat sulit mendapatkan tidur berkualitas, akibatnya saat bangun tidak lagi bersemangat, malas dan tidak fokus saat bekerja.

Jika ingin hanya terjadi satu dua malam saja tidak masalah, namun jika terjadi setiap harinya, maka akan muncul gangguan kesehatan. Bahkan kekurangan jam tidur di malam hari, dapat memicu stres karena tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Bisa tidur dengan baik, maka bisa menghilangkan rasa lelah dan bangun lebih segar.

Bukan itu saja, bagi wanita mendapatkan tidur berkualitas itu keharusan. Pasalnya ini akan memengaruhi mood di pagi hari, ada baiknya menjaga tidur malam tetap cukup untuk memulai hari lebih baik. Kenapa demikian? Coba lihat lagi, apa saja manfaat menjaga kualitas tidur dan memenuhi jam tidur cukup.

5 Manfaat Mendapatkan Tidur Berkualitas Setiap Malam

manfaat tidur berkualitas

Sumber : billboard.com

  1. Meningkatkan Fokus dan Daya Ingat

    Sering kali lupa dengan hal kecil yang baru dikerjakan, ini bukan karena faktor usia atau sifat pelupa, beberapa ahli mengatakan jika hal tersebut terjadi karena tidak mendapatkan tidur berkualitas di malam hari. Coba ingat lagi, berapa lama jam tidur tadi malam, hanya 1 atau 2 jam saja, tubuh juga membutuhkan istirahat yang normal untuk bekerja maksimal.

    Pasalnya menurut penelitian, jika tubuh mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, ini akan meningkatkan daya fokus dan ingatan jangka pendek, sehingga bisa menyimpan informasi dengan baik dan menarik ingatkan kembali dengan cepat. Ini sebaiknya mulai dilakukan saat pekerjaan di kantor sedang banyak, bukannya menghambat kinerja malahan semakin produktif saat jam kerja aktif.

  2. Memperpanjang Kualitas Hidup

    Tidur juga berpengaruh pada kualitas hidup seseorang, pasalnya mereka yang mendapatkan tidur cukup memiliki keinginan hidup lebih tinggi, karena bisa bangun pagi lebih bersemangat. Hal ini berkaitan dengan penelitian yang dilakukan untuk mengukur, apakah ada kaitannya kualitas hidup dengan tidur berkualitas di malam hari.

    Ternyata ada kaitannya, kurang tidur membuat masa hidup lebih pendek, karena merasa lelah, bosan dan tidak lagi bersemangat. Ini bahkan memengaruhi kualitas hidup secara menyeluruh, dimana lebih cepat lelah tanpa kejelasan, tidak nafsu makan dan mulai menghindari hal menyehatkan dengan memilih makanan yang merusak tubuh.

  3. Mudah Terserang Penyakit Ringan

    Di musim hujan, mudah sekali tertular penyakit ringan, seperti flu dan batuk. Ini akan membuat tubuh mengalami demam, tenggorokan kering hingga gejala tipus. Percayakah, jika ini semua ada kaitannya dengan tidur berkualitas yang didapatkan setiap malam hari? Banyak orang dewasa mengabaikan hal tersebut dan mengatasinya dengan obat.

    dapatka tidur berkualitas

    Sumber : everydayhealth.com

    Cobalah untuk hidup sehat tanpa terlalu sering konsumsi obat, ini hanya akan merusak organ dalam, terutama ginjal. Virus dan bakteri yang jadi penyebab utama penyakit ringan, dapat hilang dengan menjaga kebersihan, terutama sering cuci tangan dengan sabun. Tidur malam yang cukup dan tanpa jeda, minimal 6 jam akan memberikan daya tahan tubuh yang baik.

  4. Meningkatkan Daya Kreatifitas

    Saat buntu ide dan tidak bisa mendapatkan hal baru yang menarik, ini bukan karena kurang piknik, melainkan kurang jam tidur. Normalnya orang dewasa harus tidur 6 hingga 8 jam setiap harinya, namun apa yang terjadi sekarang. Kebiasaan begadang, penyakit insomnia yang dibuat sendiri dan terlalu kecanduan sosial media, membuat banyak orang mengabaikan jam tidur di malam hari.

    Baca juga : Langkah Mudah Kenali Benjolan Payudara Sejak Dini

    Ternyata ini berimbas pada penurunan daya kreatifitas, hal ini dibuktikan oleh penelitian dari Harvard University. Dimana orang yang mendapatkan tidur berkualitas di malam hari, bisa menyelesaikan masalah dengan cepat dan memiliki daya kreativitas lebih baik. Terlalu lama terjaga akan menimbulkan hypnogonia, ini cukup berbahaya karena memicu pemikiran imajinatif berkembang lebih cepat.

  5. Efektif Meredakan Stres

    Tekanan yang tinggi dan persaingan yang ketat, membuat hampir semua orang yang hidup di kota besarrentan stres. Hal tersebut semakin di perparah dengan jam tidur yang tidak lagi kondusif, apalagi jika terlalu banyak begadang, ini bukan menyelesaikan masalah namun menambahkan masalah dan semakin buruk kondisi tubuh.

    Saat dalam tekanan dan tidak bisa berpikir dengan jernih, bahkan lebih sering marah. Ada baiknya tidur malam lebih lama dan membiarkan tubuh istirahat dengan cukup, ini akan memberikan rasa bangun tidur lebih menyenangkan sehingga bisa berpikir lebih terbuka. Ini akan memberikan kemudahan dalam pekerjaan, bisa lebih fokus dan daya ingat meningkat.

Cukup berbahaya tidak mendapatkan tidur berkualitas setiap harinya, memang begadang untuk menyelesaikan urusan kantor boleh saja, namun lebih sehat secara fisik dan mental jika tidak membawa pekerjaan kantor ke rumah. Ada baiknya menyeimbangkan antara urusan pekerjaan dan pribadi, sehingga kualitas hidup lebih baik dan tidak mudah sakit.

Baca Juga:  5 Kebiasaan Buat Rambut Sehat Berkilau

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply