Lifestyle

Mengenal Manfaat Yoga untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Tidak semua orang memahami manfaat yoga. Yoga kerap dianggap sebagai salah satu olahraga yang cenderung membosankan, bahkan melelahkan. Padahal, begitu banyak manfaat didapatkan jika seseorang rutin melakukan yoga sehari-hari.

Lalu, apa saja manfaat yoga yang berguna untuk kebaikan tubuh? Mungkin kamu menjadi tertarik melakukannya setelah menyimak ulasan singkat berikut ini. Baca baik-baik ya!

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Yoga yang Pertama untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

sumber: Pexels

Siapa sangka ternyata melakukan yoga dapat memperkuat imunitas tubuh kamu. Dilansir dari Science Daily, rutin melakukan yoga selama 12 menit dapat menurunkan peradangan tubuh. Akibatnya, sistem imun kamu pun dapat lebih besar sehingga nggak rentan kena sakit.

Seimbangkan kebiasaan yoga dengan pola hidup sehat juga untuk menunjang manfaat ini. Dengan asupan makanan yang sehat, kamu lebih kuat untuk menangkal beberapa penyakit yang kerap mampir. Misalnya, batuk atau pun influenza.

Memperkuat Sistem Pernapasan

Memperkuat Sistem Pernapasan

sumber: Pexels

Banyak orang yang mengalami gangguan pernapasan dan itu terkadang mengganggu aktivitas sehari-hari. Yoga sangat cocok untuk mereka yang pernah atau sering mengalami asma tanpa perlu melakukan olahraga terlalu berat. Yoga dapat meningkatkan asupan okisgen ke dalam tubuh sehingga membantu pernapasan.

Sirkulasi oksigen di dalam tubuh juga menjadi lebih baik jika rutin melakukan yoga. Maka, kamu dapat merasa tubuh menjadi lebih bugar dan terasa ringan. Masalah pernapasan yang biasanya muncul pun pelan-pelan bisa berkurang.

Baca Juga:  4 Tekad Kuat Untuk Jadi Wanita Karir, Jangan Ikuti Passion Saja

Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Membantu Menjaga Kesehatan Mental

sumber: Pexels

Untuk orang yang rentan terkena stres akibat pekerjaan atau hal lain, manfaat yoga yang satu ini sangat dibutuhkan. Rutin melakukan yoga mampu menjaga kesehatan mental, apalagi untuk orang-orang ibukota. Yoga bukan hanya membugarkan badan, tetapi juga melatih aspek emosi, jiwa, serta spiritual.

Penelitian yang dilansir di Science Daily membuktikan bahwa orang yang rutin melakukan yoga selama tiga bulan berturut-turut mengalami penurunan hormon kortisol. Hormon ini merupakan pemicu rasa stres. Jadi, yoga cukup siginifikan dan punya andil menurunkan stres, kecemasan berlebihan, serta depresi.

Melatih Ketenangan Hati

Melatih Ketenangan Hati

sumber: Pexels

Yoga adalah olahraga yang menyatukan jiwa dan raga dengan tujuan mencapai keselarasan harmoni. Tidak heran kalau yoga identik dengan meditasi, pernapasan, dan peregangan. Ketiga hal ini ternyata menjadi poin penting untuk membantu dirimu lebih tenang sehari-hari loh.

Manusia tentu cenderung agak sulit mengelola emosi, entah itu rasa marah, sedih, kecewa, bahkan bahagia sekali pun. Yoga sangat membantu menenangkan hati dan manfaatnya bisa dirasakan di kehidupan sehari-hari. Kamu menjadi tidak tergesa-gesa mengambil keputusan, tidak mudah terbawa emosi, dan lebih bijak dalam bertindak sesuatu.

Ternyata manfaat yoga cukup menarik juga ya. Siapa tahu kamu menjadi lebih tertarik untuk mencoba olahraga yang satu ini. Selamat mencoba!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply