Catat Nih, Masa Kadaluwarsa Produk Kosmetik yang Wajib Kamu Tahu!
Makeup

Catat Nih, Masa Kadaluwarsa Produk Kosmetik yang Wajib Kamu Tahu!

Tidak semua wanita paham kalau produk kosmetik punya batas kadaluwarsa. Jadi, banyak yang beranggapan bahwa aman-aman saja memakai suatu produk bertahun-tahun. Apalagi pada dasarnya sebagian besar wanita lebih suka kosmetiknya awet agar lebih irit.

Sebenarnya masa pakai sebuah produk sudah tercantum di kemasan. Hanya saja, belum tentu waktu tersebut benar-benar aman dipakai. Terlebih jika faktor luar memengaruhi masa pakainya, misalnya kotoran dan bakteri dari lingkungan.

Yuk, mulai sekarang pelan-pelan mengenal batas kadaluarsa produk kosmetik yang kamu miliki. Tidak semua produk bagus untuk dipakai lama-lama loh. Simak beberapa catatan yang dilansir dari Cosmopolitan berikut ini!

Foundation

Foundation

sumber: Unsplash

Ternyata foundation disarankan untuk dipakai selama 6-12 bulan saja. Agar bisa lebih awet selama rentang waktu tersebut, sebisa mungkin jaga foundation-mu bersih dari kuman. Segera ganti foundation andai cairan dalam produk sudah tidak menyatu dengan baik.

Lipstik, Lip Liner, dan Lip Gloss

Lipstik, Lip Liner, dan Lip Gloss

sumber: Unsplash

Sementara itu, batas kadalawursa produk kosmetik ini hanya berkisar selama satu tahun saja. Simpan lipstik dalam suhu ruang dan jangan kamu papar di bawah cahaya panas. Kalau tekstur lipstik sudah mengering dan menggumpal, sebisa mungkin segera ganti lipstik saja ya.

Baca Juga:  Jangan Terbalik, Ini Urutan Pakai Makeup Dengan Tepat

Blush On dan Bedak

Blush On dan Bedak

sumber: Unsplash

Baik blush on maupun bedak bisa kamu pakai selama dua tahun saja. Dengan intensitas penggunaan yang tinggi, rasanya bedak menjadi kosmetik yang bisa lekas habis. Jangan biasakan berbagi bedak dengan teman terlalu sering ya, siapa tahu rentan memunculkan bakteri yang menempel di spons milikmu.

Eye Shadow

Eye Shadow

sumber: Unsplash

Sementara itu, eye shadow punya batas pakai lebih pendek, yaitu hanya 3-6 bulan saja. Mengapa batas kadaluwarsa produk ini lebih singkat dari bedak? Produk yang digunakan di area mata lebih rentan memunculkan risiko hingga iritasi, jadi usia eye shadow ini lebih pendek.

Cream Blush

Cream Blush

sumber: Unsplash

Nah, kalau cream blush ini punya usia lebih panjang. Kamu bisa aman menggunakan cream blush selama 12 hingga 18 bulan. Namun, pastikan kamu benar-benar peka pada kondisi cream blush ya. Jika terjadi perubahan tekstur dan warna, lekas buang dan ganti yang baru.

Brow Pencil

Brow Pencil

sumber: Unsplash

Produk kosmetik ini aman dipakai selama satu tahun. Jadi, kamu bisa cek nih kura-kira brow pencil milikmu ada yang sudah bertahun-tahun dipakai atau tidak. Simpanlah di suhu yang tidak panas agar kualitas produk terjaga alias terhindar dari meleleh.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Warna Lipstik Untuk Semua Acara Tanpa Salah Kostum

Maskara

Maskara

sumber: Unsplash

Karena maskara diaplikasikan di area mata, maka batas kadaluwarsa produk kosmetik ini jelas lebih pendek. Pasalnya tabung maskara sendiri sangat rentan terkontaminasi bakteri dan kotoran saat digunakan. Kamu aman memakai produk ini selama tiga bulan saja, apalagi jika maskara sudah makin menggumpal dan berubah tekstur.

Eyeliner

Eyeliner

sumber: Pexels

Jenis liquid eyeliner aman digunakan selama tiga bulan, sementara gel eyeliner disarankan dipakai selama dua bulan saja. Ingat, semua yang dipakai di area mata sangat rentan membuatmu iritasi. Jadi, sebaiknya jangan terlalu pelit beli yang baru jika sudah lewat batas pakai ya.

Semoga info mengenai batas kadaluwarsa di atas dapat membuatmu lebih bijak dalam menggunakan makeup ya. Ayo, cek semua makeup sekarang, masih layak pakai atau tidak!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply