Body & Skin Care

Mau Bangun Pagi Dengan Mudah, Ikuti Tips Sederhana Ini!

Bangun pagi menjadi hal paling malas, apalagi jika harus menjalankan aktivitas yang sama setiap harinya. Kebosanan membuat Anda cenderung enggan untuk membuka mata, jika bukan karena keharusan untuk berangkat kerja tanpa harus terkena potongan gaji karena terlambat. Sebenarnya ada hal yang bisa membuat Anda bangun di pagi hari tanpa merasa kesal dan malas.

Gaya hidup dan kebiasaan akan membentuk jadwal harian setiap orang, jika Anda sudah punya kebiasaan untuk bangun pagi, maka sulit untuk kembali terlelap setelah alarm berbunyi, sekalipun di akhir pekan. Namun jika membiasakan bangun siang, sudah jelas berangkat kerja hampir bertepatan dengan bel terlambat akan dilakukan setiap harinya.

Tentu hal yang tidak menyenangkan selalu berpacu dengan rasa khawatir berangkat kerja bukan, maka dari itu harus bisa membuat kebiasaan bagus agar bisa bangun pagi lebih awal. Ternyata ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, ini harus dengan niat sendiri karena orang lain hanya membantu saja, peran utama tetap Anda sendiri.

5 Tips Mudah Agar Bangun Pagi Lebih Menyenangkan

tips bangun pagi

Sumber : puanpertiwi.com

  1. Hindari Makan Berat Sebelum Jam Tidur

    Makan malam idealnya sebelum jam 7 malam, hal ini untuk menghindari over weight. Pasalnya obesitas bukan datang dari genetika, namun gaya hidup dan pola makan yang di konsumsi setiap harinya. Kenapa tidak boleh makan malam di atas jam 7 dan terlalu banyak, ini akan membuat Anda malas karena lemas, kenapa bisa demikian?.

    Hal ini karena porsi makan lebih banyak dan pencernaan tidak akan berhenti bekerja saat Anda tidur, jelas ini akan memengaruhi kualitas tidur di malam hari. Sehingga membuat tubuh terasa lemas dan tidak bersemangat di pagi, untuk menghindari hal tersebut. Ada baiknya mulai mengurangi porsi makan berat di malam hari dan hindari makan tengah malam.

  2. Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur

    Munculnya teknologi banyak memberikan kemudahan, tanpa membawa buku sudah bisa membaca. Tanpa menghidupkan televisi sudah mendapatkan tontonan menarik bahkan tanpa teman sudah bisa berkomunikasi, namun gadget ternyata memberikan keburukan untuk bangun pagi, hal ini bahkan tidak pernah Anda sadari.

    Dimana kebiasaan melakukan aktivitas berlebih dengan gadget di malam hari sangat mengganggu jam tidur, idealnya orang dewasa harus tidur 7 hingga 8 jam setiap harinya. Langkah paling tepat untuk mengatasinya, sebaiknya matikan semua gadget, ini benar-benar dimatikan dari powernya. Jika memang membutuhkan alarm, sebaiknya gunakan jam beker biasa saja.

  3. Set Alarm

    Ini kebiasaan lama yang tetap efektif agar bisa bangun pagi, cukup tetapkan jam berapa akan bangun dan hidupkan alarm di jam yang biasanya terletak di meja kecil sebelah tempat tidur. Tidak perlu membawa jam weker di tempat tidur, bahkan harus tidur bersamanya. Karena Anda akan mematikan dengan mudah dan tidur kembali.

    set alarm agar bangun pagi

    Sumber : lifestyle.sindonews.com

    Alasan agar lebih mendengar alarm itu sangat klise, karena ternyata hampir sebagian besar orang yang sudah setting alarm akan mematikan kembali pada deringan pertama. Bahkan ini dilakukan dengan mata terpejam, setelah itu akan terbangun sangat terlambat dan melakukan semua aktivitas pagi dengan tergesa-gesa.

  4. Minum Air Putih

    Punya kebiasaan untuk membawa satu gelas air putih ke kamar tidur, ini adalah langkah bagus. Selain bisa mengatasi masalah dehidrasi dan terasa sangat haus di pagi hari, Anda juga bisa mendorong tubuh untuk bangun pagi karena keinginan untuk buang air kecil. Cobalah sebelum tidur minum air putih satu gelas saja, ini akan banyak memberikan dampak positif.

    Baca juga : Kenali Risiko Mencoba Suntik Vitamin C Dosis Tinggi

    Pasalnya, kandung kemih akan langsung memberikan dorongan atau keinginan untuk buang air kecil, hal ini mau tak mau membuat Anda beranjak dari tempat tidur dan pergi ke kamar mandi. Selanjutnya coba cuci muka, sehingga akan terasa lebih segar dan tidak akan kembali tidur. Langkah cerdas bukan, namun tidak disarankan minum air putih banyak sebelum tidur, karena akan terganggu karena ingin buang air kecil tengah malam.

  5. Mandi Air Dingin

    Anda harus berangkat kerja sebelum jam 6 pagi, pasalnya kemacetan panjang akan menghambat sampai di kantor. Dimana alasan macet sudah tidak lagi rasional, maka harus bisa bangun pagi dan berangkat lebih pagi. Untuk membuat tubuh lebih bersemangat di pagi hari, sebaiknya mandi dengan air dingin, apakah ini akan memberikan dampak buruk? Pasalnya suhu cukup dingin di pagi hari.

    Memang awalnya tubuh menggigil, namun setelah bersih dan menggunakan pakaian kembali. Anda akan merasa hangat dan lebih bersemangat, ini cocok untuk Anda yang begadang di malam hari agar bangun lebih fresh dan tidak lagi mengantuk. Namun jangan terlalu dingin, gunakan saja air suhu ruangan atau mandi dengan air langsung dari shower

Memang ada banyak cara untuk membentuk kebiasaan bangun pagi, namun ini semua harus datang dari diri sendiri. Buang rasa malas dengan semangat baru, hal ini akan membuat Anda lebih produktif lagi. Selain itu, tidak akan merasa lemas, malas dan enggan untuk beraktivitas lagi, meskipun sama seperti hari sebelumnya.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply