Inspiration

Mau Belajar Menabung Saham? Pahami Dan Ketahui Syaratnya Terlebih Dahulu

Investasi memang sangat tepat dilakukan sejak dini, bahkan setelah bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Menabung bukan lagi jalan terbaik, mengingat inflasi yang sedang tidak stabil sehingga suku bunga semakin rendah. Ada baiknya belajar menabung saham, tenang jangan gugup terlebih dahulu, cara ini cukup ramah untuk pemula.

Baru belajar belum tentu mengalami kerugian nantinya, keuntungan kecil lebih bagus bukan untuk mengawali menabung saham. Dimana kini harga indeks harga saham gabungan sedang mengalami kenaikan, ini termasuk cukup stabil sehingga tidak akan mengalami kerugian besar. Setiap harinya akan ada perubahan, sehingga bisa melakukan penjualan atau pembelian.

Kini cara menabung saham juga cukup modern, bisa dikendalikan sendiri dan tidak membutuhkan bantuan orang lain. Sudah ada banyak aplikasi dari smartphone, dimana bisa mengontrol pergerakan saham, melihat harga saham hingga melakukan pembelian dan penjualan secara langsung. Tapi sebelum terjun langsung, lebih baik mengenali kebaikan investasi saham.

Kenali kebaikan Menabung Saham Sejak Dini

cara menabung saham

Sumber : ivoox.id

Siapa bilang investasi saham membutuhkan modal besar, bisa kok membeli satu saham saja, namun tidak akan memberikan pengaruh besar. Kini dengan 100 ribu rupiah saja, sudah bisa mendapatkan satu saham dari berbagai perusahaan, bisa memilih lokal atau luar, ini semua ada dalam IHSG. Kenapa memilih saham? Ini tidak akan terpengaruh dengan penukaran harga rupiah.

IHSG memang berdiri sendiri, memang ada pengaruh pada nilai tukar rupiah, namun cenderung stabil dan naik turunnya tidak terlalu ekstrem. Jangan pikirkan menabung saham hari ini maka akan mendapatkan keuntungan besar, ini merupakan investasi jangka panjang. Dimana saat muda lebih baik membeli terus menerus, baru akan bermain setelah jumlah saham cukup banyak.

Baca Juga:  3 Keuntungan Di Zaman Now Lancar Berbahasa Inggris

Keuntungan Menabung Saham

keuntungan menabung saham

Sumber : moneysmart.id

Kini menabung saham bukan lagi hal sulit dan berbelit, cukup unduh aplikasi saham yang ada di penyedia smartphone, silakan deposit berapa modal yang diinginkan. Baru lakukan pembelian saham mana yang diinginkan, ini bisa dikenalikan langsung 24 jam tanpa jeda. Sehingga tidak lagi membutuhkan broker dan keuntungan berkurang, cara modern dan menguntungkan bukan.

Keuntungan investasi saham bukan hanya dari kenaikan saham yang akan didapatkan saat melakukan penjualan. Namun bisa mendapatkan deviden setiap tahunnya, apalagi untuk perusahaan go public dengan keuntungan bersih tinggi. Ini akan menjadi investasi jangka panjang sangat menguntungkan, dimana tidak menggunakan rupiah sebagai nilai perubahan.

Cara Menabung Saham

cara menabung saham

Sumber : moneysmart.id

Tertarik menjadikan saham sebagai investasi jangka panjang, ini memang lebih menarik dari tabungan. Dimana sebagian besar yang menjadi penabung saham biasanya laki-laki, dimana tidak ingin uang mengalami penurunan nilai dan memberikan hasil lebih banyak. Apa saja yang diperlukan untuk menabung saham, berikut ini syaratnya :

  1. Cari Aplikasi Menabung Saham

    Ini bisa dengan mudah didapatkan dari penyedia aplikasi smartphone, pilih mana yang paling terbuka, menguntungkan dan bisa di kontrol 24 jam penuh. Ada banyak perusahaan sekuritas terbuka sekarang ini, pilih satu yang membuat tertarik dan langsung membuat deposit modal yang akan digunakan.

  2. Membuka Rekening

    Setelah memilih satu perusahaan sekuritas, ada baiknya langsung membuka form pembukaan rekening. Ini untuk mendepositkan berapa modal yang akan digunakan, biasanya minimal 100 ribu rupiah. Ini bisa terhubung dengan bank yang biasa digunakan atau memilih akun berbeda. Modal bisa diambil sepenuhnya dan tidak ada potongan, ini tidak berkaitan dengan modal yang digunakan untuk menabung saham.

  3. Dokumen Legal Pembukaan Rekening

    Setelah mengisi semua kebutuhan form pembukaan rekening dari perusahaan sekuritas, biasanya harus melampirkan beberapa dokumen legal, seperti KTP yang masih berlaku, NPWP aktif dan rekening bank atas nama pribadi. Ini yang harus dipersiapkan dengan baik, jangan gunakan orang lain untuk menabung saham.

    Baca juga : 3 Cara Menipu Diri Hilangkan Kebiasaan Gila Belanja Secara Psikologis

    Perusahaan sekuritas sekarang sudah go public, sehingga tidak ada yang perlu ditakutkan dengan sistem keamanan. Bahkan terbuka dan bisa di akses kapan saja, lebih baik menggunakan identitas sendiri karena dilengkapi dengan asuransi. Sehingga bisa memberikan manfaat saat mengalami sakit atau meninggal dunia.

  4. Gunakan Email Pribadi

    Karena semua sistem menabung saham online, maka membutuhkan pemberitahuan langsung melalui email. Sambungkan saja ke email pribadi yang digunakan terus menerus, pasalnya akan diberitahukan update berita terbaru dari email, mulai dari nomor rekening untuk memulai investasi saham, hingga berapa hasil yang didapatkan nantinya.

  5. Deposit Modal Investasi Saham

    Setelah melalui semua tahapan di atas, maka sudah bisa mulai mendepositkan berapa modal yang akan digunakan untuk investasi. Bagi pemula memang disarankan jumlah minimal saja, setelah bisa mendapatkan gaya bermain dan mengendalikan permainan, silakan di top up ke batasan maksimal, dimana tidak kenal jumlah maksimal saat deposit modal.

  6. Username dan Password

    Ini kunci untuk bisa masuk dan mulai menabung saham, memang dari perusahaan sekuritas memberikan username dan password standar, sebaiknya dirubah dengan keunikan dan diketahui sendiri. Hal tersebut untuk mengatasi masalah pembajakan dan modal bisa digunakan pemain lain. Kombinasikan dengan PIN, sehingga username dan password semakin aman.

Cukup mudah bukan memulai investasi saham, tidak perlu mencari broker lagi, hanya perlu sering melihat trending dan menentukan akan menjual, tahan atau membeli. Menabung saham memang sangat menyenangkan, ada kalanya rugi namun bisa mendapatkan pukulan besar dengan mendapatkan keuntungan maksimal.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply