Culinary

Mau Gorengan Rendah Kolesterol? Ini Cara Menggorengnya!

Gorengan jadi makanan favorit semua orang, rasanya gurih atau manis, renyah dan hangat. Ini jadi pilihan tepat menemani di sore hari dengan secangkir teh, apalagi saat mendung atau gerimis. Namun terlalu banyak makan gorengan bisa menyebabkan kolesterol naik, tapi ada trik tersendiri agar gorengan rendah kolesterol, sehingga aman di konsumsi setiap harinya.

Jangan secara langsung menghilangkan makan gorengan, ini akan memberikan tantangan tersendiri. Ujung-Ujungnya makan lebih banyak dan meningkatkan kadar kolesterol secara mendadak, ini jauh lebih parah. Tapi tidak mungkin langsung makan jenis makanan yang di bakar atau di rebus, rasanya akan sangat berbeda.

Maka dari itu, harus mensiasati caranya membuat gorengan rendah kolesterol. Ini cara cerdas tetap menerapkan gaya hidup sebelumnya, tanpa takut mengalami gangguan kesehatan. Sebaiknya ini diterapkan sejak awal, sehingga saat tua nantinya bisa memiliki kondisi lebih baik. Ini juga bisa termasuk dalam gaya hidup sehat.

5 Cara Membuat Gorengan Rendah Kolesterol

Caranya Buat Gorengan Rendah Kolesterol

Sumber : nulis.co.id

  1. Gunakan Minyak Bersih

    Kebanyakan ibu rumah tangga sering kali sayang membuang minyak bekas pakai begitu saja, apalagi jika baru digunakan beberapa kali dan belum berubah warna. Minyak yang terlalu sering digunakan akan meningkatkan kadar kolesterol, sekalipun tampilannya masih jernih, bening atau masih kekuningan. Ada baiknya tidak digunakan terus menerus.

    Kadar kualitas minyak tentu berbeda, maka dari itu disarankan menggunakan minyak kemasan saja. Kualitasnya jauh lebih baik dari pada minyak curah yang dijual kiloan, memang terlihat hampir serupa namun minyak yang dijual dalam bentuk kemasan, memiliki kualitas minyak lebih baik dan tahan lama. Maksimal digunakan menggoreng hingga 5 kali atau jika sudah berubah warna dan bau sebaiknya tidak digunakan kembali.

  2. Goreng Setelah Minyak Panas

    Tips sederhana untuk gorengan rendah kolesterol, sebaiknya goreng setelah minyak panas. Titik didih minyak hampir sama seperti air, bahkan lebih cepat, sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama. Kenapa harus dalam kondisi panas, ini akan membuat gorengan lebih cepat matang dan minyak tidak menyerap terlalu banyak.

    Makanan yang di goreng dalam kondisi minyak belum panas, biasanya akan menyerap lebih banyak minyak, sehingga saat di tiriskan terlalu banyak minyak yang tertinggal nantinya. Bahkan gorengan yang digoreng dengan minyak panas, selain lebih cepat hasilnya lebih kering dan renyah. Tapi tidak disarankan menggunakan api terlalu besar, cukup sedang saja.

  3. Hindari Margarin atau Mentega

    Beberapa ibu menanggap jika margarin atau mentega lebih bagus dari minyak goreng, sehingga banyak digunakan untuk menggoreng dan menumis. Ini salah besar, untuk mendapatkan gorengan rendah kolesterol cukup gunakan minyak goreng saja, tanpa tambahan apapun. Ini akan memicu kenaikan kolesterol karena percampuran tersebut.

    Tips Buat Gorengan Rendah Kolesterol

    Sumber : gulalives.co

    Hal ini dikutip dari WebMD.com, diketahui jika menggoreng atau memasak dengan tambahan margarin atau mentega, nantinya akan mengurangi lemak trans (lemak baik) dan bisa meningkatkan kolesterol. Memang rasanya lebih gurih dan lebih cepat matang, namun ini tidak bagus untuk kesehatan jika di konsumsi terus menerus.

  4. Jangan Goreng Kembali Gorengan

    Kebanyakan orang lebih suka makan dalam kondisi hangat, apalagi untuk gorengan. Tapi tidak sehat menggoreng kembali gorengan yang sudah matang, lebih baik makan saja dalam kondisi dingin. Pasalnya ini akan menyebabkan kolesterol dalam minyak semakin banyak, akibat penyerapan saat menggoreng kembali.

    Baca juga : 5 Rekomendasi Makanan Manis Lebih Sehat Pengganti Gula

    Ini juga berlaku jika membuat gorengan setengah mata, ini kebiasaan banyak ibu-ibu agar makanan bisa disajikan dengan cepat. Ada baiknya langsung goreng saja jika ingin makan, hanya perlu menunggu beberapa meni saja, cara sehat untuk mendapatkan gorengan rendah kolesterol. Jadi tetap bisa makan gorengan hingga usia 50 tahun, tanpa khawatir kadar kolesterol meningkat.

  5. Hilangkan Minyak Dengan Tisu atau Kertas

    Masih ada cara satu lagi untuk mengendalikan minyak berlebih pada gorengan, sebaiknya sebelum disajikan tiriskan gorengan di atas kertas atau tisu yang mudah menyerap minyak, biasanya digunakan kertas Koran. Cara ini cukup efektif agar gorengan rendah kolesterol, pasalnya hanya sedikit sekali minyak yang tertinggal di gorengan.

    Bahkan masih ada cara lagi, jika ingin tidak terlalu banyak minyak. Makan dengan kertas minyak dan jangan terlalu cepat, pelan-pelan saja. Ini akan membuat minyak bisa menempel pada tisu seluruhnya, sehingga hanya makan gorengan saja tanpa minyak. Selain itu, minyak juga tidak baik untuk kulit, apalagi jika di konsumsi terlalu banyak.

Bukan hal sulit bukan untuk mendapatkan gorengan rendah kolesterol, selain itu harus bisa kontrol berapa banyak konsumsinya. Jangan sampai lebih dari 4 gorengan setiap harinya, ini juga harus diimbangi dengan konsumsi buah dan sayur. Terlalu banyak gorengan bisa membuat radang tenggorokan dan kulit terasa kering.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Makanan Manis Lebih Sehat Pengganti Gula

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply