Inspiration

Mau Karir Cemerlang Di Tahun Pertama Bekerja, Mulai Terapkan Ini

Semua orang sukses memulai perjalanan karir dari bawah, tidak ada hal yang instan. Maka dari itu, kini anak muda menerapkan kerja cerdas bukan lagi kerja keras. Semua karyawan tidak ingin berada di posisi paling bawah, bahkan mulai dari tahun pertama sudah merencanakan karir cemerlang. Ini sebuah pemikiran yang bagus namun harus diimbangi dengan action tak kenal lelah.

Semua karyawan punya mimpi jadi pimpinan, ini bukan hal mustahil dengan kualitas dan loyalitas semua orang bisa mencapainya. Namun tidak sedikit yang memilih mundur di tengah jalan dengan alasan tak jelas, yang pasti mereka semua menyerah dan tidak ingin bangkit lagi. Anak muda memiliki pemikiran berbeda, mencapai puncak bukan soal waktu namun prestasi.

Baru masuk sebagai karyawan baru dan ingin mendapatkan karir cemerlang, coba lakukan beberapa hal ini pada tahun pertama dan lihat sampai dimana kemampuan yang dimiliki untuk mengantarkan pada posisi terbaik. Tidak sedikit yang berhasil, memang ada banyak yang gagal, tapi apa salahnya dicoba toh ini akan memberikan kebaikan nantinya.

Trik Meraih Karir Cemerlang Di Tahun Pertama

karir cemerlang di kantor

Sumber : star941atlanta.radio.com

  1. Perlihatkan Sisi Terbaik

    Setelah diterima bekerja sebagai karyawan, jangan buat pimpinan menyesal menerima karyawan seperti kamu. Perlihatkan semua sisi terbaik yang dimiliki, first impression memang segalanya. Ini tidak hanya berhenti setelah diterima kerja, hal tersebut akan membuat kamu terlihat menonjol dari pada rekan kerja lainnya.

    Cobalah untuk jadi pribadi yang menyenangkan, sopan dalam berperilaku. Tersenyum jika bertemu dengan orang lain, redakan amarah yang menggebu dan bisa pengendalian diri dengan baik. Ini akan membuat semua rekan kerja menjadi nyaman, kondisi kantor menjadi menyenangkan dan atasan akan melihat kinerja kamu.

  2. Gunakan Kepercayaan Dengan Baik

    Mendapatkan undangan menghadiri acara dari rekan kerja yang sifatnya formal hingga non formal, kenapa tidak pergi untuk berbaur. Memang tidak semua teman kerja memiliki usia seumuran, bahkan banyak yang lebih tua. Coba ambil ilmu dari pengalaman mereka, bicara soal kemampuan, bisa jadi anak baru lebih baik, karena fresh graduate.

    Tapi jika melihat dari pengalaman, ini tidak bisa di banggakan sama sekali. Nilai maksimal tidak akan sepadan dengan pengalaman, karena tidak ada yang bisa membeli atau belajar untuk mendapatkan pengalaman. Ada baiknya mengikuti undangan yang diberikan senior atau atasan, bisa jadi moment yang tepat untuk berbaur agar tidak dikatakan anak baru sok gaya.

  3. Datang Ke Kantor Lebih Pagi

    Bangun pagi tentu akan memberikan banyak kebaikan, salah satunya bisa datang ke kantor lebih baik. Untuk apa? Membersihkan meja? Jangan pesimis terlebih dahulu, datang lebih pagi ke kantor bisa memperlihatkan karir cemerlang. Pertama karena menghargai waktu dan punya waktu untuk membuat perencanaan apa yang akan dilakukan nantinya.

    trik raih karir cemerlang

    Sumber : womenyoushouldknow.net

    Jika datang ke kantor waktu mendesak, sering telat maka akan menjadi kebiasaan buruk yang tidak disukai semua orang, apalagi atasan. Jadi bagaimana akan mendapatkan promosi jabatan, jika tidak bisa memperlihatkan kesan profesionalitas dalam bekerja. Jangan sampai, nantinya muncul kecemburuan karena mendapatkan perlakuan khusus.

  4. Jadi Andalan

    Jika memiliki kemampuan lebih untuk menyelesaikan masalah, kenapa tidak membantu teman yang sedang mengalami kesulitan. Namun dengan catatan semua pekerjaan sudah terselesaikan dengan baik, baru boleh memberikan uluran tangan. Bantuan juga diberikan tidak dengan mengerjakan pekerjaan orang lain, namun membantu menyelesaikannya.

    Baca juga : 4 Persiapan Penting Harus Dilakukan Sebelum Resign Kerja

    Inilah loyalitas yang akan dipertimbangkan oleh kantor, siapa yang tidak suka dengan karyawan yang bisa berbaur dan disukai banyak teman kerjanya. Nantinya saat menjadi pemimpin maka bisa membawa perusahaan menjadi lebih baik, ini karir cemerlang yang diinginkan bukan. Bahkan mencapai posisi pemimpin dengan dukungan semua orang.

  5. Terbuka Dalam Berbagai Hal

    Sesuatu yang ditutupi itu biasanya hal buruk, itulah rahasia yang tidak ingin bocor pada orang lain. Calon pemimpin harusnya bisa berbuka satu sama lain dengan karyawannya, ini dalam hal pekerjaan dan masih dalam koridor profesional. Punya pemikiran idealis memang boleh, namun tidak dalam hal pertemanan sehingga akan dikucilkan nantinya.

    Pemimpin yang baik harus bisa mengayomi semua orang yang ada di bawahnya, bukan ditakuti melainkan disegani. Jika ingin karir cemerlang dengan jadi pemimpin di usia muda. Sebaiknya mulai terbuka dengan rekan kerja, berikan yang terbaik dan loyalitas satu sama lain. Sehingga akan terjadi kompetisi sehat dan tidak akan menjatuhkan satu sama lainnya.

Mencapai karir cemerlang tidak perlu saling menjatuhkan, terbuka dan loyalitas akan memberikan jalan yang lebih baik. Coba lakukan itu semua di tahun pertama, maka akan terlihat mana karyawan yang baik atau sekadar saling menjatuhkan untuk mendapatkan kursi kepemimpinan. Jika memang menerapkan dengan cara buruk, ini bibit pemimpin yang buruk bahkan bisa jadi diktator nantinya.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply