Body & Skin Care

Mau Kulit Cantik dan Sehat? Pastikan Penuhi 5 Kebutuhan Vitamin Penting

Kini hampir semua orang mendambakan memiliki kulit sehat, apalagi wanita yang selalu ingin tampil cantik. Namun ada baiknya bukan hanya memperlihatkan kecantikan dari makeup, namun langsung dari dalam diri. Sehingga kini banyak skin care yang bisa membuat Anda cantik dan sehat, tetapi kenapa orang di zaman dahulu tetap terlihat cantik padahal belum banyak skin care yang dijual bebas.

Hal ini karena memenuhi semua kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh, sehingga kecantikan terpancar dari dalam diri. Maka dari itu, kini banyak wanita modern sangat selektif dalam pemilihan skin care dan makeup, dimana bukan hanya memberikan tampilan wajah berbeda namun juga harus menjaga kesehatan kulit.

Sehingga nantinya kulit cantik dan sehat didapatkan tanpa harus menggunakan banyak produk kecantikan, hal ini karena Anda sudah memperhatikan betul setiap makanan yang di konsumsi. Pasalnya ada beberapa jenis vitamin yang harus dipenuhi, jika memang ingin memiliki kulit sehat dan memancarkan aura kecantikan.

5 Jenis Vitamin Agar Kulit Sehat Dan Cantik

  1. Vitamin A

    Banyak orang mengira jika vitamin A memberikan manfaat untuk mata, namun ternyata dapat juga memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat kurang perawatan atau usia semakin bertambah. Ini akan memberikan dampak besar, mulai dari mencegah dan mengurangi penuaan berupa munculnya kerutan, dapat menyamarkan noda hitam akibat masalah kulit, serta bisa menghaluskan kulit.

    Bagi Anda yang memiliki kulit kering, banyak konsumsi vitamin A dapat melembabkan kulit secara alami. Tetapi disarankan jika untuk mendapatkan menyerapan maksimal vitamin A, konsumsi bersama makanan yang mengandung lemak. Kandungan vitamin A paling bukan hanya terdapat pada wortel, namun ada juga ubi, minyak ikan, produk olahan susu, ubi dan brokoli. Jika Anda tidak ingin ada gangguan akibat sinar UV, maka gunakan krim retinoid pada malam hari, sehingga bisa mencegah dan menonaktifkan sistem kerja retinoid.

    Baca juga : Rupanya Inilah Urutan Memakai Skincare Pagi yang Tepat!

  2. Vitamin C

    Jika Anda ingin mendapatkan kulit sehat dan cantik, maka banyak konsumsi vitamin C. Pasalnya bisa menjadi anti aging alami yang memiliki andil besar pada kesehatan kulit, bukan itu saja terdapat punya kandungan antioksidan, sehingga kulit bisa terlihat satu tingkat lebih sehat dan bersih.

    Lain halnya dengan vitamin A yang harus di konsumsi bersama lemak dan cenderung makanan berat, untuk mendapatkan vitamin C tertinggi, cukup larutkan dalam air. Ini terdapat pada jeruk, jeruk nipis, lemon. Bukan itu saja, ada juga kandungan vitamin C pada timun, brokoli dan tomat, kini bahkan sudah banyak tersedia skin care atau masker dengan kandungan vitamin C tinggi.

  3. Vitamin E

    Hampir sama seperti vitamin C yang dapat mencegah penuaan dini, dalam vitamin E juga terdapat kandungan yang dapat menjadi penangkal radikal bebas, ini sangat diperlukan jika Anda tinggal di kota besar dengan tingkat radikal sangat tinggi. Bahkan sangat berguna untuk menghilangkan stretch mark dari dalam tubuh.

    Anda tidak perlu konsumsi vitamin dosis tinggi, secukupnya saja sudah dapat memberikan pengaruh positif untuk kulit, mulai dari menyamarkan hingga menghilangkan noda. Bukan itu saja, sangat bagus untuk jenis kulit kering karena dapat melembabkan kulit secara alami, ini akan mengembalikan kulit cantik dan sehat secara alami. Jika Anda kesulitan untuk mendapakan minyak dengan kandungan vitamin E tinggi, maka gunakan serum pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

  4. Vitamin B3

    Ini akan sangat cocok jika Anda banyak berada di luar ruangan, sehingga kulit mudah dehidrasi. Tandanya, kulit akan terlihat lebih kemerahan, muncul rasa gatal dan bisa menimbulkan iritasi kulit. Selain itu, Anda juga mendapatkan khasiat kulit menjadi lebih lembab dan menyamarkan bintik hitam sisa jerawat.

    Jika ingin mendapatkan kandungan vitamin B3 yang cukup untuk kebutuhan kulit, pastikan sudah memilih jenis skin care yang tepat, selain itu lebih banyak konsumsi produk susu olahan seperti yoghurt, konsumsi protein seperti hati dan ikan laut yang segar. Pilih sayuran hijau menjadi menu utama, jika ingin sarapan mendadak roti gandum bisa memberikan jumlah cukup vitamin E.

  5. Vitamin K

    Jika bayi akan dijemur untuk memperkuat tulang sehingga menyerap vitamin K dengan maksimal, untuk usia remaja, apalagi untuk kulit kering sangat membutuhkan vitamin K agar kulit bisa kembali sehat. Jika kekurangan vitamin K maka akan terjadi kerusakan pada pembuluh kapiler yang akan menyebabkan terjadinya kantung mata, apalagi jika sering kali begadang.

    Cara mengatasinya adalah konsumsi sayuran hijau, ini mengandung vitamin K dalam jumlah besar. Seperti bayam, brokoli dan kale. Bisa juga konsumsi skin care dengan kandungan vitamin K tinggi, sehingga bukan dari dari dalam namun juga langsung dari luar. Ini dapat mengatasi maslah bekas memar, stretch marks dan menyamarkan bekas noda luka bakar.

Apakah Anda sudah memenuhi semua kebutuhan vitamin di atas? Ini akan membuat kulit cantik dan sehat, sehingga tidak perlu melakukan perawatan terlalu lama dan menghabiskan banyak budget di salon. Selain itu vitamin bukan hanya bagus untuk kulit, namun memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh.

You Might Also Like...

2 Comments

Leave a Reply