Culinary

Mau Minum Anggur Tanpa Merusak Gigi, Ini Caranya

Anggur memang jadi buah dengan harga cukup mahal, namun kini anggur tidak hanya dinikmati langsung dalam dalam bentuk wine. Minum anggur memang bukan kebiasaan masyarakat Indonesia, mengingat iklim yang hangat sehingga tidak membutuhkan tambahan panas melalui minuman. Namun kini sudah banyak yang mengadopsi budaya barat tersebut.

Padahal minum anggur tidak bagus untuk kesehatan, namun ini tetap saja dijalankan. Jika melihat penelitian yang dilakukan New York University, menemukan efek buruk dengan terlalu sering konsumsi minuman dengan tambahan anggur putih. Ini akan meninggalkan noda hitam atau gelap di gigi, sama halnya seperti konsumsi teh dan kopi.

Kenapa ini bisa terjadi, padahal hanya minum anggur saja tanpa tambahan lainnya. Hal ini karena anggur putih dapat menyebabkan timbulkan bintik kasar, hal ini memungkinkan terjadi alur pembuatan bahan kimia, sehingga bisa menembus gigi. Tetapi jangan khawatir, jika suka konsumsi minuman anggur, ada cara minum yang tepat tanpa merusak gigi.

5 Cara Tepat Minum Anggur Tanpa Merusak Gigi

minum anggur

Sumber : deccanchronicle.com

  1. Sikat Gigi Sebelumnya

    Ada baiknya jika ingin makan malam dengan minum anggur, sikat gigi terlebih dahulu. Ini akan mengurangi plak yang sudah menempel di gigi sebelumnya, sehingga tidak akan menyebabkan gigi berlubang. Anggur yang sudah difrementasi ternyata terdapat banyak kandungan bahan kimia yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

    Jika memang ingin lebih baik lagi dan tidak mengalami masalah gigi, sebelum dan sesudah konsumsi minuman anggur, terlebih anggur putih sikat gigi. Hal ini sangat dianjurkan oleh semua dokter gigi, pasalnya waktu sikat gigi paling efektif adalah sebelum dan sesudah makan, untuk menghilangkan plak dan sisa makanan.

  2. Sikat Gigi Setelah Minum Anggur Satu Jam Kemudian

    Bukan hanya sebelum minum anggur, namun disarankan untuk gosok gigi kembali jeda satu jam setelah konsumsi minuman dengan kandungan anggur tinggi atau minuman yang di fermentasi dengan anggur. Sehingga terhindar dari masalah gigi, bukan itu saja tingkat keasaman yang tinggi pada anggur dapat membuat enamel gigi semakin melemah.

    Apalagi jika memiliki gigi sensitif, entah itu sudah mendapatkan perawatan atau sedang dalam perawatan. Lebih amannya memang sikat gigi sebelum dan sesudah makan, sehingga tidak ada sisa makanan yang berpotensi menimbulkan masalah gigi. Hal ini banyak diabaikan dan menyebabkan gigi berlubang.

  3. Makan Keju Keras

    Seperti kita tahu, keju merupakan produk fermentasi susu. Kenapa setelah minum anggur disarankan untuk makan keju, apalagi yang masih dalam bentuk kotak dan keras tanpa diolah sama sekali. Hal ini karena keju yang masih keras memiliki tingkat kadar asam rendah, selain itu kaya akan kandungan serat yang dibutuhkan tubuh.

    wanita minum anggur

    Sumber : bbc.com

    Saat minuman anggur dimakan bersama keju, maka alir liur akan mengalir lebih deras, sehingga sisa anggur yang ada dalam gigi bisa hanyut dalam sisa pembuangan. Selain itu dapat menempel pada enamel dan menyeimbangkan pH di mulut. Selain itu, keju juga punya banyak kandungan sehat dan bermanfaat untuk pencernaan.

  4. Kunyah Permen Karet

    Ini kebiasaan yang banyak dikatakan buruk, bahkan bisa merusak kesehatan gigi. Pasalnya makan permen karet bisa berjam-jam dan tidak akan habis, apalagi jika tertelan sangat berbahaya. Namun jika ingin mengurangi dampak buruk minum anggur dengan permen karet, pilih yang bebas gula dan kunyah kurang lebih 20 menit.

    Baca juga : Rekomendasi Menu Di Starbuck Favorit Seleb Hollywood

    Mengunyah permen karet akan membuat produksi air liur meningkat, inilah yang akan membersihkan noda pada gigi, sehingga tidak menempel, menyebabkan plak hingga gigi berlubang. Selain itu, setelah minum anggur biasanya mengeluarkan aroma yang bisa jadi tidak disukai, permen karet bebas gula biasanya menggunakan aroma mint yang menyegarkan bau mulut.

  5. Air Putih

    Jika tidak menemukan apapun untuk menetralkan konsumsi anggur, minum saja air putih. Ini minuman sehat yang bisa menetralkan apapunm bahkan menyehatkan untuk tubuh, ada baiknya minum air putih setelah minum anggur, sehingga sisa anggur tidak akan menempel pada gigi dan menyebabkan masalah gigi berlubang.

    Namun ternyata setelah dilakukan penelitian, air soda lebih baik mengatasi masalah anggur yang telah di fermentasi tersebut. Hal ini karena kandungan soda yang menyegarkan dan bisa menetralkan kandungan kimia yang ada pada anggur, namun pastikan tidak terlalu banyak karena bisa memabukkan jika di konsumsi bersamaan.

Ada banyak cara bukan untuk mengatasi masalah minum anggur, cara paling sehat dengan rajin gosok gigi, sebelum dan sesudah konsumsi. Bahkan bisa juga konsumsi air putih lebih banyak, sehingga efek negatif bisa dinetralkan dengan baik. Selain itu, dapat juga mengurangi aroma tak sedap yang muncul setelah konsumsi.

Baca Juga:  Resep Membuat Martabak Manis di Rumah ala Devina Hermawan

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply