Body & Skin Care

Mau Tidur Nyenyak Di Malam Hari, Coba Lakukan Hal Ini

Tidur nyenyak di malam hari merupakan keinginan setiap orang, karena inilah waktu paling tepat untuk menginstirahtkan seluruh tubuh, agar keesokan harinya bisa segar dan menjalani hari dengan semangat. Namun sayangnya, tidak semua orang mendapatkan tidur nyenyak, bahkan bangun tidur dalam kondisi menggerutu.

Hal ini dikarenakan beberapa faktor, mulai dari waktu tidur yang kurang, posisi tidur tidak pas, kondisi tubuh sedang tidak sehat hingga mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Ini akan membuat Anda tidak bersemangat, bahkan enggan untuk sarapan pagi. Akibatnya, bisa mengantuk di jam kerja, sangat merugikan bukan.

Maka dari itu, untuk mendapatkan tidur nyenyak di malam hari Anda harus melakukan beberapa hal, sebenarnya hal sepele saja. Ini bisa dilakukan siapa saja, untuk mendapatkan tidur berkualitas. Tidak ada salahnya mencoba bukan, ini akan memberikan kenyamanan dan bangun lebih bersemangat lagi. Caranya mudah kok, coba langsung buktikan saja.

4 Cara Mudah Dapat Tidur Nyenyak Di Malam Hari

tidur nyenyak di malam hari

Sumber : stylecraze.com

  1. Kamar Dalam Kondisi Gelap

    Anda memang bisa tidur dalam kondisi apapun, namun untuk mendapatkan tidur nyenyak di malam hari. Kondisi kamar gelap lebih memudahkan Anda memejamkan mata, memang awalnya tidak perlu gelap seluruhnya, namun buat kondisi kamar lebih temaram dengan menggunakan bola lampu warna kuning.

    Ini akan membuat kesan mengantuk, hangat dan tenang. Bahkan hati pikiran dan perasaan jadi lebih tenang dan tidak membawa beban pikiran selama tidur nantinya, jika memang sudah bisa tenang. Bisa mematikan seluruh lama. Sehingga otak akan berhenti berpikir sejenak dan tertidur dengan nyaman, hal ini coba diterapkan secara bertahap.

  2. Suhu Kamar Lebih Dingin

    Di musim kemarau, tentu suhu kamar akan meningkat. Biasanya akan menggunakan kipas angin atau pendingin ruangan, ini memang akan membuat tidur Anda lebih nyaman. Pasalnya tidak akan merasakan gerah, akibat produksi minyak berlebih. Selain itu, dapat juga mengatasi masalah biang keringat yang bisanya muncul pada anak-anak.

    Baca juga : Rawat Kecantikan Kulit Dengan 4 Vitamin Ini

    Jika tidak menggunakan pendingin ruangan, coba buka jendela tertinggi sehingga angin dari luar bisa masuk dan sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Bisa juga sebelum tidur mandi terlebih dahulu, namun tidak disarankan mandi malam hari, karena bisa membuat tubuh terasa kaku karena otot menegang, akibat terjadi penurunan suhu.

  3. Gunakan Aroma Terapi

    Masih juga belum mendapatkan tidur nyenyak di malam hari, coba ganti pengharum ruangan yang Anda gunakan. Anda lebih nyaman berada di tempat yang harum bukan, dari pada harus berada di ruangan sempit dengan bau menyegat. Coba gunakan aroma terapi, bisa dengan lilin atau uap alami, sehingga timbul rasa kantuk.

    cara tidur nyenyak di malam hari

    Sumber : stylecraze.com

    Sudah di jual banyak jenis wewangian yang bisa digunakan di kamar, ini aman dan membuat Anda tidur lebih nyenyak. Beberapa orang sudah membuktikan hal tersebut, biasanya digunakan aroma lavender atau pinus, ini akan menimbulkan rasa kantuk setelah menciumnya. Anda tidak akan sadar telah tertidur, saat bangun juga lebih bersemangat dengan aroma tersebut.

  4. Tanpa Bunyi

    Ruangan yang terlalu ramai dengan bunyi, tentu membuat Anda tidak bisa tidur. Maka dari itu, coba hilangkan semua sumber bunyi. Pastikan sudah setting smartphone dalam kondisi hening dan tanpa gangguan, beberapa orang akan terbangun hanya karena suara kecil. Ini memang kepekaan masing-masing, namun setelah terbangun tidak bisa tidur lagi.

    Jika memang rumah berada di lokasi yang cukup ramai, coba tambahkan peredam suara atau dengarkan instrumen dan musik klasik. Ini akan membuat Anda jatuh tertidur, bahkan akan merasakan tidur nyenyak di malam hari. Ini cara mudah yang digunakan banyak orang, coba lakukan sendiri dan rasakan manfaatnya.

Ada banyak lagi cara sederhana untuk mendapatkan tidur nyenyak di malam hari, namun Anda harus pastikan jika tubuh mendapatkan istirahat yang cukup. Minimal 5 jam setiap malam hari, ini semua untuk mengembalikan kondisi tubuh. Selain itu, otak juga butuh waktu istirahat yang cukup, jangan terpotong karena membuat Anda mudah mengantuk.

Baca Juga:  Cara Cerdas Atasi Bibir Kering Saat Beraktivitas

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply