Cara Atasi Mendadak Mellow
Lifestyle

Mendadak Mellow, Coba Lakukan Ini Supaya Jadi Bahagia

Hampir semua dari kamu, pernah mengalami kondisi mendadak mellow. Ini bukan hanya karena masalah hati, namun mood juga bisa memengaruhi suasana hati kamu. Coba perhatikan, saat sedang senang, tiba-tiba kamu merasa sedih karena mengingat kenangan lama atau hanya melihat kucing yang tertabrak kendaraan dan dibiarkan begitu saja di tengah jalan.

Ternyata perubahan mood kamu ini dipengaruhi reaksi kimia di dalam tubuhmu, ini jika berdasarkan kesehatan loh ya. Dimana seseorang akan mengalami perubahan suasana hati dalam hitungan detik, karena terjadi lonjakan hormon tertentu. Reaksi ini bukan hanya dari makanan namun juga kegiatan yang sedang kamu lakukan sekarang ini.

Jika reaksi menunjukkan hal positif, maka tidak masalah, kamu berjalan ke arah yang benar. Tapi jika kondisi mendadak mellow membuat kinerja jadi pasif, tidak lagi produktif dan parahnya merugikan orang lain. Kamu harus bisa mengatasinya, jangan sampai kamu di cap sebagai ‘moody’ dan akan menghalangi masa depan kamu nantinya.

4 Jenis Hormon Sering Kali Membuat Kamu Mendadak Mellow

Cara Hindari Mendadak Mellow

Sumber : shop.lululemon.com

  1. Hormon Endorfin

    Mau tubuh sehat dan tidak mudah sakit, apalagi saat kerjaan dan deadline menumpuk, kamu tentu tidak mau stres. Pastikan tubuh mendapatkan hormon endorfin secara cukup, bahkan jika bisa lebih. Ini akan membuat otak jadi lebih tenang, bisa berpikir dengan baik dan tidak mudah emosi. Kamu akan merasakan ini semua saat makan makanan pedas, bukan hanya sensasi di lidah, namun saat mengeluarkan keringat, hormon endorfin akan menghindari kemungkinan mendadak mellow.

    Ini juga terjadi saat kamu sedang olahraga dan mulai mengeluarkan keringat, hormon endorfin akan berproduksi lebih banyak dari sebelumnya. Coba perhatikan lagi, semua orang setelah berolahraga jadi lebih bahagia, tersenyum meskipun lelah dan capek setelah berlari atau mengikuti olahraga lainnya, coba rasanya di hari libur kamu.

  2. Hormon Serotonin

    Kenapa negara tropis selalu jadi destinasi liburan paling diinginkan di musim panas, karena sinar matahari bisa membuat kamu jadi lebih bahagia. Belum pernah merasakan, coba berada di bawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi, kamu akan merasa lebih baik, tekanan, stres dan depresi dapat menurun. Pasalnya hormon serotonin sedang di produksi lebih banyak, sehingga kamu tidak akan mengalami mendadak mellow.

    Hal ini karena sinar matahari jadi sumber vitamin D, jika tercukupi sesuai kebutuhan tubuh, maka pelepasan hormon serotonin semakin cepat dan banyak. Ini akan membuat kamu jadi bangga dan bisa menerima kondisi sekarang, cocok untuk kamu yang sedang terpuruk atau dalam kondisi gagal. Menerima kondisi yang tidak sama seperti orang lain bukan hal mudah, ini harus datang dari diri kamu sendiri.

    Mendadak Mellow Pergi Saja Ke Pantai

    Sumber : netdna-ssl.com

    Selain itu, untuk bisa jadi lebih bahagia, bisa rutin minum susu, jika bisa susu segar. Hal ini karena terdapat kandungan tryptopan, zat yang akan dapat diubah menjadi hormon serotonin dalam tubuh. Itulah sebabnya, anak-anak wajib minum susu setiap pagi hari, agar mengawali hari dengan ceria dan bisa belajar di sekolah dengan baik, kamu juga bisa mendapatkan itu semua hingga usia dewasa dengan minum susu.

  3. Hormon Dopamin

    Ini merupakan hormon yang memberikan kesenangan sesaat, sayangnya banyak pihak yang menyalahkan dopamin sebagai dooping agar tetap terjaga sepanjang hari. Selain itu, kamu juga terlihat lebih ceria dan seperti tidak punya masalah apapun. Ini bisa berupa pil, kapsul atau minuman, akibatnya merusak kesehatan jangka panjang.

    Baca juga : Hindari 5 Makanan Untuk Membuang Kebiasaan Insomnia

    Jika kamu ingin terhindar dari kondisi mendadak mellow, bisa mendapatkan hormon dopamine dengan cara sehat dan benar. Mulai menata diri dengan baik, koreksi setiap kesalahan dan cari celah untuk memperbaikinya. Motivasi diri sendiri untuk lebih baik dan mampu bangkit dari keterpurukan. Selain itu, konsumsi makanan tinggi protein, ini akan membuat hormon dopamin selalu di produksi setiap harinya.

  4. Hormon Oksitonin

    Hormon yang akan didapatkan setelah punya pasangan sah di mata hukum dan agama, ini merupakan hasil dari hubungan suami istri atas nama cinta, bukan paksaan. Hormon cinta, memang tidak selalu didapatkan setelah hubungan suami istri, namun kondisi memeluk pasangan, nyaman bersamanya hingga percaya satu sama lain.

    Ini akan membuat hidup jadi lebih hidup, bahkan tidak sedikit survei yang menyebutkan, jika tingkatan hidup seseorang akan meningkat setelah memiliki pasangan. Hal tersebut memacu dari hubungan tersebut, saat kamu bisa berbagi semua hal, baik susah dan senang. Bisa memberikan semangat dan tidak merasa sendiri.

Semua hormon di atas memang bisa membuat kamu jadi lebih bahagia, tapi cara efektif untuk mencegah mendadak mellow datang dari diri kamu sendiri. Cobalah untuk selalu berpikiran positif dengan semua yang terjadi, pasti dibalik suatu kejadian ada hikmah yang bisa kamu ambil pelajarannya. Selain itu, cobalah untuk terbuka dengan orang lain, keluarga misalnya, sehingga kamu tidak akan merasa sendirian.

Baca Juga:  Hobi di Masa New Normal yang Mendadak Muncul, Apa Saja Ya?

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply