Culinary

Menu Makanan Sehat Harian Untuk Atasi Perut Kembung

Sering alami perut kembung? Ini bukan karena terlalu banyak minum apalagi air putih, melainkan salah menu makanan. Kebanyakan orang yang sedang kelaparan akan makan apapun makanan yang disajikan, padahal ini jadi penyebab utama kesalahan fungsi pencernaan. Maka dari itu untuk atasi perut kembung dadakan, sebaiknya mengubah menu makanan sehat.

Bukan hanya makanan berat, melainkan camilan yang jadi makanan sementara sebelum jam makan. Ini ternyata turut andil dalam masalah pencernaan, pasalnya perut menjadi lambat dalam mencerna. Hal ini akan membuat perut terlihat lebih buncit, sesuatu yang cukup buruk untuk penampilan, apalagi jika masih jam kantor.

Jangan sampai menolak makanan yang ditawarkan orang lain, karena ini akan menyinggung. Tapi bagaimana jika tiba-tiba perut jadi lebih buncit dan membuat penampilan semakin buruk. Bahkan lebih parahnya lagi, jika sampai alami sakit perut. Maka dari itu, harus bisa atasi perut kembung dengan cepat dan cerdas. Ini dapat dilakukan dari makanan yang di konsumsi, sehingga tidak akan ada masalah saat jamuan makan.

Menu Makanan Sehat Dapat Atasi Perut Kembung

Makanan Atasi Perut Kembung

Sumber : eatcleanme.com

  • Menu Sarapan

    Disarankan makanan di pagi hari tidak perlu terlalu berat, ringan saja namun bisa membuat perut tenang. Pasalnya dalam satu hari, kamu membutuhkan 2.000 kalori dengan serat minimal 25 gram, bahkan untuk pencegahan kanker, apalagi jika ada faktor genetika disarankan konsumsi serat minimal 30 gram setiap harinya. Jangan terlalu banyak, inilah yang menyebabkan perut kembung.

    Coba konsumsi menu oatmeal, bukan hanya sereal yang hambar dan terasa eneg di pagi hari, coba tambahkan dengan buah-buahan segar, seperti blueberry, kenari dan bisa menambahkan sirup marble. Ditambahkan dengan susu kedelai tanpa pemanis, ini sudah mencukupi hingga 370 kalori dengan kandungan serat 8,4 gram.

    Masih kurang kenyang, bisa mendapatkan camilan tambahan seperti buah apel. Satu buah apel memiliki kalori hingga 93 dengan kandungan serat 4.3 gram. Ini sangat sehat, bahkan disarankan untuk wanita yang sedang menjalani program diet. Ini tentu lebih menyenangkan dan tidak membuat lapar, bahkan bisa jadi camilan malam.

  • Menu Makan Siang

    Cobalah hidup sehat dengan makanan yang tidak di masak terlalu lama, seperti umbi-umbian. Ini bisa jadi pengganti nasi yang cukup sehat, pasalnya mengandung serat tinggi dang anti nasi dengan nasi merah, ini lebih sehat dan mengandung serat tinggi. Ada baiknya konsumsi dalam bentuk segar, seperti salad.

    Menu Sehat Atasi Perut Kembung

    Sumber : idntimes.com

    Menu sehat seperti ubi jalar panggang dengan tambahkan salad quinoa bisa jadi pilihan, ini banyak jadi pilihan anak milenial yang tidak punya banyak waktu istirahat namun tetap ingin hidup sehat. Bahkan kandungan serat tinggi bisa atasi perut kempung, bahkan tidak membutuhkan minum terlalu banyak. Menu makan siang ini cukup rendah kalori, hanya 484 kalori dengan 12,6 gram serat, bahkan memiliki kandungan protein hingga 15,8 gram.

  • Camilan Siang Sehat

    Jika merasa lapar di jam tanggung seperti jam 3 sore, tidak mungkin makan lagi karena bisa menyebabkan perut kembung. Untuk mengatasi rasa lapar, sebaiknya cari hummus atau wortel. Pasalnya memiliki kandungan kalori rendah namun tinggi serat. Bayangkan saja, dalam satu sendok makan hummus memiliki kandungan 35 kalori dengan 0.5 gram serat.

    Baca juga : Resep Diet Cerdas Turunkan Berat Badan Dalam Satu Bulan

    Sedangkan makan 8 batang sedang wortel bisa mendapatkan 28 kalori dan 1,4 gram serat, ini cukup efektif untuk atasi perut kembung akibat makan camilan di siang hari. Ini juga bisa menurunkan perut buncit yang sering jadi masalah, cocok untuk pria dan wanita tanpa harus menekan perut terus menerus saat menggunakan pakaian ketat.

  • Menu Makan Malam

    Kata siapa diet harus menghilangkan jam makan malam, ada baiknya tetap memberikan konsumsi makana berat, agar bisa tidur dengan nyenyak. Namun hindari karbohidrat tinggi, pasalnya sudah tidak ada pembakaran lemak lagi nantinya. Coba pilih menu tinggi protein, seperti salmon. Sebaiknya pilih dengan menu panggang atau rebus, untuk mengurangi kandungan lemak.

    Kombinasikan salmon panggang dengan sayuran hijau, seperti kacang hijau, kacang polong hingga tomat segar. Ini akan tetap enak di makan dan efektif atasi perut kembung di malam hari, pasalnya tidak mengandung air terlalu banyak. Tidak perlu menambahkan terlalu banyak bumbu, cukup garam dan lada saja. Ini sudah memberikan 410 kalori dengan 5,4 gram serat. Cukup untuk serat harian yang dibutuhkan tubuh.

Jika menerapkan menu sehat di atas yang terbukti efektif bisa atasi perut kembung, setiap harinya akan mendapatkan minimal 1,400 kalori dengan 32, 6 gram serat dan tambahan 79,5 gram protein. Angka yang cukup aman dan baik untuk tubuh, tidak akan merasa lemas dan tetap bisa beraktivitas seperti biasanya.

Baca Juga:  5 Alternatif Pemanis Alami Pengganti Gula, Nggak Kalah Enak!

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply