Lifestyle

Menurut Para Ahli, Ada 5 Bukti Anda Termasuk Perfeksionis

Perfeksionis memang sifat cukup ektrem, namun sebenarnya ingin dimiliki semua orang. Siapa yang tidak ingin tampil sempurna, bukan hanya dari penampilan namun kehidupan. Dimana bisa memiliki segalanya di tangan, namun ternyata ada sisi buruk dari sifat tersebut. Hal inilah yang harusnya dihindari.

Sifat serba sempurna membuat Anda tidak mudah mempercayai orang lain, padahal jika bekerja harus bisa secara team bukan lagi individu. Anda akan merasa lebih lelah dan semakin tekanan dipikul sendiri, sudah jelas sangat melelahkan bukan. Namun sikap ini selalu muncul, apalagi jika Anda sudah punya power seperti kekuasaan misalnya.

Si perfeksionis memang tidak akan terlihat begitu saja, namun ini bisa terlihat dari tanda-tandanya. Hal yang sangat terlihat adalah banyak berpikir dan suka melakukan hal ekstrem atau tak biasa, sehingga terlihat aneh. Inilah orang yang memiliki sikap serba ingin sempurna, bukan itu saja ada beberapa hal lain yang bisa menjadi penandanya.

5 Bukti Nyata Anda Seorang Perfeksionis

tanda si perfeksionis

Sumber : hellosehat.com

  1. Tidak Suka Penundaan

    Anda tidak suka menunda pekerjaan dan langsung ingin menyelesaikan dengan baik, sudah jelas masuk tanda si perfeksionis. Dimana tidak suka melihat satu pekerjaan tidak selesai, bahkan hanya melihat begitu saja. Terasa gatal untuk menyelesaikannya, sehingga tidak ada lagi beban. Ini memang sifat baiknya, namun ada sisi buruknya.

    Mereka yang suka kesempurnaan, tidak ingin mengenal kata gagal. Sehingga akan melakukan semaksimal mungkin, bahkan terkadang mengabaikan kebaikan dirinya sendiri. Namun jangan kaget, mereka yang suka hal sempurna, sering kali menghindari pekerjaan yang dirasa tidak bisa diselesaikan dengan baik, memang terkesan pemilih namun sekali bekerja hasilnya tidak pernah mengecewakan.

  2. Kesulitan Di Akhir Pekerjaan

    Menginginkan semua hal yang sempurna, memang bukan sesuatu yang mudah. Inilah kesulitan yang akan dihadapi si perfeksionis, setelah menjalankan prosesnya, tentu akan mengalami kesulitan atau hambatan. Ini hal biasa, namun mereka yang suka terlihat sempurna, pasti akan galau dan bingung di tahap akhir, karena sudah jelas ingin hasil sempurna.

    Baca juga : Redakan Stres Hanya Butuh Satu Menit? Ikuti Caranya!

    Hal ini akan merepotkan orang lain, karena Anda akan meminta perdapat rekan kerja lainnya tentang pekerjaan tersebut. Sebenarnya mereka yang suka dengan hal sempurna, sering kali mengalami krisis percaya diri. Karena selalu ingin melihat, apakah orang lain menyukai hal tersebut atau hanya dirinya saja.

  3. Tidak Suka Pendelegasian

    Karena sulit mempercayai orang lain, maka semua hal akan dilakukan sendiri. Bahkan si perfeksionis tidak akan memberikan kesempatan untuk kunjungan atau tugas luar kota atas nama dirinya pada orang lain. Bisa dibilang tidak suka dengan adanya pendelegasian atas nama dirinya, sehingga memilih untuk pergi sendiri dengan membawa asisten.

    keburukan perfeksionis

    Sumber : hellosehat.com

    Ini memang cukup sulit, apalagi jika Anda ingin semua pekerjaan harus berakhir sempurna, karena semua orang bisa melakukan kesalahan bukan. Dimana membuat tingkat stres meningkat, hal ini dipengaruhi tekanan yang tinggi, banyak sekali tanggung jawab yang dipikul seorang diri dan enggan untuk berbagi pada orang lain.

  4. Sulit Bersolialisasi

    Jangan heran, mereka yang perfeksionis tidak akan memiliki banyak teman. Siapa yang baru berteman dengan orang yang suka semua hal sempurna, pasalnya kekurangan bukan hal cacat dan ini sudah menjadi pemakluman. Selain itu, Anda juga sulit berada di tengah keramaian dan lebih memilih menyendiri dan tidak menyukai kegaduhan.

    Hal yang membuat Anda tidak punya banyak teman, karena tidak bisa menerima penolakan. Tidak semua keinginan Anda harus dituruti bukan, bahkan bawahan juga akan merasa jenggah dengan hal tersebut. Ini keburukan yang harus dirubah, pasalnya Anda hidup bermasyarakat dimana semua orang memiliki kepentingan berbeda.

  5. Sulit Melupakan Kesalahan

    Anda sering kali terbayang dengan kesalahan di masa lalu, cobalah untuk move on. Ini bukan hanya untuk mereka yang patah hati, namun untuk Anda yang mengalami sakit hati karena pekerjaan tidak berjalan sesuai keinginan. Cobalah untuk berdamai dengan masa lalu dan lihat ke depan, masih banyak yang bisa dirubah dari pada meratapi masa lalu.

    Mereka yang perfeksionis, biasanya melihat kesalahan di masa lalu dan berjuang untuk tidak lagi mengalami hal serupa. Ini memang bagus, namun ada kalanya Anda harus bisa berdamai dengan masa lalu dan melupakan kesalahan sebelumnya. Sehingga bisa membuat Anda lebih tenang, bisa bekerja lebih baik dan mendapatkan hasil sesuai keinginan.

Memiliki jiwa perfeksionis memang bagus, semua hasil kerja Anda akan mendapatkan pujian. Namun ada sisi negatifnya, dimana akan sulit mendapatkan teman, tidak bisa menerima penolakan dan tidak ingin hasil akhir yang buruk. Setiap orang punya kesalahan bukan, kenapa tidak mencoba memperbaikinya.

Baca Juga:  Tips Atur Finansial bagi Ibu Rumah Tangga, Harus Melek Keuangan Ya!

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply