Lifestyle

Sedang Merasakan Stres saat WFH? Begini Solusi Mengatasinya!

Stres saat WFH alias work from home rasanya dialami hampir seluruh karyawan. Meski tidak lagi bekerja rutin di kantoran seperti biasa, ternyata masalah pekerjaan tetap muncul. Hal ini menjadi masalah besar bagi orang-orang yang belum terbiasa bekerja dengan sistem ini.

Apakah kamu juga sedang merasakan stres saat WFH? Agar kamu bisa mengelola rasa stresmu tersebut, berikut ada beberapa solusi sederhana yang bisa kamu lakukan. Semoga membantumu selama masa WFH ini ya.

Buat Jadwal Kerja

Buat Jadwal Kerja

sumber: Pexels

Pemicu stres paling besar saat bekerja dari rumah adalah jam kerja yang berantakan. Mungkin kamu merasa beberapa hari ini justru sangat sibuk bekerja dari pagi hingga malam. Bahkan, ada rapat di malam hari pun terpaksa kamu ikuti via video conference.

Batasi kesibukanmu yang berlebihan ini dengan memiliki jam kerja layaknya bekerja di kantor. Komunikasikan juga masalahmu ini dengan atasan dan katakana bahwa kamu punya jadwal kerja. Ini dapat membantumu memanajemen waktu dan mengingatkan diri sendiri untuk tahu batas-batas waktu dalam bekerja.

Miliki Waktu Istirahat yang Cukup

Miliki Waktu Istirahat yang Cukup

sumber: Pexels

Percuma saja memaksakan diri bekerja kala badan dan pikiranmu sudah benar-benar lelah. Oleh sebab itu, taatilah jadwal kerjamu dengan disiplin juga. Berhenti dan istirahatlah saat sudah waktunya rehat bekerja.

Baca Juga:  Hindari 5 Makanan Untuk Membuang Kebiasaan Insomnia

Terlalu asyik bekerja bisa membuatmu lupa waktu, termasuk waktu untuk makan, istirahat, dan tidur. Jangan sampai pekerjaanmu masih harus diselesaikan hingga larut malam ya. Ingat, kamu butuh tidur berkualitas agar bisa bangun dengan lebih segar.

Lakukan Hal Menyenangkan saat Akhir Pekan Tiba

Lakukan Hal Menyenangkan saat Akhir Pekan Tiba

sumber: Pexels

Hindari stres saat WFH dengan melakukan hobi yang kamu sukai. Ambil jeda waktu untuk sama sekali tidak bekerja ketika akhir pekan. Lagipula, bukankah banyak kegiatan seru baru yang kamu miliki selama banyak di rumah saja?

Jika bosan berakhir pekan tanpa kegiatan, cobalah untuk sesekali memasak. Buatlah menu-menu praktis kesukaanmu agar hatimu ikut senang. Selain bisa mengenyangkan perut, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu jajan.

Seringlah Berkomunikasi dengan Keluarga

Seringlah Berkomunikasi dengan Keluarga

sumber: Pexels

Bagi anak rantau, bertemu dengan keluarga mungkin menjadi kerinduan yang tiada terperi setiap hari. Maka, manfaatkan pula waktu senggang untuk berkomunikasi dengan keluarga di rumah. Jangan simpan rasa cemasmu sendirian, tetapi bagilah sedikit gelisahmu pada keluarga.

Dengan begitu, setidaknya beban di pundakmu dapat terangkat sedikit. Meski hidup saling berjauhan, bukan berarti kamu tidak bisa tetap berhubungan baik dengan keluarga. Energi positif dan kasih sayang keluarga dapat menambah suntikan semangat buat kamu yang mulai stres gara-gara pendemi Covid-19 ini.

Baca Juga:  Wanita Super Sibuk Tetap Bisa Memasak, Ikuti Tips Mudahnya

Stres saat WFH sangat wajar dialami sebagian besar orang. Kamu tidak perlu berpura-pura baik-baik saja saat kondisimu memang sedang tidak baik. Yang terpenting adalah bagaimana kamu menemukan jalan untuk keluar dari rasa stres ini. Semangat!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply