Lifestyle

Mulai Bosan Di Kantor, 5 Cara Kembalikan Semangat Kerja

Kini sedang tersebar virus bosan dengan pekerjaan, padahal Anda memilih sendiri pekerjaan tersebut. Ternyata banyak orang bekerja tidak sesuai passion atau keinginannya, hal ini membuat pekerjaan jadi hal membosankan. Tetapi jika Anda tidak ingin kehilangan pekerjaan yang membosankannya ini, ada cara untuk mengembalikan semangat kerja dan bisa dilakukan setiap harinya.

Kebosanan memang bisa muncul dari mana saja, mulai dari diri sendiri, lingkungan bahkan pekerjaan yang Anda geluti sekarang ini. Sehingga saat kembali bekerja akan malas, enggan bahkan pekerjaan jadi tidak lagi produktif. Ini jadi sinyal Anda sudah bosan, ingin mendapatkan pekerjaan baru tidak mudah namun melanjutkan semakin melelahkan.

Ada baiknya memotivasi diri sendiri, ini memang tidak mempan jika dilakukan sekali dua kali saja. Coba praktekkan setiap harinya, maka akan memberikan dampak berbeda. Berikut ini ada beberapa cara untuk bisa mengembalikan semangat kerja, namun ini kembali lagi harus datang dari keinginan sendiri bukan dari orang lain.

5 Hal Yang Dapat Mengembalikan Semangat Kerja Kembali

kembalikan semangat kerja

Sumber : hipwee.com

  1. Pelajari Hal Baru

    Anda tentu akan melakukan hal sama setiap harinya, karena ditempatkan di satu divisi yang sama. Ada baiknya jika mulai bosan, lakukan hal berbeda. Bisa meminta dipindahkan ke divisi yang berbeda namun masih Anda kuasai, awalnya memang sulit namun jika beradaptasi dengan baik maka bisa mendapatkan produktivitas kerja kembali.

    Penyegaran dengan melakukan hal berbeda, memang efektif mengembalikan semangat kerja. Jika memang tidak bisa pindah divisi kerja, coba lakukan hal menyenangkan setelah jam pulang kerja. Sesuatu yang belum pernah dilakukan, dahulu bisa jadi tidak berani, kenapa sekarang tidak. Lakukan ini untuk bersenang-senang, sehingga kebosanan akan menguap sendirinya.

  2. Mulai Cari Peluang

    Bisa jadi Anda bosan dengan pekerjaan karena hanya bertahan di satu jabatan yang sama, kenapa tidak meraih posisi yang lebih tinggi. Caranya, coba tingkatkan produktivitas kerja dan loyalitas untuk perusahaan, atasan pasti akan melihat perbedaan dan memberikan rekomendasi untuk kenaikan jabatan.

    Baca juga : Mulai Lelah Tanpa Alasan Saat Bekerja, Kenali Tanda Alami Burnout

    Sudah jelas, adanya kenaikan jabatan pasti income bulanan akan semakin banyak, sehingga Anda bisa meningkatkan gaya hidup menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Cobalah mulai sekarang, fokus pada pekerjaan sendiri, jangan memikirkan jobdesk atau urusan orang lain. Percayalah ini akan memberikan dampak positif, bahkan produktivitas kerja semakin meningkat.

  3. Buatlah perubahan

    Setiap orang senang dengan hal baru dan perubahan, jika memang tidak bisa mengontrol skitar, kenapa tidak memberikan semangat dari dalam diri sendiri. Cobalah untuk membuat perubahan di tempat kerja, sekecil apapun yang harus Anda sadari sendiri. Misalkan berangkat kerja lebih awal dengan menggunakan sepeda, ini bisa jadi olahraga pagi yang menyenangkan.

    Cara Kembalikan Semangat Kerja

    Sumber : rockingmama.id

    Bisa juga melakukan make over pada tempat kerja, bisa mengganti wallpaper di kubikel, menempelkan kata semangat bahkan membawa foto orang kesayangan. Beberapa orang mengatakan ini bisa mengembalikan semangat kerja, dimana motivasi dari diri sendiri akan membuat Anda ingat untuk apa kerja keras selama ini.

  4. Lakukan Hobi Menyenangkan

    Hanya mendapatkan jatah libur dua hari dalam sepekan, ini bukan masalah jika bisa merencakan hal menyenangkan. Biasanya para wanita akan memilih melakukan ‘me time’ dengan memanjakan diri atau berbelanja, sedangkan laki-laki lebih menyukai hal menantang. Seperti melakukan olahraga dengan teman dekat atau rekan kantor, bisa juga waktunya untuk melakukan hobi.

    Jangan meninggalkan hobi hanya karena bekerja, banyak orang tetap bisa melakukan kesukaan di sela jam kantor, bahkan setelah pulang kantor. Misalkan, Anda punya hobi fotografi, kenapa tidak memotret di jam pulang kerja, bisa juga pergi ke tempat jauh yang belum pernah dikunjungi untuk mendapatkan bidikan foto menarik.

  5. Lihat Lagi Perjalanan Karir

    Sebelum memutuskan untuk menyerah, lihat lagi apa yang sudah Anda lakukan dalam perusahaan ini. Sudah jelas, datang dari karyawan terbawah dengan gaji paling kecil. Sekarang Anda sudah menempati posisi penting, dimana tidak ingin lagi mengulang dari bawah di perusahaan lainnya bukan. Pikirkan ini kembali, agar bisa mendapatkan semangat kerja di keesokan harinya.

    Apa yang Anda dapatkan sekarang, belum tentu bisa didapatkan orang lain. Masih banyak yang iri dan ingin menempati posisi tersebut, ada baiknya bersyukur dengan pencapaian selama ini dan berpikir ulang untuk melepaskan begitu saja. Sudah ada banyak hal yang Anda korbankan bukan, waktu, tenaga, pikiran bahkan keluarga.

Jika sudah mulai bosan dengan pekerjaan, ada baiknya mengambil jatah cuti tahunan dan mulai liburan. Ini efektif mengembalikan semangat kerja yang telah padam sebelumnya, cobalah untuk lebih produktif lagi sehingga bisa lebih cepat mendapatkan tawaran kenaikan jabatan. Hal ini tentu tidak akan luput dari perusahaan, apalagi jika loyalitas dan pekerjaan Anda bagus.

Baca Juga:  Mau Interview Kerja Sukses? Coba Konsumsi 3 Jenis Makanan Ini

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply