Lifestyle

Mulai Lelah Tanpa Alasan Saat Bekerja, Kenali Tanda Alami Burnout

Burnout sebuah istilah baru bukan, namun ini sedang dialami banyak pekerja di zaman now. Bagaimana tidak, gejalanya pasti semua orang pernah mengalaminya. Ini merupakan kondisi dimana Anda akan mengalami kelelahan dari segi fisik, mental hingga emosional. Banyaknya tekanan yang ada dalam pekerjaan dan masalah yang tak kunjung usai.

Hal tersebut memicu stres yang bisa jadi nantinya akan berkepanjangan, Anda tentu tidak akan menyangka bukan. Bahkan ini tidak akan terasa, namun jika terjadi terus menerus maka bisa membuat Anda mengalami penuaan dini, kegilaan bahkan hingga stres dan tidak bisa berpikir logis kembali. Sebuah gejala kecil yang memberikan efek besar bukan, inilah yang harus mulai disadari.

Sudah jelas ini membuat anak milenial menjauhi gaya hidup orang tua atau para pendahulunya, memang awalnya terlihat santai namun memiliki tanggung jawab besar. Coba lihat lagi, apakah Anda sudah memiliki beberapa gejala burnout, biasanya ini terjadi namun banyak tidak disadari atau diabaikan begitu saja.

Gejala Umum Mulai Mengalami Burnout

gejala burnout

Sumber : hipwee.com

  • Every Day Is A Bad Day

    Selalu ada hal buruk setiap harinya, namun jika Anda merasa di tempat kerja semua masalah bermula. Maka jangan ragu untuk meninggalkannya, memang secara rasional Anda membutuhkan pekerjaan untuk menghasilkan uang, namun ini bukan segalanya. Apalagi jika kebebasan mulai terenggut, tidak bisa bergerak sesuai keinginan dan terbelenggu.

    Cobalah untuk ambil cuti dan renungkan semua hal ini, jika memang semua masalah bersumber dari pekerjaan. Kenapa tidak mencari pekerjaan lainnya, tanyakan pada diri Anda apa yang menjadi passion selama ini, sehingga bisa mencintai pekerjaan dan akan bekerja seperti aktivitas setiap harinya. Cobalah lakukan ini, awalnya memang tidak akan sesuai namun Anda akan merasakan manfaatnya.

  • Mudah Capek Tanpa Kejelasan

    Gejala awal dari burnout pada tubuh adalah mudah capek tanpa kejelasan, Anda setiap harinya hanya ada di balik meja dan duduk dari jam 8 pagi hingga 4 sore, ini memang melelahkan namun tidak seperti mereka yang kerja di luar dengan mengandalkan tenaga. Lelah pasti sudah jelas, namun jika mulai capek tanpa kejelasan bisa jadi gejala penyakit serius.

    Baca juga : 3 Cara Hilangkan I Hate Monday Dari Psikologis

    Cobalah untuk tidak duduk terus menerus, berdiri dan jalan ke pantry atau sekadar ke kamar mandi. Ini akan menghilangkan rasa lelah akibat duduk terlalu lama, apalagi jika pekerjaan sedang buntu dan butuh pemikiran lebih. Jangan sampai, pekerjaan ini akan membunuh Anda. Lakukan dengan senang, sehingga tetap mendapatkan benefit setiap harinya.

  • Tidak Lagi Bersemangat Kerja

    Semua orang juga enggan untuk kembali ke kantor, namun ini sebuah kewajiban, seperti yang Anda rasakan saat sekolah. Namun jika sudah mulai tidak bahagia dengan apa yang Anda lakukan setiap harinya, ini gejala buruk burnout dan sebaiknya harus segera menghentikan sebelum stres semakin berat.

    gejala umum burnout

    Sumber : femina.co.id

    Jika memang tidak bahagia dalam frekuensi kecil, ini bisa hilang dengan melakukan ‘me time’ atau mencari kesenangan sesaat setelah pulang kerja. Namun jika hal tersebut sudah tidak lagi mampu mengatasi tekanan yang semakin berat, ada baiknya berpikir lagi untuk melanjutkan pekerjaan dan mulai mencari jenis pekerjaan lainnya.

  • Mulai Melakukan Hal Buruk

    Banyak orang melakukan pelampiasan setelah lelah bekerja, mulai dari hal positif seperti olahraga atau melakukan hal buruk seperti minum minuman dengan tambahan kadar alkohol. Ini memang boleh saja, apalagi jika usia Anda sudah lewat 25 tahun. Ini usia legal untuk melakukan semua hal, karena Anda dianggap sudah tahu baik dan buruknya.

    Jika sudah mulai melakukan pelampiasan buruk, maka efek burnout sudah menjadi hal negatif. Mulailah menyelesaikan masalah hingga akarnya, bukan penyelesaian sesaat saja. Anda bahkan harus mulai berpikir lagi tentang pekerjaan ini, cobalah ambil cuti panjang dan pergi liburan. Jika nantinya kembali lagi, namun masih melakukan pelampiasan buruk, maka harus mulai mencari pekerjaan baru.

  • Tanggung Jawab Menjadi Beban

    Setiap orang tentu akan memiliki tanggung jawab, apalagi dengan hal yang dimilikinya. Anda tentu punya tanggung jawab pada satu pekerjaan yang harus diselesaikan, namun jika semakin berat maka ini akan menjadi beban. Awalnya memang hanya beban kecil, namun secara perlahan menjadi berat dan membuat Anda mengalami banyak tekanan.

    Ada baiknya membicarakan lagi soal tanggung jawab dengan atasan, Anda seharusnya bekerja sesuai jobdesk dan bukan menjadi tukang sibuk. Selain itu, mulai kerjakan job sesuai dengan tanggung jawab Anda saja. Boleh membantu teman, namun selesaikan dahulu job Anda, setelah itu bisa memilih opsi kebaikan untuk teman.

Hal yang tidak bisa dihindarkan dari dari gejala burnout, jika sudah mulai merasa nyeri di kepala, dada dan terasa sulit bernapas. Ini juga mengarah pada kesehatan dan tidak boleh diabaikan begitu saja, sebaiknya mulai berpikir panjang, apakah Anda ingin seperti ini atau memiliki kehidupan yang lebih baik lagi.

Baca Juga:  Hindari 5 Hal Ini Agar Tidak Masuk Penjara Gara-Gara Bermain Media Sosial

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply