Body & Skin Care

Musim Hujan Datang, Hindari Kulit Wajah Kusam dan Gelap

Intensitas hujan jelang akhir tahun 2019 diperkirakan semakin melimpah, ternyata hal ini juga buruk loh untuk kesehatan kulit. Pasalnya bisa memicu kulit wajah kusam dan terlihat lebih gelap, meskipun sudah membersihkan dan memberikan nutrisi setiap harinya. Hal ini karena terjadi perubahan suhu, apalagi jika terjadi hujan mendadak.

Saat pagi hari matahari bersinar dengan terik, kemudian hujan deras. Jangan sampai berada di luar ruangan terlalu lama, ini akan memengaruhi kondisi kulit. Beberapa wanita selama musim hujan lalu, mengeluhkan jika kulit bersisik, lebih kering dan menjadi kusam. Padahal sebelumnya baik-baik dan tetap melakukan perawatan secara teratur, hal ini akibat cuaca ekstrem.

Bagaimana cara mencegah agar kulit wajah kusam dan gelap tidak terjadi, apalagi jika harus tetap terlihat menarik bagi wanita modern zaman now. Ternyata ada cara mudah dan sehat untuk menjaga kelembapan kulit, tidak perlu menambahkan penggunaan skin care, jika wajah sudah cocok dan jadi lebih baik.

5 Perawatan Mencegah Kulit Kusam dan Kering Saat Musim Hujan

Perawatan Kulit Wajah Kusam dan Gelap

Sumber : beautybyearth.com

  1. Gentle Cleanser

    Membersihkan wajah setiap harinya itu harus! Ini yang akan membuat kulit menjadi sehat dan dapat menerima nutrisi dengan baik. Pastikan menggunakan pembersihkan wajah yang sesuai jenis kulit dan tidak terlalu keras saat penggunaan, pasalnya kulit mengalami naik turun suhu yang cukup ekstrem sehingga rentan gesekan keras.

    Ada baiknya jika kulit sensitif atau mudah terkelupas, bahkan mulai terdapat sisik. Gunakan pembersih gentle cleanser, ini aman untuk semua jenis kulit. Produk ini memiliki keseimbangan pH yang baik dan memberikan efek lembap namun tidak kelebihan minyak. Cukup gunakan saat kulit terasa kering atau mulai gatal, ini akan memberikan efek segar dan terasa bersih.

  2. Toner Untuk Eksfoliasi

    Rahasia cantik wanita Korea, karena rajin melakukan eksfoliasi setiap harinya. Ini sangat dibutuhkan untuk kulit, apalagi untuk acne prone dan oil skin. Pasalnya perlu dikendalikan produksi minyak, saat musim hujan wajah jadi lebih kering meskipun produksi minyak menurun. Maka dari itu, untuk mencegah kulit wajah kusam, gunakan toner sebagai eksfoliasi.

    Ini sangat mudah dan jadikan sebagai rangkaian penutup saat membersihkan wajah, sehingga semua kotoran hingga sela pori, sisa residu makeup hingga minyak berlebih dapat terangkat. Selain itu bisa mencegah dan mengatasi jerawat dengan baik, ini juga kunci utama untuk menjaga pH kulit saat musim hujan.

  3. Gunakan Eye Cream

    Bagi kamu yang rajin begadang, eye cream jadi senjata utama untuk menghalau kantung mata menghitam yang akan terlihat di pagi hari. Saat musim hujan, meskipun tidur seperti biasa dan jam normal. Biasanya akan menemukan mata panda di pagi hari, untuk mencegah itu terjadi sebaiknya gunakan eye cream sebelum tidur.

    eye cream untuk mencegah kulit wajah kusam

    Sumber : lotusmedspaandsalon.com

    Ini langkah pencegahan kulit wajah kusam, apalagi area mata rentan sekali penunaan dini. Memang penggunaan eye cream tidak akan terlihat langsung hasilnya, namun buktikan dalam 5 tahun terakhir. Kondisi kantung mata akan lebih baik dan bandingkan dengan wanita seusia kamu. Pasti tidak akan menemukan penunaan atau perubahan dengan adanya kantung mata.

  4. Tambahkan Moisturizer

    Kebanyakan treatment skin care akan berhenti setelah penggunaan essence atau serum, padahal masih ada satu tahapan akhir moisturizer yang sebaiknya dilakukan, penambahan cream. Sering kali ini dilewatkan atau hanya digunakan sekali saja, pasalnya sudah tercukupi kebutuhan nutrisi dari serum saja, ternyata ini salah.

    Baca juga : Ikuti Trik Wanita Korea Hilangkan Jerawat Tanpa Noda Hitam

    Saat musim hujan kenapa kulit wajah kusam dan kering, ini akan kesam lengket yang ditinggalkan pelembap wajah. Hal ini karena minyak tidak keluar dan menyumbat di pori-pori, ada baiknya ditambahkan mouisturizer yang lebih kuat seperti cream atau serum mask, bahkan jika bisa lakukan masker wajah setiap malam hari.

  5. Minum Air Putih Lebih Banyak

    Bukan hanya menambahkan skin care untuk melindungi kulit wajah kusam dan kering saat musim hujan, memperbanyak minum air putih juga turut andil dalam mengembalikan kelembapan kulit alami. Selain itu, minum air minimal 8 gelas setiap harinya mampu membuat kondisi kulit jadi lebih baik dan terhindrasi dengan baik.

    Coba lihat wanita yang suka minum air putih dari pada minuman kalori atau berasa dan berwarna lainnya, perhatikan kondisi kulitnya. Wanita yang lebih sering minum air putih, kulit akan terasa kenyal, lembut dan lembap alami. Pasalnya kebutuhan air tercukupi, kalau tidak lupa tubuh kita terdiri dari air hingga 70 persen loh.

Jadi tidak ada alasan untuk malas merawat kulit di musim hujan, jangan sampai kondisi kulit wajah kusam dan gelap baru melakukan langkah pencegahan. Biasakan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan lebih banyak makan sayur dan buah, kandungan antioksidan akan mencegah penunaan dini. Bisa juga menambahkan masker kolagen, dimana memiliki kandungan vitamin C dan E tinggi, sehingga kulit tetap ternutrisi dengan baik.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Sampo Alami Untuk Merawat Rambut

You Might Also Like...

2 Comments

Leave a Reply