Body & Skin Care

Pemilik Kulit Berminyak Harus Bisa Menghindari 5 Kandungan Skincare Ini

Hampir sebagian besar wanita indonesia memiliki kulit berminyak, hal ini karena limpahan sinar matahari sepanjang tahun. Memang akan membuat wajah terlihat lebih muda, namun perawatannya terbilang cukup sulit. Bahkan untuk memilih skin care saja harus memperhatikan kandungannya, jangan sampai ini membuat kondisi kulit semakin buruk.

Kenapa demikian? Skin care merupakan produk perawatan kulit yang digunakan setiap harinya, jika Anda memilih hanya karena merk, harga atau ikut tren saja tanpa melihat kondisi kulit. Bukan terlihat semakin cantik, malahan memperburuk kondisi kulit. Ini kesalahan yang banyak dilakukan anak remaja, sehingga masalah kulit tidak terhindarkan.

Jerawat, komedo membandel hingga iritasi, masalah kulit yang sering terjadi pada kulit berminyak. Ada baiknya saat memilih makeup terlebih skin care perhatikan apa saja kandungan bahannya, jangan sampai terpadat beberapa bahan berikut ini yang akan membuat pemillik wajah berminyak akan semakin buruk, bahkan membuat debu dan kotoran menempel sempurna.

5 Kandungan Skin Care Terlarang Untuk Kulit Berminyak

wajah kulit berminyak

Sumber : kinimall.co.id

  1. Alkohol

    Bukan hanya bermasalah untuk kulit kering, namun kulit berminyak juga akan bermasalah jika terdapat kandungan alkohol terlalu tinggi. Memang awalnya akan terasa dingin di kulit, namun ini akan menyebabkan panas jika dipakai panjang. Selain itu, alkohol juga menyebabkan kulit terasa kering dan mudah iritasi.

    Hal ini biasanya terdapat pada toner, awalnya memang bisa mengontrol minyak berlebih, namun akhirnya akan membuat kulit kering, meskipun awalnya berminyak. Saat kondisi kering, secara otomatis kulit mengirimkan sinyal pada kelenjar sebum, ini akan memproduksi minyak semakin banyak. Sehingga pastikan, toner yang digunakan lebih banyak mengandung air dari pada alkohol.

  2. Paraffin Wax

    Kebanyakan skin care merupakan penyulingan petroleum, ini biasanya terdapat pada lotion yang membuat kulit terasa lebih lembap, halus dan putih. Tetapi ada sisi negatifnya untuk kulit berminyak, Anda akan merasakan dampak buruk paraffin wax, dimana nantinya akan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

    Baca juga : 4 Tips Memilih Sabun Mandi Sesuai Kebutuhan Tubuh

    Kandungan petroleum, bukan hanya akan melembapkan kulit, namun bisa memperbaiki struktur kulit sebelumnya, sehingga bisa menimbulkan gangguan pada pori-pori kulit. Ini memang aman dalam jumlah tertentu, namun cukup berbahaya saat tertelan oleh tubuh, maka dari itu jauhkan dari jangkauan anak-anak, karena kandungan minyak tersebut sulit di cerna oleh tubuh.

  3. Lanolin Oil

    Kulit berminyak sering kali akan terasa kasar dan kusam, beberapa skin cara memberikan solusi agar kulit terasa lembut dengan cepat. Lanolin Oil jadi solusi tepat, merupakan kandungan minyak kulit domba, ini sangat bagus untuk perawatan rambut dan kulit, apalagi untuk mengatasi rambut rontok akibat kulit kepala yang rapuh.

    lanolin oil

    Sumber : Amazon.com

    Memang Lanolin Oil tidak disarankan digunakan untuk kulit kering, karena akan memicu kulit terasa lebih kering. Namun beberapa penelitian lebih lanjut menemukan, jika kandungan dalam skin care ini tidak bagus untuk kulit berminyak karena membuat kulit rentan terhadap jerawat. Itulah sebabnya, sering muncul jerawat tanpa sebab yang jelas.

  4. Mineral Oil

    Ini salah satu kandungan yang banyak terdapat pada makeup dan skin care, wajib dihindari untuk pemilik kulit kelebihan minyak. Pasalnya dapat membuat produksi minyak berbeda dan beberapa orang mengalami alergi, dimana terdapat ruam hingga bintik merah yang terasa gatal. Jika Anda menggunakan kosmetik dan terasa gatal, bisa jadi kandungan mineral oil nya terlalu tinggi.

    Ini memang sangat bagus untuk melembapkan kulit, paling cocok digunakan untuk kulit kering dan sensitif. Dimana dapat menutup pori-pori dengan baik, tetapi ini juga dapat memicu kotoran dan debu terperangkap dalam pori, sehingga menyebabkan jerawat. Masalah lain yang timbul, seperti komedo membandel hingga iritasi kulit.

  5. Minyak Alami

    Kini banyak produk perawatan wajah yang menggunakan bahan alami, sudah pasti ini bagus karena tanpa bahan pengawet, sekalipun efeknya tidak akan langsung terlihat. Namun khusus untuk face oil, sebaiknya menghindari beberapa minyak alami seperti virgin coconut oil (VCO), lavender oil, tea tree oil, jojoba oil dan rosemary oil, ini akan membuat produksi minyak berlebih.

    Misalkan saja pada VCO, minyak kepala ini bersifat comedogenic, dimana dapat mengecilkan pori-pori, ini memang bagus namun jika digunakan terus menerus dapat menyumbat pori. Jika memang tertarik mencoba minyak alami, gunakan tea tree oil, ini paling aman dan ringan. Pasalnya memiliki sifat anti bakteri, sehingga bisa mengatasi masalah jerawat.

Coba lihat lagi skin care yang Anda gunakan, apakah ada beberapa kandungan di atas? Jika memiliki kulit berminyak, coba hentikan pemakaian dan beralih pada produk lainnya. Beberapa kandungan di atas memberikan peran jahat, dimana wajah akan mengalami masalah seperti komedo membandel, jerawat hingga kekeringan.

Baca Juga:  Tertekan Karena Stres? Coba Atasi Dengan Gerakan Meditasi

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply