Body & Skin Care

Pemilik Kulit Kering Harus Mulai Hindari Kebiasaan Kecantikan Ini

Punya kulit kering itu cukup sulit dalam hal perawatan, apalagi tidak bisa menggunakan sembarang makeup dan skin care. Jika terdapat kandungan yang tidak tepat, maka bisa membuat kulit semakin kering, muncul masalah wajah hingga iritasi bahkan bengkak. Hal ini berpengaruh untuk jangka panjang, hingga membuat Anda mengalami penuaan dini.

Semua itu mimpi buruk yang ingin dihindari setiap wanita, namun saat ini Anda dalam kondisi kurang bagus. Dimana terjadi pengelupasan kulit tidak terkendali, wajah terlihat lebih kusam dan mulai terlihat adanya garis-garis halus, ini biasanya terlihat di area mata dan dahi. Bagaimana cara mengatasinya? Gunakan perawatan yang tepat.

Pemilik kulit kering, biasanya enggan untuk cuci muka, karena membuat wajah terasa semakin kering. Selain itu, skin care juga turut andil dalam memperburuk kondisi kulit. Bahkan masih saja wanita melakukan ritual kecantikan yang dianggap membuat kulit sehat, namun hasilnya tidak memberikan manfaat apapun.

Sebenarnya ada beberapa perawatan kulit yang membuat kondisi kulit kering semakin parah, namun sayangnya ini sudah menjadi sebuah kebiasaan. Sehingga diabaikan dan dianggap tidak masalah, padahal Anda membuat masalah sendiri. Cobalah untuk menghindari kebiasaan ini, agar kulit bisa tetap lembap dan sehat.

Baca Juga:  Mau Memanjangkan Rambut Dengan Cepat, Ini Caranya!

4 Kebiasaan Kecantikan Perlu Dihindari Pemilik Kulit Kering

tanda kulit kering

Sumber : eazyspadeals.com

  1. Cuci Muka Dengan Air Hangat

    Sudah tahu bukan, jika air hangat bisa membuat pori-pori semakin melebar. Namun salahnya, semua orang bilang sebelum perawatan wajah lebih baik cuci muka dengan air hangat. Ini akan membuat pori-pori terbuka dan semua skin care akan meresap sempurna, pemahaman yang salah dan harus diluruskan.

    Pasalnya air hangat akan membuat pori-pori dan membuat kulit lebih bersih, bahkan ada efek relaksasi sehingga terasa nyaman dan lembut. Namun bagi pemilik kulit kering, ini akan mengikis minyak alami yang ada di dalam kulit, bahkan produksinya semakin kecil. Awalnya memang nyaman, namun lambat laun akan membuat kulit terasa lebih kering. Lebih baik, jaga suhu ruangan, pastikan tetap normal untuk menjaga kelembapan.

  2. Cuci Muka Di Pagi Hari

    Bangun tidur, wajah akan terasa lebih lembab bukan, bahkan pemilik kulit berminyak akan terasa kelebihan produksi minyak, sehingga akan bergegas cuci muka. Ada baiknya di pagi hari jangan cuci muka dengan face wash atau facial foam, bahkan semua yang berbau sabun, kenapa? Ini akan menghilangkan minyak alami dalam wajah.

    Baca juga : Pemilik Kulit Berminyak Harus Bisa Menghindari 5 Kandungan Skincare Ini

    Setiap malam hingga pagi hari, kulit akan memproduksi minyak. Tidak semuanya buruk, apalagi di pagi hari ada minyak yang bisa menjaga kelembapan kulit, mempertahankan produksi kolagen hingga merangsang sel kulit baru tumbuh lebih cepat. Jika cuci muka dengan sabun, maka kandungan minyak akan hilang. Usahakan cuci muka dengan air saja, ini memang tidak akan menghilangkan minyak secara keseluruhan, karena kulit memang butuh minyak baik tersebut.

  3. Skin Care Dengan Eksfoliasi Berlebihan

    Kini sudah tersedia skin care yang berfungsi sebagai eksfoliasi, ini memang sangat bagus untuk kulit. Pasalnya bisa membuat kulit satu tingkat lebih cepat dengan mengangkat sel kulit mati, untuk kulit kering jika memberikan eksfoliasi berlebihan, ini akan memberikan dampak buruk. Kulit akan terasa jauh lebih kering dari sebelumnya, sekalipun terasa bersih.

    perawatan kulit kering

    Sumber : sohnijuneja.com

    Maka dari itu, disarankan untuk mengendalikan penggunaan skin care, apalagi dengan fungsi eksfoliasi tinggi. Ini memang diperlukan, namun pastikan tidak terlalu berlebihan. Coba gunakan di malam hari saja, bahkan hanya dianjurkan sekali dalam seminggu saja. Ini sudah memberikan hasil maksimal, dimana regenerasi kulit terjadi dengan sempurna.

  4. Penggunaan Toner Beralkohol

    Anda tentu akan menggunakan toner untuk mengontrol produksi minyak berlebih, ini tidak bagus saat di siang hari karena debu dan kotoran bisa menempel seluruhnya. Ternyata penggunaan toner untuk kulit kering memberikan dampak kurang bagus, apalagi jika toner mengandung alkohol yang cukup tinggi, sehingga membuat kulit terasa lebih kering.

    Hal ini karena alkohol punya sifat menyerap minyak, awalnya memang akan membuat kulit menjadi lebih kering dan terasa lembut. Namun jika digunakan pada malam hari, Anda akan bangun dengan kondisi kulit kering. Coba cari toner dengan kandungan alkohol rendah atau non alkohol sama sekali, hasilnya memang tidak terlalu terlihat namun tidak memberikan efek samping apapun.

Setelah tahu apa saja rutinitas kecantikan yang ternyata berdampak buruk untuk pemilik kulit kering, apa yang harus dilakukan? Mulai tidak diterapkan kembali, lakukan perawatan wajah secukupnya saja. Jangan terlalu banyak menggunakan makeup atau skin care, selain itu pastikan wajah dalam kondisi bersih sebelum tidur.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply