Body & Skin Care

5 Penyebab Jerawat yang Ternyata Berasal dari Kebiasaan Sepele

Penyebab jerawat ternyata bisa dari mana saja, bahkan dari kebiasan wanita yang kadang dianggap sepele. Jerawat memang biangnya masalah kulit wajah wanita jika tidak rajin dan rutin merawat wajah dengan baik. Kira-kira kebiasaan sehari-hari apa yang menjadi penyebab jerawat cukup serius?

Makeup Berlebihan

Makeup Berlebihan

sumber: Unsplash

Apakah kamu termasuk wanita yang sering menggunakan makeup untuk beraktivitas? Jika iya, coba cek kebiasaan kamu dalam ber-makeup. Saat makeup yang kamu pakai sehari-hari cukup tebal, rasanya kamu perlu waspada akan hadirnya jerawat, apalagi saat wajahmu cenderung mudah berminyak.

Kunci penting untuk menghindari jerawat saat ber-makeup adalah rutin membersihkan wajah setelah selesai aktivitas. Lakukan double cleansing agar sisa makeup dan kotoran di wajah betul-betul terangkat. Jangan sampai nih, wajah cantik kamu harus sedikit ternoda gara-gara malas membersihkan sisa makeup.

Tidak Menjaga Kebersihan Handphone dengan Baik

Tidak Menjaga Kebersihan Handphone dengan Baik

sumber: Unsplash

Tanpa kamu sadari, handphone dapat menjadi sarang kuman yang berpotensi menjadi penyebab jerawat. Apalagi jika kamu rutin menggunakan handphone untuk menelepon sehari-hari. Bayangkan, betapa mudahnya wajahmu terkena kotoran yang menumpuk dan lama tertinggal di handphone.

Oleh sebab itu, rutinlah membersihkan handphone kamu jika intensitas pemakaiannya tinggi. Jangan sampai kotoran yang tertinggal di handphone menjadi menempel di wajahmu terus-menerus. Lama-kelamaan jerawat muncul deh tanpa kamu sadari.

Baca Juga:  Tahukah Kamu, Jenis Masker Wajah Harus Disesuaikan dengan Kulitmu

Gemar Memencet Jerawat, Apalagi dengan Tangan Tidak Bersih

Gemar Memencet Jerawat, Apalagi dengan Tangan Tidak Bersih

sumber: Unsplash

Kebiasaan gemar memencet jerawat ternyata menjadi penyebab jerawat yang sukar hilang. Alih-alih segera sembuh, jerawat justru semakin teriritasi dan menjadi lebih parah. Selain itu, bekas jerawat nantinya akan sukar hilang karena kebiasaan buruk ini.

Jerawat yang dipencet mengakibatkan sumbatan pada pori-pori wajah semakin dalam sehingga proses penyembuhan akan makin lama. Akibatnya, kulit wajahmu juga rentan mudah terkena jerawat lagi di kemudian hari.

Mencuci Wajah Terlalu Sering

Mencuci Wajah Terlalu Sering

sumber: Pexels

Mencuci wajah menjadi rutinitas wajib bagi wanita, terutama yang sering bepergian di luar. Namun, mencuci wajah terlalu sering dapat mengikis kandungan minyak alami pada wajah. Alhasil, kulit akan langsung memproduksi minyak alami semakin banyak dari biasanya dan inilah yang bisa menyebabkan jerawat.

Frekuensi mencuci wajah yang disarankan adalah dua kali sehari, yaitu saat pagi dan sore atau malam. Pijat kulit menggunakan sabun wajah dengan lembut, jangan terlalu keras menggosok. Jangan lupa sesuaikan sabun cuci muka kamu dengan jenis kulit wajahmu.

Banyak Mengonsumsi Makanan Manis dan Olahan

Banyak Mengonsumsi Makanan Manis dan Olahan

sumber: Pexels

Asupan yang masuk ke dalam tubuh juga bisa memengaruhi bertumbuhnya jerawat. Makanan manis dan olahan ternyata berpotensi memunculkan jerawat. Jadi, sebisa mungkin hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan sejenisnya.

Baca Juga:  Tahapan Tepat Untuk Makeup Pemilik Wajah Pucat

Produk olahan yang dibatasi misalnya adalah susu. Konsumsi saja sehari sekali jika memang sudah menjadi kebiasaanmu. Kurangi makan keripik, biskuit, roti, dan makanan manis lain secara berlebihan.

Setelah tahu apa saja yang menjadi penyebab jerawat, semoga kamu bisa lebih peduli dan peka menjaga kesehatan kulit wajahmu ya!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply