5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur, Perlu Kamu Perhatikan Nih!
Lifestyle

5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur, Perlu Kamu Perhatikan Nih!

Menstruasi tidak teratur kerap menjadi masalah bagi sebagian besar wanita. Bukan hanya sering telat beberapa minggu, ada kalanya bisa telat berbulan-bulan. Hal ini tentu cukup mengganggu kondisi emosional wanita, terlebih jika wanita juga disibukkan urusan pekerjaan dan rumah tangga.

Nah, kira-kira apa saja ya penyebab menstruasi tidak teratur? Bisa jadi hal-hal berikut ini tanpa sadar kamu alami. Simak ya!

Obesitas

Obesitas

sumber: Unsplash

Penumpukan lemak yang sangat tinggi pada tubuh dapat menyebabkan obesitas. Berat badan wanita pun kemudian berada di atas batas ideal. Banyak efek yang dihasilkan dari obesitas ini, salah satunya siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

Obesitas berpotensi membuat gangguan tiroid pada wanita. Kelenjar tiroid sendiri berfungsi mengatur metabolisme tubuh wanita. Ketidakseimbangan kerja kelenjar ini kemudian berpengaruh besar pada kelancaran siklus menstruasi bulanan wanita.

Penggunaan Pil Kontrasepsi

Penggunaan Pil Kontrasepsi

sumber: Unsplash

Bagi wanita yang sudah menikah, ternyata penggunaan pil kontrasepsi juga wajib diwaspadai. Pil tersebut dapat memengaruhi ketidakteraturan siklus menstruasi. Jadi, coba cek kembali penggunaan pil KB yang selama ini kamu konsumsi ya.

Sementara, alat kontrasepsi lain seperti IUD (spiral) justru memberikan efek lain. Beberapa wanita yang menggunakan IUD ini bisa membuat darah menstruasi keluar lebih banyak. Selain itu, ada efek nyeri cukup sehat saat menstruasi.

Baca Juga:  3 Keanehan Saat Menstruasi Namun Enggan Di Bicarakan Wanita

Pola Diet yang Tidak Tepat

Pola Diet yang Tidak Tepat

sumber: Unsplash

Kebanyakan wanita sering menjalankan program diet demi mendapatkan berat badan ideal. Sayangnya, tidak semua wanita mengerti bagaimana cara menerapkan diet yang tepat. Pola diet yang salah justru bisa membuat menstruasi tidak teratur.

Ada baiknya konsultasikan jenis diet yang tepat untuk kondisimu ke ahlinya. Pasalnya, penguran asupan makanan jenis tertentu dapat memengaruhi keseimbangan hormon di tubuhmu. Penurunan berat badan yang drastis dapat membuat siklus menstruasi berantakan.

Kurang Tidur

Kurang Tidur

sumber: Pexels

Kebiasaan begadang bukan hanya bahaya untuk kesehatan badan, melainkan juga berpengaruh ke siklus menstruasi. Kurang tidur menyebabkan hormon estrogen dan progesteron wanita bekerja tidak maksimal. Dampaknya, siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

Pola tidur yang berantakan juga memengaruhi tingkat melatonin yang menurun. Padahal, perannya sangat penting di siklus menstruasimu. Jadi, mulai sekarang kurangi begadang untuk hal tidak penting ya!

Stres

Stres

sumber: Pexels

Beban pikiran juga menjadi pemicu ketidakteraturan siklus menstruasi. Rasa capek akan membuat kinerja hormon hipotalamus menurun. Akibatnya, hormon hipofisis pun kena getahnya karena tidak bisa memicu pelepasan sel telur (ovulasi).

Ovulasi inilah yang menentukan lancar tidaknya siklus menstruasimu. Cobalah untuk kurangi aktivitas saat kamu merasa stres berlebihan. Tenangkan diri dengan melakukan kegiatan menyenangkan agar pikiranmu kembali tenang.

Baca Juga:  Gerakan Workout di Kantor Kurangi Kemungkinan Kelelahan Parah

Semoga info ini bermanfaat buatmu yang sering mengalami siklus menstruasi tidak teratur. Jika terjadi terus-menerus, ada baiknya kamu konsultasikan saja ke dokter ya!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply