Perawatan Kulit Wajib
Body & Skin Care

Perawatan Kulit Wajib Saat Musim Pancaroba Datang

Merawat lebih baik dari pada mengobati, sebelum terlambat dan mengalami penuaan dini hingga kerutan. Inilah ancaman yang tidak diinginkan setiap wanita, pasalnya kamu tentu ingin terlihat seperti sekarang, tapi waktu terus berjalan. Maka dari itu kulit membutuhkan nutrisi tepat dan cukup, untuk itu kamu harus punya perawatan kulit wajib yang mendasar.

Apalagi saat memasuki masa pancaroba, dimana suhu mengalami perubahan secara drastis. Bisa jadi sekarang panas menyengat, namun selang 2 jam terjadi hujan lebat. Inilah yang membuat kulit mengalami perubahan, sehingga tidak mungkin hanya menggunakan makeup, meskipun kini ada makeup yang memberikan perlindungan seperti skincare.

Tidak ada salahnya mulai menerapkan perawatan kulit wajib secara rutin, toh ini akan menguntungkan dirimu sendiri. Dimana tetap memiliki kulit seperti sekarang, meskipun sudah mengalami pertambahan usia. Kali ini kamu harus selektif dalam memilih skincare, terutama saat musim pancaroba yang sangat mudah mengalami perubahan suhu secara mendadak.

5 Perawatan Kulit Wajib Selama Masa Pancaroba

Perawatan Kulit Wajib Musim Pancaroba

Sumber : idntimes.com

  1. Kurangi Skincare Eksfoliasi

    Kamu tentu sudah familier dengan eksfoliasi, ini merupakan teknik untuk mengangkat sel kulit mati tanpa melakukan perawatan langsung. Banyak dari kamu memilih menggunakan skincare, tidak sakit dan memberikan hasil maksimal, asalkan digunakan secara rutin. Namun saat musim pancaroba, kurangi skincare dengan kandungan eksfoliasi tinggi.

    Hal ini karena kulit akan mengalami pengelupasan, terutama saat cuaca sedang panas. Bahkan lebih parahnya, kulit akan jadi sensitif jika mengalami eksfoliasi terlalu banyak. Usahakan hanya menggunakan maksimal 2 saja skincare eksfoliasi sehingga tidak membuat kepekaan kulit semakin meningkat, terutama saat terkena sinar matahari langsung.

  2. Gunakan Sunscreen Lebih Sering

    Pastikan dalam tahapan perawatan kulit wajib selalu menggunakan sunscreen di akhir treatment, ini merupakan perlindungan terluar. Bahkan jika bisa menyiapkan sunscreen dalam bentuk spray, sehingga lebih mudah aplikasi dan tidak akan merusak makeup. Pasalnya tabir surya bisa di aplikasi setelah skincare, setelah makeup atau di tengah penggunaan skincare dan makeup.

    Hal ini harus diperhatikan lebih oleh pemilik kulit berminyak, pasalnya produksi minyak berlebih saat cuaca panas akan memicu masalah kulit. Penggunaan sunscreen spray membentuk mengendalikan produksi minyak akibat sengatan sinar matahari, bahkan bisa mencegah makeup pecah di tengah hati atau saat di luar ruangan.

  3. Tingkatkan Skincare Vitamin C

    Kerusakan kulit mayoritas terjadi karena paparan sinar matahari langsung, perawatan kulit wajib untuk mengatasinya, pastikan meningkatkan penggunaan skincare dengan kandungan vitamin C. Sehingga kulit memiliki pelindung dari paparan radikal bebas secara langsung. Biasanya paling tepat menggunakan ekstrak vitamin C dari serum, mengingat konsetratnya cukup tinggi.

    Tahapan Perawatan Kulit Wajib

    Sumber : mymcb.wordpress.com

    Bahkan jika bisa menambahkan serum vitamin C dalam bentuk spray, ini sangat bagus sekali digunakan sebelum pemakaian sunscreen. Bukan hanya perlindungan, namun memperbaiki sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru. Vitamin C juga masih efektif untuk memutihkan kulit, bahkan bisa lebih cepat dari kandungan skincare lainnya.

  4. Mandi Air Dingin

    Salah satu relaksasi yang disukai hampir semua wanita setelah pulang kantor, mandi air hangat. Ini memang bisa menghilangkan penat dan rasa lelah, namun pernahkah kamu memikirkan kondisi kulit. Jangan egois, saat menggunakan air hangat, kulit terbakar hampir serupa dengan sengatan sinar matahari langsung.

    Baca juga : 5 Cara Tepat Mencegah dan Atasi Peradangan Kulit

    Ada baiknya tidak langsung mandi setelah dari luar, kembalikan suhu tubuh normal atau mengikuti suhu ruangan terlebih dahulu. Setelah itu, mandi dengan air dingin, ternyata ini merupakan salah satu perawatan kulit wajib yang harus kamu lakukan di sore hari. Mandi dengan air dingin justru akan menjaga kelembapan kulit, sehingga kamu tidak akan merasa kering setelah mandi.

  5. Melembapkan Wajah Lebih Sering

    Saat musim pancaroba, wajah sering kali terkelupas, makeup pecah-pecah bahkan muncul masalah kulit wajah. Ada baiknya kamu selalu siap melembapkan wajah, coba gunakan facial wash yang paling cocok, setelah itu aplikasikan pelembap. Ini akan membuat kulit jadi lebih tenang, lembap dan tidak muncul masalah kulit.

    Kulit dalam kondisi lembap akan terlihat sehat, inilah yang terjadi jika menggunakan skincare secara rutin. Pelembap wajah juga mengatasi masalah iritasi kulit, apalagi saat penggunaan makeup cukup tebal setiap harinya. Kamu tentu baru akan membersihkan makeup setelah pulang kantor, padahal minyak dan sisa kotoran sudah bercampur dalam wajah.

Tidak sulit bukan untuk mengikuti perawatan kulit wajib di musim pancaroba, beberapa skincare memang harus dikurangi namun tidak sedikit yang ditambah. Jika ingin mengatasi masalah sengatan sinar matahari, pastikan menggunakan sunscreen dan selalu membuat kulit dalam kondisi lembap, bukan terlalu basah karena sering terkena air.

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply