Makeup

Punya Kulit Wajah Berminyak, Ini Tutorial Makeup Anti Mengkilap

Tampil lebih cantik tentu menjadi dambaan setiap wanita, jika Anda tidak sabar menggunakan skin care yang harus dilakukan secara rutin dan membutuhkan waktu cukup lama. Bisa mensiasatinya dengan penggunaan makeup, jangan khawatir jika memiliki kulit wajah berminyak dan membuat makeup semakin berkilau, Anda bisa menerapkan tutorial makeup yang tepat agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sekarang ini, sudah banyak wanita pintar berdandan dengan bantuan teknologi, ada banyak tutorial hijab sesuai bentuk wajah, ke acara tertentu bahkan yang memiliki kulit wajah berminyak. Sehingga tidak ada kendala untuk tampil cantik, bahkan tidak perlu touch up terus menerus, karena makeup bisa tahan lama.

tutorial makeup wajah berminyak

Sumber : magazine.job-like.com

Kebanyakan masalah wajah berminyak adalah makeup tidak tahan lama, bisa karena luntur terkena keringat, terjadi perubahan suhu atau nantinya menjadi terlihat mengkilat. Ini tentu akan memengaruhi penampilan Anda, maka dari itu sebaiknya tahu trik dan tipsnya bagaimana caranya dengan mengikuti tutorial makeup khusus untuk kulit berminyak.

7 Step Mudah Tutorial Makeup Untuk Kulit Wajah Berminyak

  1. Bersihkan Dengan Cleanser

    Jangan pernah langsung mengoleskan makeup tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu, pertama karena hasil bisa kurang maksimal dan memicu terjadinya masalah wajah seperti jerawat. Dimana kulit yang kotor terkena debu dan kotoran, berpotensi menyumbang pori-pori wajah sehingga minyak tidak bisa keluar.

    Pertama, bersihkan wajah dengan cleanser, pilih yang memiliki kandungan salicylic acid, ini sangat cocok untuk menghilangkan minyak, mengontrol produksi minyak berlebih namun tidak menyebabkan wajah kering. Bersihkan wajah secara rutin, sebelum mandi, menggunakan dan menghapus makeup, tidak lupa sebelum tidur.

  2. Pastikan Bagian T-Zone Sudah Bersih

    Tahukah Anda bagian T-Zone, ini mulai dari dahi, turun ke hidung hingga dagu. Ini bagian yang paling banyak menghasilkan minyak, sebaiknya tidak membersihkan dengan tangan kosong atau baju. Karena bisa menambahkan kotor dan menyumbat minyak, khusus untuk kulit berminyak bisa menggunakan skin care yang mengandung alkohol.

    Baca juga : 4 Rekomendasi Setting Spray Terbaik Dari Makeup Luar Negeri

    Kenapa demikian? Ini akan mengontrol minyak berlebih, pasalnya alkohol bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Tetapi tidak disarankan untuk pemilik kulit kering, karena akan memperburuk kondisinya. Tetapi jika sebelum makeup tidak banyak minyak, jangan gunakan alkohol, ini hanya bisa digunakan saat wajah mengeluarkan minyak berlebih saja dan sebaiknya tidak terlalu banyak.

  3. Gunakan Pelembab Bebas Minyak

    Setelah membersihkan dengan cleanser, langkah selanjutnya gunakan pelembab. Ini digunakan untuk mengangkat sisa kotoran dan membuat kulit menjadi lebih lembab, apalagi setelah aktivitas seharian yang menggunakan makeup tebal. Ini akan membuat kulit tetap bisa bernapas dan beregenerasi secara normal.

    Selain itu, pastikan pelembab sudah hilang sempurna sebelum menggunakan step makeup selanjutnya. Pilih saja makeup yang paling cocok, jangan bandingkan dengan harganya namun pastikan komposisinya tepat untuk wajah dan tidak menimbulkan efek samping apapun. Lebih baik menggunakan pelembab murah, karena ini yang paling sering digunakan.

  4. Sebelum Foundasion, Gunakan Bedak Tipis Saja

    Hal yang perlu Anda cermati dari tutorial makeup khusus untuk wajah berminyak, pastikan menggunakan bedak, tipis saja sebelum memakai foundasion. Ini akan mengecilkan pori dan mengurangi produksi minyak, foundasion dapat menahan minyak dan wajah tidak terlalu kinclong.

    Trik ini cukup berhasil, namun sebaiknya hindari menggunakan foundasion terlalu lama. Pasalnya menekan produksi minyak langsung dengan mengecilkan pori-pori wajah, pastikan untuk menghilangkan foundasion maksimal 8 jam. Touch up kembali setelah dua jam, maka tetap bisa tampil cantik tanpa mengganggu wajah berminyak.

  5. Gunakan Primer Tipis

    Jika Anda ingin datang ke acara penting dan berlangsung lama, setelah mengaplikasikan bedak tipis, berikan tambahan primer. Ini tidak akan membuat makeup semakin tebal dan terlihat seperti dempulan, namun bisa mengontrol minyak dengan aman.

    Makeup akan bertahan hingga lebih dari 5 jam tanpa sentuhan touch up sama sekali, selain itu pastikan berada di ruangan yang cukup sejuk atau berpendingin ruangan. Ini akan membuat makeup bisa bertahan lama dan tidak akan mengganggu penampilan selanjutnya.

  6. Tambahkan Foundasion

    Hampir semua tutorial makeup untuk wajah berminyak memang menyarankan agar menggunakan primer terlebih dahulu dari pada foudasion, pasalnya tidak akan menyumbat pori dan menyebabkan masalah wajah. Selain itu foundasion juga lebih tebal dari primer, sehingga hasilnya akan terlihat seperti dempulan di wajah.

    Lain halnya jika menggunakan primer terlebih dahulu, ada baiknya dalam bentuk gel sehingga bisa lebih mudah di aplikasikan. Bukan itu saja, foundasion juga tidak perlu terlalu banyak, tipis saja ke seluruh wajah, setelah itu pastikan beberapa titik yang terdapat noda hitam sudah tertutupi dengan pas dan jangan terlalu banyak.

  7. Step Decorative Makeup

    Ini saatnya berkreasi, Anda sudah bisa memberikan bedak yang lebih tebal, bisa menambahkan warna dengan eye shadow, blush on bahkan membuat countur. Intinya gunakan makeup yang mendukung wajah, pastikan tahu terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan wajah. Jika ingin tampil flawless, sebaiknya gunakan warna aman seperti nude atau sesuai warna kulit.

Bukan hal sulit untuk mengatasi kulit wajah berminyak, Anda hanya harus tahu tutorial makeup yang benar. Jangan gunakan semakin produk yang sedang trend, pastikan sesuai dengan kulit wajah dan tidak menimbulkan efek samping. Gunakan skin care untuk perawatan wajah dan jangan malas untuk membersihkan makeup sebelum tidur.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply