Inspiration

Rahasia Sisi Asih, Bagaimana Cara Menjadi Pramugari Profesional

Pramugari adalah cita-cita paling populer untuk anak perempuan, cantik, pintar dan bisa berkeliling dunia. Namun ternyata tidak mudah untuk menjadi pramugari profesional, inilah yang dikatakan Sisi Asih yang merupakan salah satu pramugari maskapai besar di Indonesia, Garuda Indonesia. Dibutuhkan kerja keras dan tekad yang kuat untuk mencapai posisi sekarang.

Asih mengakui jika menjadi pramugari itu menyenangkan, terkenal cantik, anggun dan bisa berkeliling dunia secara cuma-cuma, tapi coba jangan lihat dari sisi baiknya saja. Ada banyak hal yang harus dikuasai para pramugari, salah satunya memberikan pelayanan terbaik. Bahkan harus bisa mengatasi masalah genting sekalipun, seperti terjadi turbelensi.

Namun dengan gaji yang terbilang menggiurkan, semua wanita ingin jadi pramugari. Namun kata Asih, lebih baik jadi pramugari profesional, karena sudah bersertifikat sehingga bisa mendapatkan rute perjalanan ke luar negeri. Sudah jelas ini akan mendatangkan pengalaman tak terlupakan, selain itu kesempatan emas kelililing dunia secara cuma-cuma.

Bagaimana cara mendapatkan pramugari profesional? Sisi Asih berbagi pengalaman selama bekerja di dunia penerbangan, dimana ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Jadi pramugari bukan hanya soal fisik dan cantik saja, namun ada beberapa hal yang patut dipersiapkan, bahkan setiap saat sebelum mulai terbang.

3 Mental Yang Harus Dipersiapkan Untuk Jadi Pramugari Profesional

sisi asih pramugari profesional

Sumber : berita.baca.co.id

  1. Keyakinan Dan Mental Kuat

    Bukan cantik dan punya fisik bagus, seorang pramugari profesional harus punya keyakinan dan mental yang kuat. Pasalnya bisa terjadi hal yang di luar rencana secara mendadak, mulai dari masalah dengan cuaca, penerbangan yang kacau hingga kondisi pesawat yang tidak memadai. Hal pertama yang harus bisa dilakukan pramugari, memberikan keyakinan dan kenyamanan pada semua penumpang.

    Asih bahkan menambahkan, tidak sedikit calon pramugari yang gagal karena tidak punya keyakinan yang kuat. Ini bukan pekerjaan mudah, penuh risiko bahkan tinggi risikonya dan nyawa taruhannya. Jadi, harus bisa bekerja maksimal, mental yang kuat membuat pramugari yakin bisa terbang dengan baik dan memberikan pelayanan terbaik.

    Hal ini banyak terjadi, misalkan masalah turbelensi, dimana harus bisa menenangkan semua penumpang. Asih juga menambahkan, jika sekali terbang dengan membawa minimal ratusan penumpang, biasanya hanya ada tidak lebih dari 10 kru yang terbagi 3 di kokpit dan sisanya di belakang. Bayangkan saja, harus bisa mengatasi semua penumpang dalam kondisi yang cukup berbahaya.

    Baca juga : Livienne Russelia, Kisah Wanita Sukses Pendiri Vienna

  2. Ilmu Pengetahuan

    Pramugari juga harus cerdas dan pintar, dimana Asih menyebutkan, selama pendidikan calon pramugari mendapatkan banyak sekali pembekalan pengetahuan. Mulai dari bahasa, pengetahuan umum hingga budaya. Bahkan tata cara etika pelayanan terbaik, pasalnya orang yang naik pesawat itu golongan menengah ke atas.

    pramugari profesional garuda indonesia

    Sumber : news.detik.com

    Kenapa pramugari profesional harus punya wawasan yang luas? Tidak jarang penumpang akan menanyakan beberapa hal yang cukup menyimpang, apalagi jika rute pesawat itu ke tempat wisata. Ada baiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu, terlebih lagi jika berada dalam satu pesawat dengan turis mancanegara. Sudah jelas, harus memberikan kesan bagus. Minimal dapat berkomunikasi dengan lancar, sehingga tidak memalukan diri sendiri.

  3. Penampilan Fisik

    Ternyata untuk jadi pramugari profesional tidak selalu mengandalkan fisik bukan, cukup dapat berpenampilan menarik. Semua maskapai penerbangan sudah menerapkan syarat calon pramugari, mulai dari fisik, penampilan hingga etika yang akan ditonjolkan. Apalagi untuk kelas internasional, minimal harus bisa mengetahui bahasa asing.

    Nantinya Anda akan bertemu dengan seluruh orang dari mancanegara, minimal harus bisa menguasai bahasa Inggris yang baik dan benar. Asih bisa mengatakan, jika pramugari adalah frontliner, ini tampilan terluar sehingga harus bisa memberikan pelayanan terbaik. Bahkan saat terbang ke luar negeri, akan membawa perwakilan negara.

Jadi bukan hanya soal fisik saja yang penting untuk jadi pramugari profesional, Anda harus punya keyakinan dan tekad yang kuat. Bahkan pramugari harus cerdas dalam pembawaan diri, terlebih jika ikut dalam rute internasional. Jangan sampai, negara sendiri tercoreng hanya karena perwakilannya memberikan image buruk.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply