Sering Lupa Nama Orang Yang Baru Dikenal, Ini Alasannya!

Lupa nama orang, bukan lagi jadi sebuah kebiasaan, namun ini akan membuat Anda malu. Pasalnya jika harus berkenalan dengan banyak orang, kira-kira bisa mengingat lebih dari 15 nama sekaligus. Anda tentu mengalami kesulitan tersebut, apalagi jika disapa namun tidak tahu orangnya, ternyata ini hal logis yang bisa terjadi pada siapa saja.

Bukan hanya kurang perhatian atau tidak bisa mengingat dengan baik, pasalnya banyak orang yang suka lupa dengan nama orang lain, apalagi jika hanya berkenalan sebentar saja. Banyak orang merasa bersalah, karena lupa nama orang yang diajak bicara. Ternyata ada penjelasan secara ilmiah, mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Hal ini diungkapkan Time.com, dimana ada alasan secara ilmiah Anda bisa lupa nama orang, ini bahkan tidak mengada-ada. Karena sudah melakukan penelitian dalam sebuah program di University of California, penjelasan ilmiah dapat membuat Anda mengerti kenapa memiliki kekurangan tersebut, ini bukan kesengajaan.

4 Penjelasan Ilmiah Mengapa Suka Lupa Nama Orang Baru

kebiasaan lupa nama orang
Sumber : iwillteachyoutoberich.com
  1. Orang Tersebut Tidak Cukup Menarik

    Alasan pertama kenapa Anda bisa lupa nama orang, bahkan setelah berkenalan sebelumnya. Orang tersebut tidak bisa memberikan kesan menarik, sehingga Anda akan melupakan begitu saja. Rasa tertarik akan membuat otak berpikir lebih cepat bahkan menanamkan hal baru, ini sudah di luar kendali Anda bukan.

    Dimana otak biasanya akan memilah mana yang perlu di ingat atau tidak, jika berkenalan dengan orang baru dan tidak memberikan kesan baik atau membuat Anda terkesan, maka akan dilupakan begitu saja. Seperti kejadian yang berlalu saja, tanpa kesan apapun. Lain halnya jika berkenalan dengan orang baru dan membuat orang tertarik, ini bukan hanya terjadi pada perkenalan dengan lawan jenis saja.

  2. Mengabaikan Hal Kecil

    Saat harus bertemu dengan banyak orang seperti di acara pernikahan, pertemuan atau seminar, otak tidak akan bisa merekam semua informasi. Kembali akan memilah mana yang penting atau tidak, jika Anda mengalami lupa nama orang, bisa jadi karena suka mengabaikan hal kecil. Ini hal yang anggap remeh namun berdampak buruk.

    Baca juga : 5 Ramuan Alami Efektif Memutihkan Selangkangan Secara Permanen

    Pasalnya otak tidak akan menerima perintah secara lengkap, misalkan sedang berkenalan. Anda cukup tertarik namun ada hal yang lebih menarik lagi, sehingga mengabaikan hal tersebut. Bisa jadi, besok saat bertemu orang yang sama tidak akan menyapa, karena tidak tahu namanya. Kebiasaan mengabaikan hal kecil cukup menyulitkan nantinya, karena otak akan melakukan hal serupa.

  3. Nama Terlalu Pasaran

    Banyak orang tua memberikan nama berbeda dan belum pernah ada, ini memang akan memberikan kesan unik dan hanya satu-satunya. Bisa jadi jika Anda berkenalan dengan nama dari bahasa asing, akan lebih mudah mengingatnya. Lain halnya, jika berkenalan dengan mereka yang punya nama pasaran, sering lupa nama orang tersebut atau lebih parahnya tertukar.

    sering lupa nama orang
    Sumber : bbc.co.uk

    Secara ilmiah kenapa otak lebih mudah menerima dan menanamkan ingatan nama orang, karena terkesan unik dan belum pernah ada sebelumnya, bahkan saat sulit diucapkan. Tetapi, jika punya nama pasaran dan sudah pernah Anda dengar, bisa jadi akan lupa bahkan tertukar dengan orang lain, hanya karena punya nama sama atau hampir mirip.

  4. Jaga Image Di Mata Orang Banyak

    Perhatian seseorang sangat mudah teralihkan begitu saja, apalagi jika berada di acara besar dengan banyak orang. Awalnya Anda akan mengingat nama orang yang mengajak atau diajak kenalan, namun saat berkenalan dengan orang baru lagi, bisa jadi akan melupakan orang sebelumnya. Otak lebih banyak merekam wajah, bukan nama orang.

    Sehingga wajah jika Anda lupa nama orang, apalagi jika nantinya harus berkenalan dengan banyak orang penting. Rasa gugup dan kaku, bisa membuat kinerja otak semakin berat, hal ini tentu saja membuat seseorang akan sulit mengingat. Ada baiknya, Anda mencatat nama orang tersebut dan jangan ragu menanyakan, maaf nama Anda siapa. Ini cara yang lebih sopan dari pada mengabaikan lawan bicara.

Jadi jangan takut jika Anda lupa nama orang begitu saja, bisa saja karena tidak terlalu menarik, beban otak terlalu banyak atau Anda yang terlalu cuek. Namun ini bisa dikurangi dengan meminta maaf dan berkenalan ulang, dimana otak lebih banyak menyimpan memori dalam bentuk visual dari pada audio, ini bahkan tidak masuk dalam penyakit pikun.

Chairunisa Amalia Hapsari

Dreamer, Chocolate Lover, Travel Buff, Family Women, Movie Freak, and can't stand a day without Music.

One thought on “Sering Lupa Nama Orang Yang Baru Dikenal, Ini Alasannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *