Lifestyle

Sering Menyendiri ? Jangan Khawatir Anda Lebih Tangguh Dari Yang Lain

Punya kebiasaan sering menyendiri ? Jangan minder, ini bukan kegagalan bersosialisasi dengan lingkungan, melainkan cara Anda untuk jadi pribadi lebih baik. Bagaimana bisa, seorang yang suka menyendiri jadi pribadi lebih baik, bukankah karena di kucilkan teman lainnya. Jangan pesimis dahulu, ada kebaikan dari sikap aneh ini.

Normalnya semua orang akan berbaur dan pergi secara bergerombol, namun nyatanya Anda lebih sering menyendiri dari pada berkumpul dengan banyak orang. Alasannya tidak suka keramaian, ini jadi hal klise. Bukannya anti sosial, buktinya tetap punya banyak teman, namun memang lebih suka sendiri saja, karena merasa lebih nyaman.

Sebenarnya, apakah kebiasaan sering menyendiri memberikan dampak positif. Apakah ini baik jika diteruskan atau mulai dihentikan? Ternyata sudah banyak penelitian menyebutkan, mereka yang suka menyendiri memiliki kualitas lebih, bahkan punya pengendalian diri lebih baik. Kenapa tidak mencobanya, Anda akan merasakan banyak manfaatnya.

5 Manfaat Punya Kebiasaan Sering Menyendiri

wanita suka menyendiri

Sumber : blog.i-likelocal.com

  1. Pengaturan Waktu Lebih Baik

    Banyak orang mengalami kegagalan karena tidak pintar mengatur, hal ini terlihat dari waktu kedatangan ke kantor. Bagaimana cara menepati janji pertemuan, jika sering telat dan hanya menggunakan alasan klise, ini hanya omong kosong belaka. Bisa jadi, dia merupakan pribadi yang tidak pandai mengatur waktu, sehingga rugi masih berteman dengan orang seperti itu.

    Saat Anda menyendiri, akan lebih banyak waktu yang dihabiskan sesuai keinginan. Misalkan, Anda sudah punya jadwal makan siang dengan teman, karena jarang bergaul dengan orang sekitar, maka bisa datang tepat waktu. Bahkan sering kali lebih dahulu, pasalnya Anda punya sikap yang tidak suka di tunggu orang lain karena tidak enak.

  2. Masalah Dapat Terselesaikan Dengan Baik

    Semua orang punya masalah dan harus diselesaikan, bukan dihindari. Ini tindakan anak kecil, dimana menghindari masalah maka akan menumpuk masalah tersebut. Punya kebiasaan sering menyendiri membuat Anda bisa menyelesaikan semua masalah dengan baik, bagaimana bisa? Padahal tidak sharing atau menceritakan masalah pada orang lain.

    Baca juga : Anak Milenial Mulai Terapkan Kerja Cerdas Bukan Kerja Keras

    Ada beberapa orang yang tidak suka masalahnya diketahui orang lain, bahkan mengatakan ini sebuah aib. Maka dari itu, jika punya waktu menyendiri, tentu akan mendapatkan solusi dengan mudah. Pasalnya Anda fokus pada satu masalah saja, pikiran tidak akan terpecah pada orang lain. Bahkan sering kali menawarkan solusi terbaik yang tidak terpikirkan orang lain sebelumnya.

  3. Mandiri

    Siapa bilang mereka yang sering menyendiri itu menyedihkan dan sering kali terlihat lemah, lihat saja karena sendiri maka harus bisa menyelesaikan masalahnya, sehingga terbiasa untuk mandiri. Pasalnya tidak ada orang yang akan menolong kecuali dirinya sendiri, hal tersebut sangat dibutuhkan saat Anda memutuskan untuk merantau.

    wanita sering menyendiri

    Sumber : hotelcluster.com

    Wanita memang lebih lemah dari laki-laki, namun tidak lantas Anda selalu membutuhkan bantuan orang lain. Cobalah untuk mandiri, lakukan semua hal yang Anda bisa tanpa meminta bantuan orang lain. Lambat laun, ini akan jadi sebuah kebiasaan, dimana tidak akan pernah memanggil orang lain jika tidak sangat membutuhkan bantuan. Pribadi mandiri juga disukai banyak pria, pasalnya tidak terlalu merepotkan.

  4. Pekerjaan Selesai Tepat Waktu

    Sering menyendiri membuat Anda punya banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan, tidak akan terjebak dalam kegiatan rumpi dengan teman satu kantor. Tidak ada waktu untuk membuka media sosial atau website belanja online, bahkan Anda termasuk karyawan yang sangat jarang sekali lembur karena semua pekerjaan sudah selesai tepat waktu.

    Jika ingin demikian, coba untuk fokus pada pekerjaan Anda saja. Jika ada teman meminta bantuan, katakan saja jika pekerjaan Anda belum selesai, sehingga tidak bisa memberikan bantuan. Nantinya jika sudah selesai, maka bisa memberikan bantuan sebisa mungkin. Coba usahakan untuk menolak, ini bukan berarti Anda pelit atau sombong, melainkan tegas dan fokus pada satu hal saja.

  5. Pribadi Lebih Tenang

    Tidak suka keramaian dan lebih sering menyendiri, membuat Anda menjadi pribadi lebih tenang. Pembawaan lebih kalem, anggun dan disegani rekan kerja lainnya. Bahkan saat terkena masalah, Anda bisa berpikir jernih dan mendapatkan solusi yang tepat. Inilah keuntungan jadi pribadi menyendiri, pasalnya Anda akan menyelesaikan masalah terlebih dahulu dan memikirkan baik buruknya.

    Selain itu, mereka yang suka menyendiri, tidak mudah percaya omongan orang lain. Lebih memilih mempercayai objeknya, bahkan menjauhi gosip atau hal yang tidak sepatutnya dibicarakan. Anda juga tidak akan mudah berekspresi dan pandai mengatur emosi, ini akan jadi pribadi yang lebih baik. Apalagi jika sudah menjadi atasan yang perlu memberikan contoh pada bawahan.

Jadi jika Anda memiliki kepribadian yang sering menyendiri dan enggan untuk ditemani, ini bukan sebuah kelainan atau anti sosial. Melainkan tidak suka hal ramai dan menginginkan ketenangan, hidup Anda akan tenteram dan adem ayem saja. Bahkan bisa di bilang tanpa masalah, siapa bilang monoton, Anda bahkan merasa lebih bahagia.

Baca Juga:  Jangan Malu, Ini Artinya Tahi Lalat di Dahi

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply