Body & Skin Care

Sering Pakai Gel Rambut, Dampak Negatif Pengguaan Rutin

Gel rambut kini tidak hanya digunakan para pria untuk membentuk rambutnya, banyak wanita yang menggunakan gel licin dan wangi tersebut untuk menata rambut. Alasannya simple, lebih cepat kering dan mudah di aplikasikan ke rambut. Tapi banyak pakar rambut mengatakan, jika rambut terlalu sering menggunakan gel maka akan menyebabkan kerusakan.

Ternyata kerusakan rambut tidak hanya terjadi karena penggunaan alat styling, faktor usia dan genetika. Produk atau zat tambahan yang diberikan pada rambut, akan memengaruhi kesehatannya. Bahkan membuat rambut jadi terlihat kusut, mudah rontok dan bercabang. Jangan gadaikan penampilan hari ini untuk dampak jangka panjang di masa depan.

Pasalnya gel rambut mengandung PVP, polimer sealer, merupakan komponen plastik yang sulit diuraikan oleh tanah sekalipun. Bayangkan saja jika ini menumpuk di rambut hingga kulit kepala, maka bisa menyebabkan dampak negatif yang tidak akan disukai. Ini juga menyebabkan air sulir larut karena gel bersifat minyak, rambut memang akan tetap berkilau namun tidak akan mendapatkan nutrisi harian yang dibutuhkan.

4 Dampak Negatif Penggunaan Gel Rambut Setiap Harinya

keburukan gel rambut

Sumber : claudines.net

  1. Rambut Kering

    Ini banyak dirasakan setelah penggunaan jangka panjang, rambut yang biasanya lembut dan sedikit lembap karena minyak essensial alami dari kulit kepala, kenapa tiba-tiba menjadi kering. Ini bisa disebabkan gel, pasalnya hampir semua produk mengandung alkohol dan senyawa kimia yang cukup berbahaya.

    Korosif memiliki dampak merusak rambut, apalagi jika rambut tidak terhidrasi dengan baik, akibatnya akan terasa kering. Kondisi ini akan terlihat mulai dari ujung yang bercabang, mudah patah dan kulit kepala mudah terkelupas. Ada baiknya, untuk menghentikan penggunaan atau gunakan sedikit saja di bagian rambut, jangan turun hingga kulit kepala.

  2. Kerontokan

    Efek yang cukup mengerikan terjadi pada pria yang menggunakan gel setiap harinya, dampak negatif ini memang baru terasa setelah berusia 40 tahun. Hal ini karena terdapat lingkaran atau kebotakan di bagian tengah hingga ke depan, pasalnya rambut menjadi lebih lemah dan sulit tumbuh kembali.

    Dampak Negatif Gel Rambut

    Sumber : windsordermatology.com

    Bahkan jika memaksakan satu jenis gel, biasanya rambut akan sulit tumbuh atau pertumbuhan semakin terhambat. Bahkan bukan hanya terjadi masalah dengan rambut, hingga akar juga mengalami lemah akibat penggunaan gel yang terlalu banyak. Harus segera dihentikan, jika kerontokan rambut yang terjadi di luar batas normal.

  3. Ketombe

    Masalah gatal dan terdapat noda putih yang turun dari rambut, inilah ketombe. Sangat ditakuti siapa pun, namun hampir semua orang memiliki masalah rambut ini. Ternyata bukan karena kurang menjaga kebersihan rambut atau alergi pada salah satu jenis shampoo saja, gel rambut bisa jadi faktor penyebab ketombe yang tidak banyak disadari.

    Baca juga : Cara Cerdas Atasi Bibir Kering Saat Beraktivitas

    Bagaimana bisa, padahal menggunakan gel hanya di bagian rambut saja. Pasalnya saat beraktivitas, kulit kepala mengeluarkan minyak, sehingga gel akan turun ke bawah dan menyebabkan masalah rambut tersebut. Rambut menjadi rapuh dan kulit kepala tidak sehat, ini akan membuat ketombe jadi masalah utama.

  4. Warna Rambut Berubah

    Perubahan ini memang tidak terjadi secara langsung, namun coba amati bagian ujung rambut. Biasanya akan bercabang dan berubah kemerahan, ini bisa terjadi akibat nutrisi yang tidak sampai ke ujung rambut, bahkan juga karena terlalu sering terkena sinar matahari. Tapi beberapa pria mengalami hal tersebut, padahal sudah melakukan perawatan rambut.

    Pernah curiga gel rambut yang digunakan setiap harinya akan membuat perubahan warna rambut, ya gel rambut yang mengandung bahan kimia tak ramah di rambut ini bisa mengubah keseimbangan pH yang ada di kulit kepala. Akibatnya, kelembapan akan semakin menurun dan memengaruhi perubahan warna rambut, ini akan menyebabkan kerontokan nantinya.

Hati-hati, jika sebelumnya tidak pernah mengalami masalah rambut atau kulit kepala sebelumnya. Mencuci rambut saja tidak cukup, pastikan tidak ada bahan kimia seperti gel rambut akan merusak keseimbangan dan pH alami rambut. Ini akan menyebabkan kerontokan hingga kebotakan dini jika digunakan terus menerus.

Baca Juga:  5 Jenis Makanan Buat Bahagia, Patut Dicoba Saat Galau!

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply