Body & Skin Care

Sering Sembelit? Lancarkan Sistem Pencernaan Dengan Buah Ini

Sembelit memang gangguan yang sangat menyakitkan, pasalnya saat Buang Air Besar (BAB) harus merasakan pedih hingga mengeluarkan darah. Ini akibat sistem pencernaan mengalami gangguan, sehingga feses menjadi lebih keras. Hal tersebut bisa diatasi dengan konsumsi makanan kandungan serat tinggi, seperti sayuran dan buah.

Tapi apa yang terjadi, kebanyakan orang dewasa kurang menyukai sayuran, mulai dari rasanya yang pahit, tidak bisa makan dengan cepat hingga memang tidak suka sayur sejak kecil. Coba konsumsi buah-buahan, ini lebih sehat karena tidak perlu di masak, bisa langsung di makan dan rasanya lebih enak. Bahkan kapan saja bisa di makan, tanpa harus menunggu jam makan.

Pepaya terkenal bisa menyembuhkan sembelit secara alami, bahkan bisa memperlancar BAB tanpa kesakitan. Hal ini karena pepaya mengandung buah dan serat tinggi, sehingga bisa mempermudah BAB. Bukan itu saja, terdapat kandungan papain, ini akan memperlancar saluran pencernaan. Jika tidak bisa menemukan pepaya, ada beberapa buah yang bisa memperlancar BAB.

Rekomendasi Buah-Buahan Untuk Atasi Sembelit

apel dapat atasi sembelit

Sumber : update.ahloo.com

  • Apel

    Ini buah yang banyak di konsumsi saat diet, dapat menunda lapar namun tidak menyebabkan timbunan lemak. Ternyata ini sangat bagus untuk sistem pencernaan, pasalnya mengandung serat tinggi sehingga bisa menghilangkan masalah sembelit. Bahkan beberapa wanita mengatakan tidak lagi mengalami masalah BAB dengan konsumsi apel secara rutin.

    Baik apel lokal (apel malang) atau apel impor, semuanya memiliki kandungan serat tinggi. Namun untuk apel lokal lebih bagus lagi, rasanya yang agak kecut mengindikasikan memiliki kandungan vitamin C, ini sangat bagus untuk kulit. Sehingga bisa terlihat lebih cerah, segar dan memberikan tambahan kandungan kolagen bagi kulit.

  • Plum Kering

    Buah yang tidak mudah didapatkan secara bebas, biasanya di jual supermarket besar karena memang didatangkan impor. Ini terbukti memberikan kandungan serat tinggi, sehingga sangat efektif mengatasi masalah sembelit, apalagi jika sudah sampai tahap keluar darah. Ini sangat serius dan sebaiknya mendapatkan penanganan dokter.

    buah atasi sembelit

    Sumber : food.detik.com

    Jika masih awal dengan sulit BAB saja, makan beberapa buah plum kering dalam menghilangkan rasa sakit dan BAB lebih lancar. Kandungan serat tinggi bisa memperbaiki sistem pencernaan, ini sangat baik untuk anak-anak hingga lanjut usia. Langsung saja makan plum kering begitu saja, beberapa buah dala sehari. Jika memang tidak merasa nyaman dengan rasa asam dan manisnya, bisa dicampurkan dalam makanan.

    Biasanya penyajian plum kering di masukkan dalam kue kering atau basah, bisa juga jadi toping dalam es krim dengan plum ukuran lebih kecil. Bahkan ini sangat cocok untuk menu buka puasa, jika tidak menemukan kurma, karena rasanya kurang lebih sama. Cocok untuk membentuk program diet, pasalnya bisa jadi energi tambahan di saat lapar.

  • Buah Sitrus

    Sudah pasti semua buah sitrus mengandung vitamin C tinggi, bahkan memiliki kandungan serat tinggi. Bukan hanya bagus untuk kulit karena bisa mencerahkan secara alami, melainkan membantu sistem pencernaan. Ini karena kandungan serat tinggi, sehingga bisa membantu mendorong feses keluar lebih cepat dan mudah.

    Baca juga : Manfaat Dapatkan Tidur Berkualitas Setiap Malam, Anti Begadang!

    Tidak akan ada lagi masalah sembelit yang menyiksa, bikin pedih bahkan hingga berdarah. Beberapa orang dewasa yang malas makan sayur mengalami ini, bahkan rasanya sangat tersiksa saat BAB. Diketahui dalam satu buah citrus mengandung 3,1 gram serat, ini sangat dibutuhkan tubuh, bukan hanya sistem pencernaan namun menjaga kesehatan.

Bukan hal sulit untuk menemukan buah dengan kandungan serat tinggi, ini akan mengatasi sembelit dan memperlancar sistem pencernaan. Anak-anak yang mengalami kesulitan BAB, sebaiknya konsumsi buah di atas, bukan dengan pemberian obat. Buah-buahan lebih sehat, praktis dan rasanya lebih enak. Ada baiknya makan buah secara langsung tanpa di olah terlebih dahulu.

Baca Juga:  5 Hal Harus Dihindari Saat Pengisian Ponsel, Demi Keselamatan Bersama

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply