Body & Skin Care

Sinar Matahari Dapat Memberikan Kebahagiaan, Why?

Banyak wanita menghindari paparan sinar matahari secara langsung, ini memang mengganggu kesehatan kulit. Namun sinar UV pada pagi hari memberikan banyak manfaat, bahkan wanita yang banyak mendapatkan sinar tersebut memberikan kebahagiaan tersendiri, bagaimana bisa? Hal ini dibuktikan secara science.

Bersyukurlah tinggal di negara tropis dengan sinar UV berlimpah, bahkan setiap harinya bisa merasakan panas alami yang dipancarkan bintang terbesar di jagad raya. Tapi saat musim penghujan sekarang ini, jarang mendapatkan pancaran matahari terbit, sehingga terasa berkabut dan ini membuat kulit menjadi lebih kering.

Menghindari paparan sinar UV secara langsung memang membuat kulit tidak mudah mengalami pigmentasi, namun terlalu lama berada di dalam ruangan, bahkan tidak terkena sinar matahari berhari-hari juga membuat tubuh mengalami penyakit. Maka dari itu, disarankan mendapatkan manfaat terbaik sinar UV di pagi hari, sebelum jam 9 pagi.

sinar matahari bikin happy

Sumber : themysteriousgirl.ro

Hal ini terbukti secara science, dimana pancaran sinar UV memberikan pengaruh dalam produksi hormon. Dimana terjadi perubahan hormon serotonin, banyak disebut dengan hormon bahagia, ini yang ada dalam cokelat, hal yang membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi lebih bahagia. Jika seseorang mendapatkan pancaran sinar UV cukup, maka produksinya akan semakin meningkat, sebaliknya jika tidak makan akan produksi hormon serotonin akan menurun.

Baca Juga:  Hilangkan Mual Secara Instan Dengan Cara Ini

Ternyata bukan itu saja, kekurangan sinar matahari juga bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, apalagi yang berkaitan dengan tulang. Pasalnya sunar UV memiliki kandungan vitamin D yang tinggi, itulah sebabnya bayi di bawah 1 tahun, wajib mendapatkan sinar UV secara cukup, terlebih di pagi hari, agar tumbuh kembang jadi lebih maksimal.

3 Gangguan Kesehatan Jika Kekurangan Sinar Matahari

sinar matahari bisa bikin happy

Sumber : caretolook.com

  1. Berkeringat Tak Wajar

    Jika melakukan aktivitas di luar ruangan dan sinar matahari sedang terik, maka wajar jika berkeringat berlebih, bahkan hingga mandi keringat. Namun saat di dalam ruangan dan tiba-tiba berkeringat tidak wajah dan berlebihan, ini hal yang patut di curigai. Pasalnya tubuh tidak mengeluarkan sisa apapun, bahkan merasakan kenaikan suhu tubuh.

    Pasalnya ini menandakan jika kekurangan vitamin D, ini banyak terdapat pada bayi, dimana terlihat mengalami keringat berlebih. Ini bisa terlihat dari bagian lekukan tubuh, kepala hingga kaki dan tangannya. Jika sudah demikian, sebaiknya mendapatkan penanganan dokter, pasalnya kekurangan vitamin D akan menghambat pertumbuhan tulang dan bisa jadi tumbuh kembang terhambat nantinya.

  2. Tulang Terasa Lemah

    Pernah merasa pegal dan linu tanpa sebab, padahal tidak melakukan aktivitas berat dan mendapatkan istirahat cukup. Ini tanda jika tubuh kekurangan vitamin D, bukan hanya dengan konsumsi makanan namun juga membutuhkan sinar matahari sebagai sumber vitamin D terbaik. Ini sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang, baik saat pertumbuhan atau setelah dewasa.

    manfaat sinar matahari

    Sumber : angelina-samadhi.com

    Pasalnya ini bukan hanya menguatkan tulang, mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis, akibat tidak mendapatkan asupan vitamin D cukup, kekurangan sumber energi hingga nutrisi lebih yang dibutuhkan ibu hamil. Jadi jangan heran, jika saat mengandung maka tubuh akan terasa linu dan lemah, pasalnya banyak nutrisi penting yang diambil janin dari tulang ibu.

    Jika saat ini sering kali mengalami sakit pada tulang atau linu tanpa kejelasan, penyebab utamanya kekurangan vitamin D. Obat terbaik memang paparan sinar UV secara langsung, coba berdiri di luar ruangan sebelum jam 9 pagi, suhu tidak akan terlalu menyengat dan mendapatkan nutrisi maksimal, ini lebih baik dari tambahan nutrisi atau vitamin D secara instan.

  3. Tubuh Mudah Lunglai

    Bukan hanya terasa linu, namun tubuh menjadi lebih mudah lemas, lemah dan lunglai. Hal ini dikuatkan dengan penelitian yang dilakukan Harvard Univesity, di kutip dari Harper’s Bazaar, disebutkan bahwa ada hubungan konsumsi suplemen yang memiliki kandungan vitamin D tinggi dengan daya kontrol otot. Sehingga jika kekurangan vitamin D, maka otot akan mudah lungkai, seperti tidak bertenaga.

    Baca juga : Kenali Gejala Diabetes Yang Banyak Diabaikan Anak Muda

    Cara paling praktis mengembalikan kekurangan vitamin D dengan terkena sinar matahari secara langsung, ini akan membuat otot semakin kuat. Maka dari itu, disarankan tetap berolahraga di pagi hari, apalagi untuk pekerja kantoran yang sangat jarang sekali terkena sinar UV di siang hari, sehingga tubuh akan terasa lebih segar, bersemangat, otot tidak lunglai dan terasa lebih bahagia.

Hal kecil yang memberikan dampak besar bukan, ternyata sinar matahari bisa memberikan kebahagiaan pada mereka yang mendapatkan secara langsung. Namun bukan sembarang sinar UV, pastikan ini hanya di pagi hari dan tidak disarankan terkena sinar UV di tengah hari, pasalnya ini lebih banyak merusak dari pada mendapatkan manfaatnya.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply