Body & Skin Care

Tertekan Karena Stres? Coba Atasi Dengan Gerakan Meditasi

Stres memang bisa datang pada siapa saja dan dimana saja, apalagi jika Anda memiliki rutinitas yang padat dan masih berputar di daerah yang sama. Hal inilah yang dapat menimbulkan stres, apalagi tekanan kerja yang semakin menggila. Tidak punya banyak waktu untuk mengatasi stres, cobalah untuk melakukan meditasi.

Ini merupakan gerakan ringan yang dapat menstimulasi semua sistem saraf, selain itu membuat peredaran darah semakin lancar, bahkan bisa mencegah mengalami sakit. Stres memang bukan virus, namun dapat memicu Anda mengalami sakit, pasalnya akan mengabaikan gejala kecil yang muncul, padahal tubuh sudah mulai tidak nyaman.

Cobalah untuk melakukan gerakan meditasi setiap harinya, hanya menyisihkan waktu 10 menit saja setiap pagi. Ini akan membuat tubuh menjadi lebih relaks, tenang dan dapat berpikir dengan jernih. Selain itu, tubuh menjadi lebih ringan, nafsu makan meningkat dan lebih bersemangat bekerja. Coba ikuti beberapa gerakan meditasi berikut ini.

4 Gerakan Meditasi Untuk Menangkal Stres

gerakan meditasi

Sumber : dagelan.co

  1. Mindfulness

    Gerakan meditasi dengan cara duduk dan memikirkan masalah Anda, namun coba untuk tenang. Tarik napas dalam dari hidung dan keluarkan perlahan dari mulut. Lakukan ini terus menerus hingga Anda tenang, ini akan memberikan kelegaan pikiran. Jadi, bisa mengambil tindakan dan keputusan dengan tepat.

    Coba lakukan gerakan ini setiap pagi hari, duduk di tempat terbuka, jika bisa di taman tanpa menggunakan alas. Di pagi hari udara akan berbeda, atur pernapasan dan cobalah untuk tenang tanpa adanya suara. Ini akan membuat Anda lebih tenang, segar dan bisa mengatur emosi lebih baik. Ini berkaitan dengan jiwa Anda, saat sudah lebih tenang makan bisa menghadapi masalah apapun.

  2. Movement

    Setelah merasa lebih tenang, coba lakukan movement meditasi. Ini cocok untuk Anda yang tidak tahan terlalu lama duduk, coba lakukan beberapa gerakan seperti yoga. Lakukan pemanasan terlebih dahulu, pastikan Anda sudah siap untuk melakukan gerakan dan mulai dengan yang ringan terlebih dahulu.

    Baca juga : 5 Hal Harus Dihindari Saat Pengisian Ponsel, Demi Keselamatan Bersama

    Ini akan cocok untuk Anda yang super aktif dan tidak bisa diam, selain itu coba gerakan tai-chi dengan menggerakkan seluruh tubuh. Sehingga otot tidak lagi tenang, saraf menjadi lebih relaks dan peredaran darah semakin lancar. Ini bukan hanya memperbaiki pikiran, namun juga mencegah penyakit dan imun tubuh semakin meningkat.

  3. Focused

    Sering gagal fokus di kantor, ini bisa jadi karena banyak masalah atau kurang tidur. Ada gerakan dalam meditasi untuk mengembalikan fokus Anda, ini bahkan lebih menyenangkan karena tidak perlu duduk atau melakukan banyak gerakan seperti yoga atau taichi. Cobalah untuk tenang dengan menggunakan benda lain.

    gerakan meditasi

    Sumber : alodokter.com

    Hal yang paling mudah, duduk tenang dan nikmati secangkir teh hangat. Ini akan membuat tubuh menjadi lebih relaks dan tidak selalu terburu-buru, nikmati setiap tegukan dan rasanya teh masuk ke dalam tubuh. Untuk lebih nyaman lagi, gunakan teh hijau tanpa tambahan gula, memang pahit namun bisa menenangkan dan mengembalikan fokus.

  4. Mantra

    Anda sulit konsentrasi dengan ketenangan, bahkan takut dengan kesunyian. Bisa menggunakan matra meditasi, dimana bisa merasa lebih relaks dengan bantuan indra pendengaran. Coba dengarkan lagu yang tenang dan beat pelan, ini akan membuat Anda bisa lebih kalem, tidak tegang dan menikmati apa yang dilakukan selama ini.

    Lupakan beban pikiran sejenak, cobalah duduk dan dengarkan. Ini akan membuat Anda bisa menghilangkan stres karena berhasil menyingkirkan masalah sejenak, dengarkan lagu tanpa menyela dan ini akan membuat pikiran menjadi lebih baik. Coba pejamkan mata dan duduk dengan posisi nyaman, setelah lagu selesai pikiran akan kembali jernih dan bisa bekerja lebih produktif lagi.

Ada banyak cara untuk mengembalikan pikiran jernih, kondisi tubuh fit dan suasana hati kembali bagus. Cobalah lakukan gerakan meditasi yang membuat Anda nyaman, memang satu dua kali belum merasakan manfaatnya. Namun setelah menjadi sebuah kebiasaan, ini akan memberikan ketenangan dan bisa menghadapi semua masalah. Stres tidak akan datang pada orang yang bisa berpikir jernih, pastikan Anda tidak terbawa emosi dalam menentukan keputusan apapun.

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply