Olahraga Dapat Tingkatkan Kecerdasan Otak
Lifestyle

Tingkatkan Kecerdasan Otak, Coba Lakukan Kebiasaan Ini!

Bukan hanya makanan yang bisa tingkatkan kecerdasan otak, ternyata kebiasaan juga bisa membuat otak kamu jadi lebih pintar. Tenang, ini bukan kebiasaan orang kaya yang membutuhkan budget besar. Bahkan kebanyakan kebiasaan yang bikin otak jadi lebih pintar, kamu lakukan setiap harinya tapi tidak pernah menyadari apa manfaatnya.

Kebanyakan orang mengira, untuk jadi cerdas butuh gen atau induk yang cerdas, butuh otak lebih besar atau membutuhkan asupan makanan bergizi. Ini memang bisa membentuk otak jadi lebih cerdas, tapi ada hal yang lebih mudah untuk membuat otak kamu jadi lebih cerdas dari sebelumnya. Hal ini karena mengaktifkan semua fungsi otak, dimana sebelumnya tidak berfungsi maksimal alias hanya tertidur saja.

Maka dari itu, untuk tingkatkan kecerdasan otak, kamu harus memaksimalkan fungsi otak itu sendiri. Jangan sampai membuat otak malas bekerja atau parahnya tertidur terus menerus dan tidak melakukan fungsinya. Coba lakukan beberapa kebiasaan ini, dimana terbukti bisa meningkatkan kecerdasan otak sehingga kamu jadi terlihat lebih pintar.

5 Kebiasaan Dapat Tingkatkan Kecerdasan Otak

Buah-Buahan Dapat Tingkatkan Kecerdasan Otak

Sumber : huffpost.com

  1. Mencari Hal Baru

    Jangan hanya berkutat pada zona nyaman, tapi lihat apa hal baru yang ada sekarang ini. Kebanyakan dari kamu, suka dengan sesuatu yang nyaman dan menyenangkan, sehingga lupa jika banyak hal baru yang lebih seru lagi. Tapi selalu ada kemungkinan, menyenangkan atau menyebalkan, sehingga memilih yang aman saja.

    Hal inilah yang membuat otak tertidur dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, ada baiknya jika ingin tingkatkan kecerdasan otak, coba selalu mencari hal baru. Bukan berarti, kamu akan mengganti kebiasaan atau kenyamanan kamu, tapi tidak ada salahnya sekadar tahu dan mengerti. Ini juga membuat kamu jadi lebih pintar, pasalnya kamu tahu lebih dahulu apa yang baru sekarang ini.

  2. Menerapkan Hal Baru yang Lebih Baik

    Saat berproses dengan hal baru, kamu banyak membandingkan apa yang sudah dilakukan dan sedang dijalani sekarang ini. Ternyata, hal baru yang kamu temukan lebih menarik, menyenangkan dan memberikan banyak kebaikan. Tidak ada salahnya, menerapkan hal baru tersebut dalam hidup kamu, toh memberikan sesuatu yang baru.

    Biasanya hal baru memang belum memberikan hasil secara langsung, tapi lihat dahulu prosesnya. Jika saat menjalaninya, kamu jadi lebih baik, maka lanjutkan untuk mendapatkan banyak kebaikan lagi. Tapi jika yang terjadi sebaliknya, silakan tetap menjalani zona nyaman yang kamu sukai karena ternyata ini yang terbaik untuk kamu.

  3. Hindari Kebiasaan Buruk

    Banyak diantara kamu tetap saja melakukan kesalahan yang sama, hal ini terjadi karena masih juga menerapkan satu kebiasaan buruk, meskipun itu kecil. Jika mau tingkatkan kecerdasan otak, sebaiknya mulai membuat list, apa saja kebiasaan buruk yang harus dihindari bahkan dihentikan mulai sekarang, ganti dengan kebiasaan baru yang lebih menguntungkan.

    Smartphone Penghambat Tingkatkan Kecerdasan Otak

    Sumber : updetanterbaru.blogspot.com

    Hal ini memang tidak mudah, seperti kebiasaan takut sebelum mencoba, ketakutan tanpa sebab atau kekhawatiran berlebih. Coba selalu menerapkan pemikiran positif, sehingga semua hal buruk tidak akan pernah terjadi dan bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan. Otak ternyata butuh rangsangan kecil tersebut, sehingga setiap langkah kamu akan memberikan keberhasilan.

  4. Olahraga Rutin

    Kebanyakan cewek malas berolahraga, ini akan membuat panas, berkeringat dan menimbulkan bau badan. Tapi lihat dari sisi positif rajin berolahraga, kamu jadi lebih sehat, hidup lebih tertata dan bisa tidur dengan nyenyak. Selain itu, olahraga juga bisa mengurangi taraf depresi yang sering kali jadi masalah utama wanita usia 20-an.

    Baca juga : 4 Bahaya Terlalu Gengsi Dalam Memilih Pekerjaan

    Bagaimana caranya olahraga bisa tingkat kecerdasan otak, ini akan membuat otak kiri dan kanan bekerja bersamaan, sehingga lebih efektif dan efisien. Seperti contohnya, ketika kamu angkat beban, maka butuh keseimbangan dan ketepatan dalam olahraga. Bukan itu saja, saat kamu jalan santai atau jogging, otak akan bergerak bersamaan, sehingga tidak akan ada bagian otak yang tertidur.

  5. Konsumsi Makanan Anti Oksidan

    Bukan hanya dari kegiatan, kebiasaan makan sehat juga turut andil membuat kamu jadi leih cerdas. Coba mulai sekarang konsumsi makanan dengan kandungan anti oksidan, pasalnya tubuh yang terpapar radikal bebas, dapat menurunkan kekebalan tubuh. Akibatnya, kulit tidak mendapatkan nutrisi sesuai kebutuhan.

    Hal buruk lainnya, otak tidak bisa mendapatkan nutrisi sehingga mengurangi kecerdasan atau kamu jadi sedikit lemot. Ada banyak makanan dengan kandungan anti oksidan tinggi, sudah jelas ini akan banyak terdapat pada sayuran. Seperti kembang kol, wortel, buah bit, brokoli, asparagus dan kale. Jika kurang nyaman, bisa memilih buah dengan kandungan anti oksidan tinggi, seperti akpukat, buah beri atau tomat.

Ternyata ada banyak cara untuk bisa tingkatkan kecerdasan otak, bukan hanya membuat kamu jadi lebih cerdas, namun bisa lebih fokus dalam segala hal. Selain itu, mengurangi kemungkinan pikun atau terkena penyakit Alzheimer. Apalagi dengan penggunaan gadget setiap harinya, paparan smartphone lebih besar loh dari paparan sinar ultraviolet.

Baca Juga:  Naksir Cewek Melankolis, Kenali Kepribadiannya Dulu

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply