Tips Aman Bersepeda di Masa Pandemi, Jangan Ngasal Ikut Tren Saja Ya!
Lifestyle

Tips Aman Bersepeda di Masa Pandemi, Jangan Ngasal Ikut Tren Saja Ya!

Bersepeda di masa pandemi sepertinya menjadi kebiasaan baru yang muncul di masa new normal ini. Sebagian orang mulai membiasakan bersepeda sebagai gaya hidup baru yang menyehatkan. Bersepeda sendiri bisa dilakukan saat pagi hari, sore hari, atau pun saat hendak bepergian ke tempat yang dekat.

Sayangnya, bersepeda di masa pandemi terancam menjadi tren semata jika para pengguna kurang memahami keselamatan diri. Berikut tips agar kamu tetap aman bersepeda, perhatikan baik-baik ya!

Hindari Kerumunan

Hindari Kerumunan

sumber: Pexels

Sebisa mungkin hindari kerumunan kala bersepeda di masa pandemi. Tentu cukup sulit ya jika harus mencari tempat sepi di ibu kota. Alternatifnya adalah mengambil waktu bersepeda di jam lebih pagi dari orang lain agar tidak terjebak dalam kerumunan.

Toh, bersepeda tidak harus jauh-jauh juga kan? Bijaklah untuk berolahraga di waktu sepagi mungkin saat jalanan masih rentan sepi. Kamu bisa menyelesaikan bersepeda saat orang-orang justru baru mulai keluar rumah.

Gunakan Alat Pelindung Keselamatan

Gunakan Alat Pelindung Keselamatan

sumber: Pexels

Bersepeda di masa pandemi bukan hanya butuh masker loh. Kamu harus tetap jaga keselamatan diri layaknya sedang naik kendaraan bermotor. Jadi, pakalilah alat-alat pelindung keselamatan juga ya.

Gunakan helm, sarung tangan, serta bawalah bekal air minum untuk perjalanan. Pastikan kamu jangan asal bersepeda tanpa kelengkapan yang tepat. Ingat, rute kamu bersepeda pun pasti dipenuhi kendaraan bermotor juga.

Baca Juga:  5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur, Perlu Kamu Perhatikan Nih!

Jaga Jarak saat di Jalan

Jaga Jarak saat di Jalan

sumber: Pexels

Buat jarak yang aman dengan pengendara sepeda lain saat di jalanan. Nah, inilah pentingnya kamu bersepeda lebih pagi. Saat memilih keluar di jam-jam pagi, kamu dapat lebih mudah menjaga jarak dengan orang lain.

Tetap ikuti protokol kesehatan yang ada demi kesehatan dan keselamatan dirimu. Jangan memaksakan diri bersepeda jika kerumunan di jalan tidak memungkinkan. Ingat ya, covid-19 masih bisa berpotensi mudah hinggap ke siapa saja.

Gunakan Sepeda Pribadi

Gunakan Sepeda Pribadi

sumber: Pexels

Aturan penting yang harus kamu ingat saat bersepeda di masa pandemi adalah gunakan sepedamu sendiri. Hindari meminjam atau bergantian sepeda dengan orang lain. Menggunakan barang-barang pribadi lebih memudahkanmu untuk menjaga kebersihan.

Jangan biarkan juga sepedamu dipinjam orang lain. Kamu tidak bisa mengontrol penggunaan orang lain akan barang pribadimu. Tegaslah pada diri sendiri selama pandemi ini belum selesai.

Langsung Mandi selepas Bersepeda

Langsung Mandi selepas Bersepeda

sumber: Pexels

Terakhir, lekaslah berganti pakaian saat sudah sampai di rumah. Rendam dan cuci pakaian yang kamu pakai untuk bersepeda. Sebisa mungkin segera mandi untuk membersihkan badan.

Kamu tidak tahu apa yang hinggap di badanmu selama bersepeda. Jadi, bijaklah untuk lekas menjaga kebersihan diri untuk menjaga keselamatan orang di rumah juga. Jangan lupa semprot dan bersihkan sepedamu dengan disinfektan selepas digunakan.

Baca Juga:  Gaya Hidup Sehat Pekerja Kantoran Di Balik Meja

Semoga kamu senantiasa jaga kesehatan dan keselamatan diri selama bersepeda di masa pandemi ya! Boleh-boleh saja mengikuti tren, asalkan tetap ingat poin-poin di atas.

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply