Culinary

Tips Cara Memasak Sayuran Agar Tetap Fresh Dan Sehat

Sayuran menjadi makanan sehat yang sangat dibutuhkan tubuh, namun sayang kebanyakan orang dewasa tidak menginginkan jenis makanan tersebut. Junk food jadi pilihan utama, karena rasanya enak. Kenapa tidak coba memasak sayuran sendiri sehingga bisa sesuai selera, ini akan lebih sehat dan bisa dilakukan dengan cepat.

Bahkan disarankan konsumsi sayuran hijau di pagi hari, karena tubuh membutuhkan banyak nutrisi dan vitamin dari pada kandungan karbohidrat. Selain itu, konsumsi sayuran tidak akan membuat siapa pun mengantuk di pagi hari hanya karena kekenyangan. Sayangnya tidak semua orang bisa mengolah sayuran hijau dengan tepat, sehingga hanya konsumsi sampahnya saja.

Bagaimana cara memasak sayuran dengan tepat? Agar bisa mendapatkan seluruh kandungan nutrisi dan mineral, selain itu juga harus memperhatikan keseimbangan kandungannya. Jangan sampai membuat sayuran menjadi racun, pasalnya ada beberapa jenis sayur yang jika salah memasaknya akan berubah menjadi racun.

Ikuti Trik Mudah Memasak Sayuran Hijau

trik memasak sayuran hijau

Sumber : freepik.es

  • Rendam Dalam Es Batu

    Sayuran hijau memang tidak bisa disimpan terlalu lama, memang paling bagus langsung di masak dalam kondisi fresh. Namun karena keterbatasan waktu untuk belanja, membeli sayur sekalian dalam jumlah besar. Akibatnya, meskipun sudah dimasukkan dalam lemari pendingin akan terlihat layu, ternyata ada cara untuk mengembalikan sayuran agar tetap segar dan hijau.

    Ini khusus untuk sayuran yang direbus, langsung saja masak seperti biasanya, tidak perlu terlalu lama, setelah itu masukan dalam wadah yang lebih kecil. Cari wadah yang ukurannya lebih besar, tempatkan sayur dalam wadah yang sudah matang. Berikan es batu di sekelilingnya, ini akan membuat sayur jadi terlihat lebih segar.

  • Soda Kue

    Ini bukan termasuk cara mengawetkan makanan atau membersihkan barang, penggunaan soda kue tetap aman dalam jumlah tertentu. Apalagi untuk memasak sayuran, perhatikan hanya boleh menambahkan maksimal seperempat sendok teh soda kue, dalam satu porsi makanan ukuran sedang. Ini langsung dimasukkan saat di masak dan belum matang sempurna.

    Caranya, saat masakan sudah setengah matang, tambahkan soda kue dan rebusan sayuran hingga matang. Sehingga jangan khawatir, penambahan soda kue akan mengubah cita rasa masakan, namun ingat jangan terlalu banyak, ini akan mengubah masakan menjadi basa dan sedikit basi nantinya.

  • Garam

    Ingin lebih aman lagi, coba tambahkan garam saja saat memasak sayuran, ini ternyata bisa membuat sayuran kurang fresh menjadi lebih segar dan tetap mempertahankan cita rasanya. Bahkan garam bisa menjadi penyedap rasa alami, asalkan ditambahkan saat masih setengah matang dan jangan terlalu banyak, karena rasa asin akan terasa sangat tajam setelah masakan dingin nantinya.

    cara memasak sayuran hijau

    Sumber : india.com

    Ada baiknya yang ditambahkan dengan garam ini masakan tumis dan rebus, sehingga rasanya akan melebur sempurna. Bukan itu saja, garam juga memiliki sifat mengendap dan tidak boleh dimasukkan terlalu banyak. Terlebih untuk usia di atas 40 tahun, ini akan memberikan dampak negatif pada tubuh jika terlalu banyak makan masakan asin.

  • Minyak Sayur

    Ini paling cocok untuk memasak sayuran tumisan, dimana menambahkan minyak sayur sebagai awal akan membuat sayuran menjadi lebih segar. Namun jika tidak ingin terlalu banyak minyak, bisa menumis terlebih dahulu, ada baiknya tumis bumbu sehingga minyak tidak terlalu banyak. Selain itu, bisa menambahkan air untuk menghilangkan jejak minyak.

    Baca juga : Intip Resep Smoothies Meghan Markle Agar Tetap Sehat

    Jika masakan rebusan, bisa menambahkan minyak sayur untuk membuat sayuran kembali segar. Setelah matang tiriskan terlebih dahulu sebelum disajikan, nantinya minyak akan berada di bagian atas, tinggal singkirkan saja sehingga tidak terasa adanya tambahan minyak. Namun ini bisa memuat sayuran hijau terlihat lebih segar.

Ada banyak cara memasak sayuran, salah satunya untuk mengembalikan kesegaran sayuran, karena tidak mungkin membelinya setiap hari. Ada baiknya memilih sayuran yang bisa bertahan cukup lama, seperti kentang, wortel atau paprika. Dari pada sayuran hijau, sehingga kandungan mineral dan vitamin tidak akan hilang selama penyimpanan.

Baca Juga:  Resep Membuat Martabak Manis di Rumah ala Devina Hermawan

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply