Body & Skin Care

Kulit Wajah Sensitif: Ciri-Ciri dan Tips Merawatnya dengan Tepat

Kulit wajah sensitif menjadi masalah tersendiri bagi wanita. Dari sekian banyak jenis kulit wajah, mungkin tipe yang satu ini paling sering merepotkan. Apalagi jika ternyata salah menggunakan produk, bisa-bisa efeknya langsung muncul ke kulit.

Berikut ulasan singkat mengenai kulit wajah sensitif yang perlu kamu pahami. Ada juga tips perawatan yang sekiranya bisa membantumu. Simka ya!

Apa Sih Ciri dari Kulit Wajah Sensitif?

Wanita yang memiliki tipe kulit ini biasanya mudah merasakan ruam pada suhu atau kondisi yang ekstrim. Selain itu, kulit wajah juga rentan menjadi kemerahan jika terkena produk dengan bahan kimia tertentu. Yang jelas, beberapa wanita juga mengalami gatal-gatal pada kulit wajah jika sudah sangat parah.

Salah satu tanda yang jelas muncul adalah kulit wajah lama-kelamaan mengering dan terkadang mulai muncul sisik. Ini akibat dari kulit wajah yang kurang terhidrasi. Kalau kamu mengalami gejala-gejala ini, bisa jadi kamu merupakan pemilik wajah sensitif.

Lakukan Patch Test pada Produk Baru

Lakukan Patch Test pada Produk Baru

sumber: Pexels

Karena tipe kulit ini sangat rentan pada bahan kimia, ada baiknya kamu lebih peka dan bijak sebelum menggunakan produk baru. Lakukan patch test pada produk skin care yang pertama kali kamu pakai. Oleskan saja di tanganmu terlebih dahulu untuk melihat reaksi kulitmu pada skin care tersebut.

Baca Juga:  Trik Menghalau Penuaan Dini Pada Kulit Tangan

Sekilas memang cara ini sangat merepotkan, tetapi setidaknya kamu bisa mengantisipasi hal buruk terjadi. Kamu tentu tidak mau kan kalau kulit wajah menjadi kemerahan hanya karena salah produk?

Cek Bahan yang Terdapat pada Produk Skin Care

Cek Bahan yang Terdapat pada Produk Skin Care

sumber: Pexels

Sebelum salah menggunakan produk skin care, sebaiknya kamu pahami bahan apa saja yang aman untuk kulit wajah sensitif. Bahan-bahan antioksidan sangat aman untuk dipakai karena dapat meningkatkan perbaikan kulit wajah. Coba pastikan dulu apakah skin care kamu cukup mengandung bahan antioksidan.

Bahan-bahan alami dari tanaman juga baik untuk kulit sensitif. Bahan tersebut bisa memberi efek tenang pada kulit wajah. Misalnya, teh hijau, chamomile, lidah buaya, minyak argan, dan lain-lain.

Pastikan Wajah Selalu Terhidrasi

Pastikan Wajah Selalu Terhidrasi

sumber: Pexels

Kondisikan kulit wajahmu agar terhidrasi dengan baik karena tipe kulit ini cenderung mudah kering. Jaga kelembapannya dengan menggunakan hydrating cream. Kamu bisa juga biasakan diri untuk menggunakan hydrating mask dua kali dalam seminggu setiap malam.

Hindari terlalu sering membersihkan wajah karena memicu kulit wajah semakin kering. Ingat, kamu masih butuh minyak alami dari kulit untuk menjaga kelembapan kulit wajahmu.

Gunakan Sun Protection saat Beraktivitas di Luar

Gunakan Sun Protection saat Beraktivitas di Luar

sumber: Pexels

Perubahan suhu secara mendadak memicu ruam atau kemerahan pada kulit wajah sensitif. Jadi, biasakan menggunakan sun protection untuk melindungi kulit wajahmu. Namun, perhatikan pula untuk menggunakan sun protection yang cocok bagi kulit sensitif.

Baca Juga:  Coba Hilangkan Noda Hitam Di Kulit Dengan 4 Bahan Alami Ini

Kandungan sun protection yang wajib ada antara lain fragrances, dyes, alcohol, dimethicone, oxybenzone, dan Para-Aminobenzoic Acid (PABA). Hindari penggunaan chemical sunscreen dan beralihlah ke mineral sunscreen.

Jangan Gonta-Ganti Produk Sembarangan

Jangan Gonta-Ganti Produk Sembarangan

sumber: Pexels

Terakhir, jangan terlalu sering mengganti produk skin care tanpa pengawasan dokter yang tepat. Memang sih, agak susah menahan diri untuk mencoba produk skin care baru. Tetapi, ingat juga kalau produk yang salah bisa menjadi masalah buat kulitmu.

Paling aman ya konsultasikan saja ke dokter seputar masalah kulitmu. Setidaknya kamu akan diberi perawatan yang tepat dan maksimal jika datang ke ahlinya.

Semoga kamu terbantu mengatasi masalah kulit wajah sensitif ya. Ingat, rawat kulit dengan cara tepat dan jangan asal coba produk skin care!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply