5 Tips Memakai Sunscreen dengan Tepat, Wajahmu Anti Gosong Deh!
Makeup

5 Tips Memakai Sunscreen dengan Tepat, Wajahmu Anti Gosong Deh!

Tidak banyak wanita yang paham cara memakai sunscreen dengan tepat. Padahal, penggunaan sunscreen sangat penting dalam ritual skincare wanita. Terlebih bagi mereka yang sering melewatkan banyak kegiatan di luar ruangan.

Meski terkesan sepele, penggunaan sunscreen yang salah dapat membuat fungsinya nggak optimal. Berikut tips memakai sunscreen dengan tepat yang bisa kamu praktikkan.

Aplikasikan dengan Dua Jari

Aplikasikan dengan Dua Jari

sumber: Pexels

Berapa banyak sih sunscreen yang biasa kamu pakai untuk sehari-hari? Banyaknya sunscreen yang seharusnya dipakai adalah sebanyak dua ruas jari. Kamu nggak bisa pelit menggunakan sunscreen layaknya mengaplikasikan pelembap ya.

Memakai sunscreen dengat tepat sangat membantu terhadap proteksi kulit secara maksimal. Di awal pemakaian, kamu merasa agak risih karena sunscreen yang menempel di wajah terasa tebal. Tenang, lama-kelamaan kamu juga bisa terbiasa kok.

Oleskan di Area yang Tepat

Oleskan di Area yang Tepat

sumber: Home Making

Area wajah merupakan prioritas utama saat mengaplikasikan sunscreen. Namun, ada area-area lain yang juga seharusnya kamu olesi sunscreen loh. Area apa sajakah itu?

Kulit leher, dari bagian depan hingga tengkuk, cukup sensitif dan butuh perlindungan dari sinar matahari. Bagian kelopak mata juga hendaknya kamu apilikasikan sunscreen. Cukup gunakan jari manis kamu dan oleskan secara pelan-pelan. Begitu juga dengan area daun telinga butuh sunscreen agar tidak mudah kering dan mengencang akibat terbakar sinar matahari.

Baca Juga:  Wajib Nyoba, 3 Brand Kosmetik Bikin Kolaborasi Dengan Karakter Sanrio

Tunggu 30 Menit agar Meresap di Kulit

Tunggu 30 Menit agar Meresap di Kulit

sumber: Pexels

Banyak sekali yang melupakan langkah ketiga ini. Selepas mengaplikasikan sunscreen di kulit wajahmu, tunggulah hingga benar-benar meresap ke kulit wajah selama kira-kira 30 menit. Sudahkah kamu lakukan langkah memakai sunscreen dengan tepat yang ini?

Memberikan waktu bagi sunscreen untuk meresap di kulit wajah dapat memaksimalkan perlindungan sunscreen terhadap kulitmu dari sinar matahari. Kamu bisa membiasakan diri menggunakan sunscreen jauh sebelum morning routine kamu selesai. Misalnya, tunggu waktu 30 menit tersebut dengan sarapan, menyiapkan perlengkapan kerja, dan lain-lain.

Re-apply Sunscreen

Re-apply Sunscreen

sumber: skin therapy letter

Langkah selanjutnya memakai sunscreen dengan tepat adalah dengan melakukan re-apply. Sunscreen tidak bisa otomatis memproteksi wajah 24 jam penuh alias seharian. Kandungan SPF yang tinggi pada sunscreen tidak otomatis membuatmu cukup sekali mengoleskannya di wajah ya.

Kamu tetap harus re-apply sunscreen, sebisa mungkin setiap dua hingga tiga jam sekali. Terlebih jika kamu beraktivitas cukup banyak di area outdoor. Re-apply sunscreen sangat perlu dilakukan agar proteksi di wajahmu semakin baik.

Lakukan Double Cleansing di Malam Hari

Lakukan Double Cleansing di Malam Hari

sumber: Pexels

Jangan lupa lakukan double cleansing sebelum tidur, apalagi setelah penggunaan sunscreen seharian. Sisa sunscreen yang masih menempel di kulit wajah membuat pori-pori tersumbat sehingga berpotensi menimbulkan jerawat dan komedo.

Baca Juga:  Lipstik Makeup Multifungsi, Apa Saja Kegunaannya?

Gunakan milk cleanser atau cleansing oil untuk mengangkat makeup beserta sunscreen yang melekat di wajahmu. Setelah itu, lakukan second cleansing dengan menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Dua langkah mudah ini sangat membantumu membersihkan sisa-sisa sunscreen sehingga wajah kamu bisa lebih bersih sebelum tidur.

Gimana? Sudah paham kan cara memakai sunscreen dengan tepat? Semoga tips di atas bermanfaat buat kamu ya!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply