5 Tips Mendapat Inspirasi Ide bagi si Wanita Kreatif
Inspiration

5 Tips Mendapat Inspirasi Ide bagi si Wanita Kreatif

Mendapat inspirasi ide untuk bekerja bukanlah hal yang mudah. Terutama bagi wanita yang berkarier di industri kreatif nih. Pasti sudah pernah merasakan sedikit frutrasi ketika tidak punya ide baru untuk membuat sebuah proyek.

Nah, berikut ini ada beberapa tips agar mendapat inspirasi ide saat kamu merasa buntu. Coba biasakan melakukan hal-hal ini agar ide-ide segar bisa muncul kapan saja ya!

Menonton Drama atau Film

Menonton Drama atau Film

sumber: Pexels

Wanita biasanya sangat suka menonton film atau drama kala merasa lelah. Apalagi kebanyakan wanita sekarang doyan banget menikmati drama Korea ya. Nah, kenapa kamu tidak ubah kegemaranmu tersebut menjadi proses membentuk ide?

Lewat menonton drama atau film, kamu bisa menemukan ide-ide kecil dari potongan cerita yang tersaji. Percaya deh, kamu menjadi orang lebih peka untuk menikmati sebuah tontonan saat sedang buntu ide. Jadi, coba alihkan rasa frustrasi mencari ide ke menonton ya untuk mendapat inspirasi ide!

Cermati Karya Sebelumnya

Cermati Karya Sebelumnya

sumber: Pexels

Tidak ada sebuah karya yang benar-benar baru, itu sebabnya banyak pekerja kreatif melakukan adaptasi dan modifikasi. Maka, lakukanlah hal tersebut dengan melihat kembali karya-karyamu sebelumnya. Meski bukan ide baru, kamu justru bisa mendapat pencerahan saat mencermati karya lama loh.

Baca Juga:  4 Cara Maksimalkan Tabungan Untuk Menghindari Masalah Keuangan

Katakanlah kamu seorang penulis dan butuh ide baru untuk membuat cerita. Coba saja baca kembali tulisan lama yang pernah kamu buat. Resapi dan renungkan dengan cermat, maka kamu bisa mendapat ide baru dengan mengembangkan tulisan yang pernah kamu buat tersebut.

Berbicara pada Teman

Berbicara pada Teman

sumber: Pexels

Kalau sudah bosan dan jenuh berkarya, carilah kesenangan lain. Carilah teman yang tepat untuk diajak berbicara, entah hal serius atau hal receh sekali pun. Kamu bisa loh mendapat inspirasi ide dari obrolan bersama temanmu tersebut.

Mengobrol dengan teman menjadi salah satu cara agar kamu sesekali keluar dari cangkang. Kamu tidak hanya melulu hidup di dunia kerjamu, tetapi belajar dari kisah orang lain. Banyak juga orang menemukan ide hanya gara-gara obrolan ringan.

Berselancar di Internet

Berselancar di Internet

sumber: Pexels

Kemudahan akses internet juga membantu para pekerja kreatif mendapat inspirasi ide baru. Manfaatkanlah kecanggihan dunia maya untuk berselancar mencari ide. Kamu juga bisa mengakses YouTube yang banyak menyediakan ragam konten kreatif.

Ingat, jangan sampai terjebak melakukan plagiasi ya saat mencari ide lewat internet. Pegang selalu prinsip adaptasi dan modifikasi dalam berkarya. Anggap saja konten-konten di ineternet sebatas membantumu merangsang ide.

Baca Juga:  Malas Investasi Sejak Dini? Bersiap Saja Merasakan Hal-Hal Ini!

Ambil Waktu Istirahat

Ambil Waktu Istirahat

sumber: Pexels

Kelelahan bekerja bisa menjadi faktor utama kamu menjadi miskin ide dalam berkarya. Jadi, ambillah waktu untuk istirahat tanpa memikirkan pekerjaan dulu. Siapa tahu otakmu juga benar-benar butuh rehat sejenak bukan?

Isi waktu istirahat dengan hal-hal yang kamu sukai. Misalnya mendengarkan musik, membaca buku, atau pun sekadar tidur sejenak. Intinya, bebaskan pikiranmu dari pekerjaan dulu. Setelah pikiran dan badanmu segar kembali, kamu lebih siap untuk mencari ide lagi.

Ternyata mendapat inspirasi ide tidak selalu susah ya? Tetap semangat buat kamu yang bekerja di industri kreatif. Temukan idemu di tempat-tempat tak terduga!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply