Body & Skin Care

5 Tips Mengatasi Kulit Kering Akibat Terlalu Sering Cuci Tangan

Mengatasi kulit kering sangat penting dilakukan di tengah pandemi Covid-19 ini. Terlalu sering mencuci tangan memang sangat berpotensi membuat kulit tanganmu mudah kering. Kira-kira bagaimana ya cara sederhana untuk mengantisipasinya?

Kenapa Terlalu Sering Mencuci Tangan Menyebabkan Kulit Kering?

Kenapa Terlalu Sering Mencuci Tangan Menyebabkan Kulit Kering?

sumber: Pexels

Dilansir dari Time, penggunaan sabun cuci tangan yang terlalu sering bukan hanya mampu mengangkat bakteri atau kotoran. Tanpa kamu sadari, kandungan minyak alami yang ada di tanganmu pun ikut terangkat. Semakin sering kamu cuci tangan, kandungan minyak tersebut pun semakin terkikis.

Bisa dibayangkan kan, bagaimana keringnya kulit tanganmu kalau frekuensi mencuci tangan terus bertambah? Dalam beberapa kasus, ada baiknya kamu menggunakan hand sanitizer sebagai cara lebih cepat dan praktis untuk mengatasi kulit kering. Misalnya, saat berada di kendaraan umum atau di supermarket.

Mengatasi Kulit Kering dengan Memilih Sabun Tangan yang Lembut

Mengatasi Kulit Kering dengan Memilih Sabun Tangan yang Lembut
sumber: Pexels

Sabun cuci tangan memang disarankan WHO untuk dipakai karena ada kandungan anti bakteri yang paling cepat membunuh virus. Namun, bahan anti bakteri dan alkohol juga tidak bisa dipungkiri sebagai penyebab utama kulit tangan mudah kering. Inilah pentingnya memilih sabun cuci tangan yang lembut dan ramah bagi kulit tanganmu.

Perhatikan pula cara memakai sabun cuci tangan tersebut. Kamu tidak perlu berlama-lama menggosok tanganmu, cukup selama 20 detik saja. Semua mikroba dan bakteri dapat terangkat asalkan kamu mencuci tangan dengan cara yang benar kok.

Baca Juga:  4 Cara Benar Dan Tepat Untuk Membersihkan Vagina

Hindari Cuci Tangan Menggunakan Air Panas untuk Mengatasi Kulit Kering

Hindari Cuci Tangan Menggunakan Air Panas untuk Mengatasi Kulit Kering
sumber: Pexels

Suhu air tidak memengaruhi keefektifan sabun dalam memberishkan tangan. Meski begitu, kamu disarankan untuk tidak menggunakan air panas saat cuci tangan. Air panas berpotensi mengangkat minyak alami pada kulit serta membuat kulit mengalami inflamasi.

Jadi, kamu cukup gunakan air dingin atau air suam-suam kuku untuk mencuci tangan. Air suam-suam kuku membantu menjaga kelembapan dan juga lebih nyaman di kulit. Perhatikan untuk tidak pakai air panas ya!

Gunakan Hand Cream untuk Membantu Menjaga Kelembapan Kulit

Gunakan Hand Cream untuk Membantu Menjaga Kelembapan Kulit
sumber: Pexels

Bagaimana pun juga, kamu tetap butuh produk tambahan untuk mengatasi kulit kering. Pakailah hand cream saat kondisi tanganmu masih cukup lembap selepas mencuci tangan. Kondisi tersebut membuat hand cream mampu mengunci kadar air dalam kulit sehingga tidak mudah kering.

Hand cream dengan kandungan ceramides, petrolatum, dan dimethicone sangat membantu mengunci kelembapan kulit. Selain itu, kulit tanganmu juga terbantu bebas dari iritasi. Jadi, coba lebih teliti untuk memilih hand cream dengan bahan-bahan yang sesuai ya.

Lakukan Perawatan Tambahan di Malam Hari untuk Mengatasi Kulit Kering

Lakukan Perawatan Tambahan di Malam Hari untuk Mengatasi Kulit Kering
sumber: Pexels

Tidak semua wanita nyaman menggunakan hand cream di pagi atau siang hari, apalagi buat mereka yang terbiasa banyak beraktivitas menggunakan tangan. Tangan biasanya terasa lebih berat karena ketebalan krim. Jadi, cobalah untuk melakukan perawatan bagi tangan di malam hari.

Baca Juga:  Coba Menu Sarapan Sehat Dari Yoghurt Dan Granola

Tambahkan petroleum jelly di tangan saat malam hari agar kelembapan kulit terjaga. Apalagi malam hari adalah waktu yang tepat bagi kulit untuk beregenerasi. Lakukan saja bersamaan dengan ritual skin care kamu ya.

Semoga tips mengatasi kulit kering di atas dapat menjadi solusi buat kamu. Ingat selalu untuk mencuci tangan saat hendak makan atau selepas bepergian ya!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply