Tips Menghilangkan Kebiasaan Hedon agar Keuangan Nggak Berantakan
Lifestyle

Tips Menghilangkan Kebiasaan Hedon agar Keuangan Nggak Berantakan

Menghilangkan kebiasaan hedon kadang memang gampang-gampang susah dilakukan para milenial. Apalagi buat wanita nih yang sering kebablasan membelanjakan gaji tanpa sadar. Tentunya kamu perlu cara jitu agar kebiasaan membuang-buang uang tidak melulu dilakukan.

Sadar nggak sih, banyak kegiatan yang memboroskan uang kita. Mulai dari nongkrong, belanja baju, hingga liburan tanpa memerhatikan anggaran. Berikut beberapa tips singkat menghilangkan kebiasaan hedon buat wanita yang masih berkarier.

Pergunakan Gaji sesuai Pos-Pos Keuangan

Pergunakan Gaji sesuai Pos-Pos Keuangan

sumber: Pexels

Mulailah menghilangkan kebiasaaan hedon dengan membuat pos-pos keuangan. Atur jumlah uang yang ingin kamu gunakan sebagai tabungan, asuransi, investasi, memenuhi kebutuhan sehari-hari, hingga hiburan. Dengan begitu, kamu lebih mudah mengontrol pengeluaran agar tidak membengakak.

Dana hiburan bisa meliputi banyak hal, seperti menonton film di bioskop, jalan-jalan ke mall, belanja barang di luar kebutuhan harian, nongkrong, hingga liburan. Namun, pastikan juga kamu tidak perlu melakukan semua hal tadi setiap bulannya. Nongkrong dan liburan seharusnya bisa kamu batasi dan atur sesuai kemampuan keuanganmu.

Cari Cara Lain untuk Memberi Hadiah pada Diri Sendiri

Cari Cara Lain untuk Memberi Hadiah pada Diri Sendiri

sumber: Pexels

Banyak wanita beralasan bahwa hedon merupakan salah satu cara untuk memberi hadiah bagi diri sendiri. Hal ini tidak sepenuhnya salah sih, tapi apakah wajar jika dilakukan terus-menerus? Banyak hiburan menarik lain yang bisa jauh lebih murah, misalnya membaca atau menonton film di rumah.

Baca Juga:  5 Tips Terbebas Dari Jeratan Kebiasaan Gila Belanja

Kurangi kebiasaan berbelanja dengan membuat skala prioritas. Andai kamu ingin berbelanja baju, sepatu, hingga tas sekaligus, ada baiknya kamu cicil pembeliannya. Misalnya, bulan ini membeli baju, maka jatah bulan depan adalah berbelanja tas.

Buat Jadwal Bersenang-senang dalam Sebulan

Buat Jadwal Bersenang-senang dalam Sebulan

sumber: Pexels

Menghilangkan kebiasaan hedon bukan berarti kamu sama sekali tidak boleh bersenang-senang loh. Kamu tetap boleh menggunakan uang hasil kerja keras untuk menikmati hidup, asalkan buat perencanaan yang tepat. Pikirkan dulu, kira-kira hal apa saja yang ingin kamu lakukan selama sebulan?

Jika kamu berencana liburan, maka kurangilah hiburan lain seperti minum kopi, menonton film di bioskop, atau pun berbelanja. Pastikan anggaran untuk hiburan tidak membengkak dan jangan paksakan diri harus bersenang-senang dengan banyak hal. Belajar kelola keuangan dengan lebih bijak ya!

Sisihkan Gaji untuk Berbagai dengan Sesama

Sisihkan Gaji untuk Berbagai dengan Sesama

sumber: Pexels

Salah satu alasan kenapa kamu harus menghilangkan kebiasaan hedon adalah rasa peduli pada sesama. Tahukah kamu bahwa di luar sana masih banyak orang-orang yang hidupnya tidak seberuntung kamu? Daripada untuk hedon, bukankah sebagian uangmu bisa disisihkan untuk berbuat kebaikan bagi mereka?

Biasakanlah untuk berbagi dengan orang lain, meski dalam hal kecil sekali pun. Kebiasaan ini akan melatih kepekaanmu untuk lebih menghargai uang daripada membuang-buangnya. Sudahkah kamu memasukkan anggaran untuk donasi atau kegiatan sosial di perencanaan keuanganmu?

Baca Juga:  Punya Atasan Cewek Bikin Ribet, Ada Kok Keuntungannya

Siapkah kamu untuk menghilangkan kebiasaan hedon mulai sekarang? Yuk, belajar untuk menghargai dan mengelola uang mulai sekarang!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply