Toxic Friendship Bikin Bahaya, Jauhi Pakai Cara Berikut Ini!
Inspiration

Toxic Friendship Bikin Bahaya, Jauhi Pakai Cara Berikut Ini!

Toxic friendship kerap kita temukan dalam lingkaran pergaulan sehari-hari. Pertemanan ini bisa dikatakan tidak sehat karena tidak membuat kita tumbuh, melainkan selalu gelisah dan tak nyaman. Di sisi lain, tidak banyak wanita yang berani terang-terangan untuk menjauhi lingkaran pertemana tak sehat ini.

Andai kamu juga tengah berada dalam toxic friendship, setidaknya lakukan hal berikut agar nyaman. Ingat, pelan-pelan kamu harus berani pergi dari pertemanan ini ya.

Berusahalah untuk Berkata Jujur

Berusahalah untuk Berkata Jujur

sumber: Pexels

Kamu mungkin sungkan jika harus serta merta memutuskan hubungan pertemanan dengan beberapa orang. Namun, ada baiknya kamu juga memerhatikan kondisi hatimu saat berada di antara mereka. Benarkah kamu bisa nyaman dan tenang saat hidup dengan cara teman-temanmu?

Andai belum ada keberanian untuk pergi, setidaknya belajarlah untuk jujur mengungkapkan perasaanmu. Misalnya, katakan kamu tidak nyaman saat mereka terlalu banyak bergosip atau membawa obrolan yang tidak bermanfaat. Alihkan obrolan ke topik lebih seru agar kebiasaan bergosip pun dapat berkurang.

Kurangi Intensitas Bertemu dalam Lingkaran Toxic Friendship

Kurangi Intensitas Bertemu dalam Lingkaran Toxic Friendship

sumber: Pexels

Cara lainnya adalah mengurangi frekuensi bertemu dengan mereka. Daripada memaksakan diri untuk selalu akrab di tengah himpitan hati tak nyaman, akan jauh lebih baik jika kamu mengurangi intesitas berinteraksi. Dengan begitu, kamu tidak perlu terlalu sering merasakan dampak dari pertemanan tidak sehat tersebut.

Baca Juga:  4 Tips Bersahabat dengan Laki-Laki Bisa Nyaman Tanpa Baper

Hal ini sangat wajib dilakukan bagi kamu yang tengah berada di lingkungan pertemanan yang gemar meminjam uang. Sebisa mungkin kurangi pertemuan dengan teman-teman yang mendekatimu hanya karena butuh. Tentu kamu tidak mau kan menjadi bank berjalan buat mereka?

Berbicara sesuai Porsimu dan Hindari Menanggapi Berlebihan

Berbicara sesuai Porsimu dan Hindari Menanggapi Berlebihan

sumber: Pexels

Ada juga jenis toxic relationship yang gemar memberikan bumbu cerita berlebih jika ada yang sedang curhat. Bukannya mendamaikan hati, teman-temanmu justru bisa menambahi cerita menjadi kian sengit. Kamu harus waspada saat berposisi menjadi teman yang sering dicurhati.

Kamu tidak perlu banyak bicara di tengah curhatan tidak sehat. Posisikan saja dirimu sebagai pendengar dan jangan berbicara di luar kapasitasmu. Mendengar cerita teman saja sudah merasa lelah, apalagi kalau harus ikut berkomentar dengan nada lebih negatif.

Segera Keluar dari Lingkaran Tersebut

Segera Keluar dari Lingkaran Tersebut

sumber: Pexels

Terakhir, segeralah putuskan hubungan dengan lingkaran pertemanan yang lebih banyak merugikanmu. Kamu tidak perlu takut dicap sombong atau bahkan dianggap paling kesepian. Kesehatan mental dalam hubungan pertemanan jauh lebih penting untuk dibangun daripada bertahan pada hubungan buruk.

Cara ini bisa kamu lakukan saat ketiga cara sebelumnya kurang memberikan hasil. Toh, lama-kelamaan teman-temanmu juga dapat mengerti apa yang kamu rasakan kok. Tidak perlu memaksakan diri untuk selalu satu frekuensi dengan teman-teman yang tidak membuatmu nyaman.

Baca Juga:  3 Tips Cerdas Bebas Utang Di Tanggal Tua

Coba cek dulu, apakah kamu pernah ada dalam toxic friendship? Atau jangan-jangan kini kamu tengah berjuang untuk keluar dari sana?

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply