Relationship

Butuh Menyiapkan Dana untuk Resepsi Pernikahan Idaman? Ini Caranya!

Resepsi pernikahan yang indah tentu menjadi idaman setiap wanita. Di sisi lain, butuh biaya yang tidak sedikit untuk mewujudkan indahnya resepsi tersebut. Sebagai wanita, tugas kita tidak hanya mengidamkan kemewahan resepsi, melainkan juga menyiapkan dananya.

Sekilas dana pernikahan memang besar, tapi tentu akan terasa lebih ringan jika dilakukan bersama pasangan. Kira-kira kebiasaan apa yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan dana resepsi pernikahan?

Buat Rencana Anggaran Resepsi Pernikahan dengan Pasanganmu

Buat Rencana Anggaran Resepsi Pernikahan dengan Pasanganmu

sumber: Pexels

Sebelum menyiapkan dana, pastikan kamu dan pasangan sudah berdiskusi mengenai konsep pernikahan. Tentukan kata “sepakat” terlebih dahulu karena biasanya ada beberapa perbedaan yang muncul. Putuskan apakah kalian ingin resepsi sederhana atau sedikit mewah.

Buat rencana anggaran untuk resepsi tersebut. Kamu bisa mengambil referensi harga dari internet atau pun dari pengalaman temanmu yang sudah menikah. Nah, barulah kalian bisa memikirkan masalah dana jika rencana anggaran setidaknya sudah ada.

Siapkan Rekening Khusus

Siapkan Rekening Khusus

sumber: Pexels

Tentu kamu tidak ingin kalau alokasi dana untuk pernikahan justru terpakai untuk kebutuhan lain. Jadi, ada baiknya kamu siapkan rekening khusus untuk acara spesialmu ini. Kamu bisa diskusikan dengan pasanganmu, apakah perlu disiapkan rekening bersama atau ingin masing-masing saja.

Baca Juga:  3 Cara Cerdas Menyiapkan Dana Pernikahan Untuk Pasangan Muda

Pentingnya memisahkan rekening adalah menjaga rencana pernikahanmu tetap on the track. Kamu tidak perlu pusing menghitung dana yang sudah terkumpul. Selain itu, kamu juga lebih mudah melakukan dan mencatat semua transaksi untuk keperluan pernikahan.

Buat Komitmen untuk Mengalokasikan Penghasilan

Buat Komitmen untuk Mengalokasikan Penghasilan

sumber: Pexels

Selanjutnya, buatlah komitmen untuk mengalokasikan sebagian penghasilan ke rekening tersebut. Jika biasanya kamu menabung 20% dari penghasilan, maka setidaknya ambil setengahnya untuk dana pernikahan. Pastikan juga pasanganmu melakukan hal yang sama ya.

Disiplin dalam mengalokasikan penghasilan sangat membantu target kamu tercapai. Kamu dan pasangan juga bisa memperkirakan kapan uang yang kalian kumpulkan cukup.

Mulailah Berhemat, Bahkan dari Hal-Hal Kecil Sekali Pun

Mulailah Berhemat, Bahkan dari Hal-Hal Kecil Sekali Pun

sumber: Pexels

Resepsi pernikahan idaman tentu butuh beberapa pengorbanan. Maka, sadarilah untuk mulai sedikit lebih berhemat saat sudah memutuskan akan menikah. Kamu mungkin tidak sadar kalau selama ini biaya untuk nongkrong ternyata bisa jauh lebih berguna jika ditabung.

Perhatikan hal-hal kecil seperti kebiasaan minum kopi, membeli boba, atau belanja online. Coba pilah kembali mana yang bisa dihemat dan ditunda pembeliannya. Pasti ada deh uang yang akan berubah alokasinya ke dana pernikahan.

Cicil Kebutuhan Resepsi Pernikahan

Cicil Kebutuhan Resepsi Pernikahan

sumber: Pexels

Terakhir, mulailah mencicil kebutuhan yang bisa dicicil pembelian atau pelunasannya. Lakukan secara bertahap agar tidak terasa memberatkan, baik kamu maupun pasangan. Buat timeline bersama pasangan agar bisa saling mengingatkan.

Baca Juga:  Rasakan 5 Keberuntungan Menjalin Kasih Dengan Pria Lebih Tua

Beberapa hal yang bisa dicicil antara lain untuk kebetuhan seserahan, cincin, persiapan baju, dan lain-lain. Lakukan satu per satu hingga menjelang hari H nanti semua persiapan beres.

Yuk, belajar untuk bertanggung jawab pada dana resepsi pernikahan mulai sekarang! Kalau mau mendapat resepsi yang oke, maka kamu harus disiplin dalam keuangan juga sedari dini.

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply