Body & Skin Care

5 Tips Merawat Rambut Berhijab agar Tetap Sehat Setiap Hari

Merawat rambut berhijab jelas butuh cara berbeda dibandingkan rambut wanita lain. Pasalnya, rambut wanita berhijab lebih sering tertutup seharian. Alhasil, beberapa masalah rambut pun muncul, mulai dari rambut rontok, lepek, hingga berketombe.

Tertutupnya kepala membuat kulit kepala tidak mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Agar rambutmu tetap sehat, berikut tips merawat rambut berhijab yang bisa kamu ikuti. Siapa tahu bisa menjadi solusi dari berbagai masalah rambutmu selama ini.

Jangan Gunakan Hijab saat Rambut Belum Kering Sempurna

Jangan Gunakan Hijab saat Rambut Belum Kering Sempurna

sumber: Pexels

Untuk merawat rambut berhijab, pastikan kamu mengeringkan rambut secara sempurna sebelum memakai hijab. Jadi, biasakan untuk tidak mepet mandi agar kamu masih punya waktu untuk bersiap-siap sebelum beraktivitas. Jangan sampai rambutmu yang masih basah dipaksa tertutup hijab untuk waktu lama.

Rambut yang basah tersebut dapat memicu munculnya ketombe saat tertutup hijab. Selain itu, rambutmu juga rentan rusak atau rontok saat digelung dalam kondisi basah. Gunakan handuk untuk mengeringkan rambutmu secara sempurna dulu, baru bisa pakai hijab.

Pakai Jenis Kerudung yang Baik

Pakai Jenis Kerudung yang Baik

sumber: Pexels

Karena kulit kepalamu butuh udara yang cukup, maka pastikan memilih bahan kerudung yang baik untuk rambutmu. Pilihlah bahan yang ringan dan terkesan lebih adem, misalnya chiffon atau katun. Dengan begitu, aliran udara pun masih dapat masuk ke kulit kepalamu meski tertutup sempurna.

Baca Juga:  5 Tips Mudah Cegah Keriput Dan Kerutan Di Leher

Tanpa bahan kerudung yang baik, rambutmu akan terasa panas saat menggunakan hijab. Belum lagi kalau muncul keringat yang menyebabkan rambut lepek. Hindari juga menggunakan hijab berwarna gelap saat hari sedang panas-panasnya ya.

Membiarkan Rambut “Bernapas” selepas Aktivitas

Membiarkan Rambut "Bernapas" selepas Aktivitas

sumber: Pexels

Saat semua kegiatanmu di luar sudah selesai, sebisa mungkin langsung hijabmu. Tujuannya untuk memberikan “napas” pada rambutmu yang sudah tertutup seharian. Jangan langsung rebahan di kasur sebelum melepas hijabmu ya.

Menggerai rambut saat di rumah sangat membantu kulit kepala lebih rileks karena udara segar mulai bisa masuk. Gerai rambut selama beberapa menit sambil memijat-mijat kulit kepalanya juga baik untuk dilakukan. Jika rambutmu sudah kotor, segeralah untuk mencuci rambut agar rambut tidak rusak.

Rambut Berhijab Juga Butuh Treatment Lain

Rambut Berhijab Juga Butuh Treatment Lain

sumber: Pexels

Jangan hanya berpuas kalau kamu sudah rutin keramas dua hari sekali. Dengan kondisi rambut yang berbeda, kamu jelas butuh perawatan lain selain keramas. Gunakan conditioner untuk membantu melembutkan rambutmu yang kerap lepek karena hijab.

Selain keramas dan menggunakan conditioner, pakai juga hair mask dalam rentang waktu tertentu. Sekarang perawatan rambut praktis tidak harus kamu lakukan di salon kok. Kamu bisa lakukan sendiri di rumah karena sudah banyak produk perawatan rambut dijual di pasaran.

Baca Juga:  Coba Hilangkan Noda Hitam Di Kulit Dengan 4 Bahan Alami Ini

Perhatikan Menu Makanan yang Baik untuk Rambutmu

Perhatikan Menu Makanan yang Baik untuk Rambutmu

sumber: Pexels

Selain merawat dari luar, kamu juga butuh merawat rambut berhijab dari dalam. Salah satunya adalah dengan memerhatikan menu makanan yang dikonsumsi. Konsumsilah makanan yang bisa memberikan nutrisi baik untuk rambutmu.

Makanan yang kaya akan protein dan zat besi dapat menjaga kesehatan rambutmu. Jadi, seimbangkan menu daging atau protein lain dengan sayuran yang kaya zat besi. Konsumsi juga air putih setiap hari.

Bagaimana? Sudah ada bayangan kan cara merawat rambut berhijab dengan tepat. Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu ya!

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply