Body & Skin Care

Tips Rambut Sehat Meskipun Sering Menggunakan Alat Styling

Rambut sehat jadi dambaan setiap orang, sehingga melakukan perawatan secara teratur. Namun ini tidak ada artinya jika terus menerus melakukan styling setiap harinya, dimana melakukan ini di rumah. Memang alat styling membuat rambut lebih indah dan mudah di bentuk, namun ada efek negatif dalam penggunaan jangka panjang.

Ternyata setiap harinya hampir semua wanita melakukan styling, meskipun sudah melakukan perawatan seperti keramas dengan menggunakan shampoo yang sesuai, penambahan conditioner hingga pelembap creambath. Namun ini semua tidak bisa mengatasi dampak negatif penggunaan alat styling setiap harinya.

Ada baiknya menghindari penggunaan dengan selang hari, ini akan membuat rambut bisa bernapas dengan baik. Coba hindari pemakaian gair dryer, alat catokan dan keriting. Ada baiknya menggunakan cara alami untuk membentuk rambut, tapi jika sudah jadi tuntutan profesi. Maka harus pandai mencari cara pencegahan hingga pengobatan agar rambut tidak rusak secara dini.

5 Trik Rambut Sehat Dengan Alat Styling Setiap Harinya

rambut sehat dengan alat styling

Sumber : raparapa.com

  1. Gunakan Alat Styling Sesuai Jenis Rambut

    Mencatok rambut setiap harinya memang sah saja, rambut juga tidak mudah rontok jika mendapatkan perawatan tepat. Namun untuk mengurangi dampak negatifnya, ada baiknya memilih alat catok yang tepat. Alat styling dengan bahan keramik yang langsung terpapar pada rambut akan mengurangi dampak negatifnya.

    Dimana lapisan keramik dapat menghantarkan panas lebih rendah, memang agak lama saat mencatok namun lebih aman untuk melindungi lapisan melanin rambut. Waktu mencatok jadi lebih panjang, namun memberikan hasil lebih maksimal dan awet hingga 5 jam ke depan. Cocok untuk wanita kantoran agar tetap mendapatkan rambut lurus setiap harinya.

  2. Hindari Penggunaan Hair Dryer Berlebih

    Tidak punya banyak waktu untuk mengeringkan rambut, hair dryer memang jadi pilihan tepat. Apalagi jika punya rambut panjang dan tidak punya banyak waktu di pagi hari. Namun sudah banyak ahli stylish menyebutkan, penggunaan hair dryer setiap harinya akan merusak rambut. Bukan hanya membuat patah, namun merusak hingga akarnya.

    Hal ini karena hair dryer memiliki penghantar panas, ada baiknya jika ingin mengeringkan rambut menggunakan sinar matahari secara langsung atau di anginkan saja. Biarkan kering secara alami, memang agak lama namun membuat rambut sehat. Selain itu, pastikan rambut tidak diikat dalam kondisi basah karena bisa menyebabkan kerontokan.

  3. Jangan Mencatok Rambut Saat Basah

    Mencuci rambut setiap harinya memang bagus, ini akan menghilangkan kotoran dan minyak berlebih. Namun saat keramas di pagi hari, tidak punya banyak waktu untuk mengeringkan. Apalagi jika menggunakan hair dryer dapat membuat rambut mudah patah, ada baiknya tidak langsung menggunakan catok dalam kondisi rambut basah.

    rambut sehat tanpa obat

    Sumber : trendzscb.com

    Hal ini akan membuat rambut lurus dalam kondisi setengah kering, nantinya hasil catok tidak akan maksimal. Bahkan memberikan efek buruk seperti rambut rapuh dan mudah pecah-pecah, untuk menghindari itu. Lebih baik cuci rambut di sore atau malam hari saja, tidak perlu mandi sepenuhnya, hanya mencucinya saja, sehingga rambut sehat dan aman meskipun digunakan alat styling setiap harinya.

  4. Gunakan Serum Rambut

    Penggunaan alay styling setiap harinya memang tidak bisa dihindarkan, maka dari itu berikan pelindung untuk rambut. Caranya gunakan serum rambut yang akan melindungi permukaan rambut, tetap mempertahankan warna hitam ketebalan hingga kandungan melanin yang mudah hilang. Selain itu serum juga membuat rambut mudah di catok.

    Baca juga : Hindari Masalah Kulit, Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini

    Paling tepat menggunakan serum setelah selesai mandi dalam kondisi basah, cukup usapan dari tengah hingga ujung rambut. Ini tidak memberikan vitamin lebih untuk akar, namun untuk rambut, seperti halnya kondisioner. Efek panas dapat menghilangkan melanin, sehingga efek panas pada alat styling akan membuat rambut mudah rusak.

  5. Hindari Gerakan Zig Zag Dengan Alat Styling

    Rambut keriting akan sulit meluruskan dengan alat catok, sehingga menggunakan cara zig zag untuk mempersingkat waktu. Ini memang tidak akan menimbulkan efek jika digunakan beberapa kali saja, namun rambut akan terasa mudah rontok. Apalagi jika alat catok berada di tengah rambut, ini akan membuat akar rambut rapuh.

    Sebaiknya, melakukan gerakan lurus saja saat catok. Hindari gerakan terlalu banyak, pastikan tidak menekan terlalu keras juga sehingga panas akan menghantar lebih banyak ke rambut. Ini akan memberikan efek rambut mudah bercabang di bagi tengah, pastikan mencatok tidak terlalu lama agar rambut sehat tetap terjaga dengan baik.

Merawat rambut tidak sulit dan mendapatkan rambut sehat tidak perlu menggunakan budget lebih, pastikan merawat rambut setiap harinya. Mencuci dan memberikan nutrisi, jika sering menggunakan alat styling pastikan tidak terlalu berlebihan dengan terlalu lama dan terlalu sering, karena memberikan dampak negatif dalam jangka panjang.

Baca Juga:  5 Kebiasaan Buat Rambut Sehat Berkilau

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply